HUBUNGAN ANTARA PENGGUNA INTERNET, PRODUK DOMESTIK BRUTO PER KAPITA DAN TINGKAT KETENAGAKERJAAN DALAM PERSPEKTIF E-COMMERCE

  • Irzameingindra Putri Radjamin Universitas Surabaya, Surabaya
  • Jessica Hermawan Universitas Surabaya, Surabaya

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menyelidiki hubungan antara pengguna internet, PDB per kapita, dan tingkat ketenagakerjaan di industri dalam perspektif E-commerce pada era digital. Uji kausalitas Granger digunakan dalam metode penelitian ini. Hasil dari penelitian ini adalah pengguna internet sangat berpengaruh dalam perekonomian. Peningkatan pengguna internet memiliki dampak yang signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi karena meningkatkan PDB per kapita dan penyerapan tenaga kerja industri. Sebaliknya, hukum Okun menunjukkan bahwa pertumbuhan PDB berhubungan dengan kenaikan tingkat pekerjaan, yang mengindikasikan bahwa PDB dan tingkat pekerjaan memiliki hubungan searah. Selain itu, temuan dari penelitian ini memberikan gambaran tentang bagaimana peningkatan penggunaan E-commerce oleh pengguna internet dapat meningkatkan perekonomian suatu negara secara signifikan. Isi dari jurnal ini adalah: Bagian 1 menjelaskan karakteristik dari PDB, lapangan kerja, E-commerce, dan pertumbuhan pengguna internet. Bagian 2 memberikan gambaran umum tentang data dan metode yang digunakan dalam penelitian, terutama indikator penggunaan internet, PDB aktial per kapita, dan lapangan kerja industri. Bagian 3 menyajikan hasil dan pembahasan, dan terakhir pada bagian 4 disajikan kesimpulan dan saran.

Author Biographies

Irzameingindra Putri Radjamin, Universitas Surabaya, Surabaya

Lahir dari keluarga Dokter.Nama Irzameingindra Putri Radjamin, anak kedua dari empat bersaudara yang mana kesemuanya dididik dalam kedisiplinan yang tinggi. Saya lahir di Surabaya tahun 1969, kemudian mengenyam Pendidikan Sekolah Dasar di SDK Theresia tahun1982, SMP Santa Maria tahun1985, SMAN 5 tahun 1988, S-1 di Universitas Surabayatahun 1992 dan terakhir S-2 di Universitas Gajah Mada 1996.

Seorang ibu yang berkarier sebagai Dosen,mempunyai dua anak laki-laki.

Perjalanan karier yang telah saya lalui di UBAYA pernah ditugaskan di Internasional Village memegang jabatan sebagai Manager untuk hubungan dengan Belanda dan mendapatkan beasiswa ke Groningen Universitiet. Pengalaman lainnya menjabat menjadi Direktur CPD di fakultas Ekonomi Bisnis UBAYA, selain itu ikut membantu di DPMAI mewakili fakultas Ekonomi dan Bisnis di lingkungan Ubaya.

Selain sebagai dosen saya punya pengalaman di luar kampus kami masih secara aktif tergabung dalam Pengurus ISEI Cabang Surabaya Koordinator Jawa Timur dan selain itu sebagai konsultan keuangan   dalam industry asuransi yaitu Prudential dan telah mencapai Agency Director.

Jessica Hermawan, Universitas Surabaya, Surabaya

Sebagai mahasiswa aktif Fakultas Bisnis dan Ekonomika di Universitas Surabaya dan menunjukkan komitmen yang tinggi terhadap bidang akademis. Selain fokus pada pendidikan, Jessica juga aktif terlibat dalam berbagai organisasi dan kegiatan ekstrakurikuler, termasuk menjadi grader untuk mata kuliah keuangan. Pengalaman kerja Jessica sebagai Asisten Marketing Manager di Mitra Media Advertising memperkuat pemahamannya dalam pemasaran digital dan manajemen media sosial. Di luar kegiatan akademis dan profesionalnya, Jessica memiliki minat dalam membaca buku, bepergian, mendengarkan musik, dan mengikuti podcast dan webinar. Dengan keterampilan analitis, kreativitas, dan komitmen yang dimilikinya, Jessica memiliki potensi untuk memberikan kontribusi yang berarti dalam dunia bisnis dan ekonomi.

References

Achmad, D., & Hamzani, U. (2015). The Role of Regional Superior Sectors in Creating GDP Value Added, Employment Opportunity, Regional Productivity and Human Development Index. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 211, 953–959. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.11.126
Amaluddin, A. (2020). The dynamic link of electricity consumption, internet access and economic growth in 33 provinces of Indonesia. International Journal of Energy Economics and Policy, 10(4), 309–317. https://doi.org/10.32479/ijeep.9249
Anvari, R. D., & Norouzi, D. (2016). The Impact of E-commerce and R&D on Economic Development in Some Selected Countries. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 229, 354–362. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2016.07.146
Bahrini, R., & Qaffas, A. A. (2019). Impact of information and communication technology on economic growth: Evidence from developing countries. Economies, 7(1). https://doi.org/10.3390/economies7010021
Fikri, I., & Handayani, D. (2023). Pengaruh Teknologi Informasi dan Komunikasi terhadap Produk Domestik Regional Bruto Indonesia. 8(8), 11. https://doi.org/10.36418/syntax-literate.v6i6
Haikal, F., Juminta, R., Program, A., Pembangunan, S. E., Ekonomi, F., & Bisnis, D. (2023a). Dampak Penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi terhadap Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) Per Kapita Tingkat Provinsi di Indonesia. JIEP: Jurnal Ilmu Ekonomi Dan Pembangunan, 6(1), 45–60.
Haikal, F., Juminta, R., Program, A., Pembangunan, S. E., Ekonomi, F., & Bisnis, D. (2023b). Dampak Penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi terhadap Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) Per Kapita Tingkat Provinsi di Indonesia. JIEP: Jurnal Ilmu Ekonomi Dan Pembangunan, 6(1), 45–60.
Hendricks, S., & Mwapwele, S. D. (2024). A systematic literature review on the factors influencing e-commerce adoption in developing countries. Data and Information Management, 8(1). https://doi.org/10.1016/j.dim.2023.100045
Hussain, S., Gul, R., & Ullah, S. (2023). Role of financial inclusion and ICT for sustainable economic development in developing countries. Technological Forecasting and Social Change, 194. https://doi.org/10.1016/j.techfore.2023.122725
Kajian Ekonomi dan Pembangunan, J., & Putri, R. (2020). Pengaruh Teknologi Informasi dan Komunikasi Terhadap Pasar Tenaga Kerja dan Pertumbuhan Ekonomi di Indonesia (Vol. 2, Issue 4). http://ejournal.unp.ac.id/students/index.php/epb/index
Mintarti, S. (2017). Pengaruh investasi dan tenaga kerja serta pengeluaran pemerintah terhadap pertumbuhan ekonomi serta kesempatan kerja The influence of investment and labor and government spending on economic growth and employment. 13(1), 28–38.
Rahimi, M., & Alavi Rad, A. (2017). International Journal of Energy Economics and Policy Internet Usage, Electricity Consumption and Economic Growth: Evidence from a Panel of Developing-8 Countries. International Journal of Energy Economics and Policy |, 7(3), 152–156. http:www.econjournals.com
Rath, B. N., & Hermawan, D. (2019). Do information and communication technologies foster economic growth in Indonesia? Buletin Ekonomi Moneter Dan Perbankan, 22(1), 103–121. https://doi.org/10.21098/bemp.v22i1.1041
Roma Dona, D., & Sofyan Effendi, A. (2018). Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi kesempatan kerja. FORUM EKONOMI, 20(1), 12–18. http://journal.feb.unmul.ac.id/index.php/FORUMEKONOMI
Salah, O. H., & Ayyash, M. M. (2024). E-commerce adoption by SMEs and its effect on marketing performance: An extended of TOE framework with ai integration, innovation culture, and customer tech-savviness. Journal of Open Innovation: Technology, Market, and Complexity, 10(1). https://doi.org/10.1016/j.joitmc.2023.10018.
Zulkarnaen, W., Amin, N. N. (2018). Pengaruh Strategi Penetapan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi), 2(1), 106-128.
Published
2024-05-10
How to Cite
Radjamin, I., & Hermawan, J. (2024). HUBUNGAN ANTARA PENGGUNA INTERNET, PRODUK DOMESTIK BRUTO PER KAPITA DAN TINGKAT KETENAGAKERJAAN DALAM PERSPEKTIF E-COMMERCE. Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA), 8(2), 160-169. https://doi.org/10.31955/mea.v8i2.4020
Section
Articles