PENGARUH HARGA, PELAYANAN DAN CUSTOMER EXPERIENCE TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PADA CAFE PASCHO PEMATANGSIANTAR
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kepuasan pelanggan dan menganalisis pengaruh harga, pelayanan dan pengalaman pelanggan pada Pascho Pematangsiantar. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif yang bersifat asosiatif. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 93 responden. Penelitian ini menggunakan data primer, dimana pengumpulan data menggunakan kuesioner. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif dan regresi berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa harga, pelayanan dan pengalaman pelanggan secara simultan berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan di Café Pascho Pematangsiantar. Sedangkan secara parsial harga dan pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan, dan pengalaman pelanggan berpengaruh positif tetapi tidak signifikan terhadap kepuasan pelanggan di Café Pascho Pematangsiantar
References
Andreas, T. & Sari, W.P., 2023, “Perencanaan Komunikasi Pemasaran Pada Bisnis Kuliner (Studi Kasus Restoran Mosh Indonesia Pangkal Pinang),” Kiwari, 2(1), 114–120.
Febiola, F.A. & Samanhudi, D., 2022, “Analisis Kepuasan Pelanggan Terhadap Layanan Aplikasi Halodoc Dengan Menggunakan Metode Servqual,” JIMEA \ Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, dan Akuntansi), 6(2), 588–599.
Ichsan, R.N. & Karim, A., 2021, “Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Nasabah PT. Jasa Raharja Medan,” Jurnal Penelitian Pendidikan Sosial Humaniora, 6(1), 54–57.
Isnaini, F., Hermain, H. & Aslami, N., 2022, “Analisis Kepuasan Pelanggan Dalam Meningkatkan Pendapatan Cv Sagu Basah Pak Udin Dalam Perspektif Ekonomi Islam,” Sibatik Journal, 2(1), 129–142.
Keni, K. & Sandra, K.K., 2021, “Prediksi Customer Experience Dan Service Quality Terhadap Customer Loyalty: Customer Satisfaction Sebagai Variabel Mediasi,” Jurnal Muara Ilmu Ekonomi dan Bisnis, 5(1), 191–204.
Lestari, F.A.P., 2018, “Faktor–Faktor yang Mempengaruhi Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pelanggan,” Sosio E-kons, 10(2), 179–187.
Lubis, D.I.D. & Hidayat, R., 2017, “Pengaruh Citra Merek dan Harga terhadap Keputusan Pembelian pada Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen Sukma Medan,” Jurnal Ilman, 5(1), 15–24.
Pane, A.D.P. & Lubis, F.A., 2023, “Analisis Pengaruh Harga, Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen (Studi Kasus Ayam Geprek Dower Pekanbaru),” Management Studies and Entrepreneurship Journal, 4(1), 484–493.
Ramadhini, N.S., 2022, Pengaruh Harga Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan E-Commerce Shopee Pada Jasa Pengiriman Barang Sicepat Halu Di Jakarta – PhD thesis, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia (STIE) .
Rasyid, H. Al & Indah, A.T., 2018, “Pengaruh Inovasi Produk dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Yamaha di Kota Tangerang Selatan,” Perspektif, 16(1), 39–49.
Riyani, D., Larashati, I. & Juhana, D., 2021, “Pengaruh Harga Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan (Survey Pada Salah Satu Penyedia Jasa Internet Di Kota Bandung),” Bisnis dan Iptek, 14(2), 94–101.
Ruslim, T.S. & Rahardjo, M., 2016, “Identifikasi Kepuasan Konsumen Ditinjau Dari Segi Harga Dan Kualitas Pada Restoran Abuba Steak Di Greenville,” Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis, 2(1), 472–485.
Safarina, D., Nawawi, Z.M. & Nasution, J., 2022, “Analisis Kepuasan Konsumen Dalam Menggunakan Aplikasi Deal Java (Survei Terhadap Mahasiswa FEBI UINSU Medan),” AL –MUHTARIFIN : Islamic Banking AndIslamic Economic Journal, 1(1), 81–95.
Tanjung, S.W. & Nurbaiti, 2022, “Analisis Kualitas Pelayanan PT. Pos Indonesia (Persero) Cabang Kota Sibolga 22500,” Jurnal Ekonomi, Manajemen, Akuntansi dan Keuangan, 3(4), 1513 – 1524|.
Copyright (c) 2023 Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.