PENGARUH AKUNTABILITAS, TRANSPARANSI DAN PENGAWASAN TERHADAP KINERJA ANGGARAN DENGAN KONSEP VALUE FOR MONEY

  • Pingki Veronika Universitas Mercu Buana, Yogyakarta
  • Nugraeni Nugraeni Universitas Mercu Buana, Yogyakarta

Abstract

Penelitian ini menggunakan konsep value for money untuk menyelidiki bagaimana akuntabilitas, transparansi, dan pengawasan mempengaruhi kinerja anggaran pada instansi pemerintahan Kabupaten Kulon Progo. Populasi beserta sampel pada penelitian ini yaitu staff yang bertugas di bagian keuangan Instansi Pemerintahan Kabupaten Kulon Progo periode 2023. Purposive sampling atau pengambilan sampel dengan kualifikasi tertentu adalah metode yang digunakan, sedangkan kuesioner digunakan pada teknik pengumpulan data primer. Digunakan skala likert 5 poin untuk mengukur instrumen pernyataan yang disusun, kemudian datanya diolah menggunakan aplikasi SPSS 29. Hasil dari penelitian ini yaitu akuntabilitas tidak mempengaruhi kinerja anggaran berkonsep value for money, sedangkan transparansi dan pengawasan positif mempengaruhi kinerja anggaran berdasarkan konsep value for money.

References

Ana, A. T., & Ga, L. L. 2021. Analisis Akuntabilitas dan Transparansi Pelaporan Keuangan Bumdes. Jurnal Akuntansi: Transparansi dan Akuntabilitas, IX, 62-72.
Andrianto, N. 2007. Good e-Government: Transparansi dan Akuntabilitas Publik Melalui e-Government. Malang: Banyumedia Publishing.
Arifani, C., Salle, A., & Rante, A. 2018. Pengaruh Akuntabilitas, Transparansi, dan Pengawasan Terhadap Kinerja Anggaran Berbasis Value for Money (Studi Empiris pada Pemetintah Kota Jayapura. Jurnal Akuntansi & Keuangan Daerah, XIII.
Hermanto, F. T., Widianto, A., & Aryanto. 2021. Analisis Determinasi Kinerja Anggaran dengan Konsep Value for Money pada Badan Pengelolaan Pendapatan Daerah (Bappenda) Kabupaten Tegal. Owner Riset & Jurnal Akuntansi, V, 504-505.
Imam Ghozali. 2011. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Semarang: Universitas Diponegoro.
Indra Bastian. 2001. Akuntansi Sektor Publik di Indonesia. Yogyakarta: BPFE.
Laoli, Victorinus, 2019. Pengaruh Akuntabilitas dan Transparansi terhadap Kinerja Anggaran Berkonsep Value for Money pada Pemerintahan Kabupaten Nias. Riset dan Jurnal Akuntansi. Vol 13 Nomor 1.
Mahmudi. 2005. Manajemen Kinerja Sektor Publik. Yogyakarta: UPP AMP YKPN.
Mardiasmo. 2002. Akuntansi Sektor Publik. Yogyakarta: CV Andi Offset.
Nugraeni, M. Budiantara. 2015. Pengaruh Standar Akuntansi Pemerintah Terhadap Kualitas Laporan Keuangan dan Implikasinya Terhadap Akuntabilitas Kinerja. Jurnal Dinamika Ekonomi & Bisnis, jilid 12, Edisi 1.
Revrisond Baswir. 2000. Akuntansi Pemerintah Indonesia. Yogyakarta: BPFE.
Setyanningrum, I. 2017. Pengaruh Akuntabilitas, Transparansi, dan Pengawasan terhadap Kinerja Anggaran Berbasis Value for Money pada Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) di Yogyakarta. Skripsi Jurusan Akuntansi Universitas Negeri Yogyakarta, 9-36.
Sugiharti, C. A., & Hariani, S. 2021. Dampak Akuntabilitas, Transparansi dan Pengawasan Terhadap Pengelolaan Dana Desa. LPMP Imperium, VI, 11-18.
Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Wulaningrum, P. D., & Pinanto, A. 2020. Akuntabilitas dan Transparansi Laporan Keuangan pada Organisasi Pengelola Zakat: Studi Komparatif di BAZ dan LAZ Yogyakarta. Jurnal Akuntansi Terapan Indonesia, III, 15-24.
Zulkarnaen, W., Fitriani, I., & Yuningsih, N. (2020). Pengembangan Supply Chain Management Dalam Pengelolaan Distribusi Logistik Pemilu Yang Lebih Tepat Jenis, Tepat Jumlah Dan Tepat Waktu Berbasis Human Resources Competency Development Di KPU Jawa Barat. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi), 4(2), 222-243. https://doi.org/10.31955/mea.vol4.iss2.pp222-243.
Published
2023-11-07
How to Cite
Veronika, P., & Nugraeni, N. (2023). PENGARUH AKUNTABILITAS, TRANSPARANSI DAN PENGAWASAN TERHADAP KINERJA ANGGARAN DENGAN KONSEP VALUE FOR MONEY. Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA), 7(3), 938-948. https://doi.org/10.31955/mea.v7i3.3473