PERAN DEMOGRAPHIC DALAM MEMODERASIKAN ANTARA GREEN PRODUCT BUYING DECISION

  • Iik Claudia Firmandah Universitas Nahdlatul Ulama Sidoarjo

Abstract

Penelitihan ini bertujuan untuk mengukur penelitian ini bertujuan untuk memahami bagaimana peran demografi dapat memoderasi hubungan antara green product (produk ramah lingkungan) dan buying decision (keputusan pembelian),pada desa kedung cangkring kecamatan jabon. Menerapkan jenis penelitihan kuantitatif dengan cara rendom sampling melalu penyebaran kuisoner kepada warga desa kedung cangkring kecamatan jabon yang kemudian di olah menggunakan SmartPLS. Dari hasil penelitihan di ketahui bawah green product berpengaru terhadap buying decision dan singnifikan. Sedangkan demographic tidak memoderasi green product setelah dan buying decision.

References

Alharthey, B. K. (2019a). Impact of green marketing practices on consumer purchase intention and buying decision with demographic characteristics as moderator. International Journal of Advanced and Applied Sciences, 6(3), 62–71. https://doi.org/10.21833/ijaas.2019.03.010
Alharthey, B. K. (2019b). Jurnal Internasional Ilmu Pengetahuan Lanjutan dan Terapan pembelian konsumen dengan karakteristik demografi sebagai moderator Organisasi harus peduli terhadap lingkungan dan Lingkungan serta menciptakan kesadaran di karena merupakan prosedur dua arah . H. 6(3), 62–71.
Andrian, R., Cahya, A. D., & Fadhilah, M. (2022). Pengaruh Kualitas Produk, Desain Produk, Green Product Dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Pada Kerajinan Gerabah Kasongan: Al-Kharaj : Jurnal Ekonomi, Keuangan & Bisnis Syariah, 5(2), 559–574. https://doi.org/10.47467/alkharaj.v5i2.1217
Andriyani, Y., & Zulkarnaen, W. (2017). Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Mobil Toyota Yaris Di Wijaya Toyota Dago Bandung. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi), 1(2), 80-103. https://doi.org/10.31955/mea.vol1.iss2.pp80-103.
Ansar, N. (2013). Impact of green marketing on consumer purchase intention. Mediterranean Journal of Social Sciences, 4(11), 650–655. https://doi.org/10.5901/mjss.2013.v4n11p650
Bhowal, A., & Kalita, A. C. (2016). ‘Green Pricing’and ‘Green Buying Decisions’-a Case Study of Young Consumers. International Journal of Innovative Research and Development, 5(14).
D’Souza, C., Taghian, M., Lamb, P., & Peretiatkos, R. (2006). Green products and corporate strategy: an empirical investigation. Society and Business Review, 1(2), 144–157. https://doi.org/10.1108/17465680610669825
Galih, W., & Pamungkas, T. S. (2015). Pengaruh Green Product dan Green Advertising Terhadap Keputusan Pembelian Lampu LED Philips di Jember. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.
Hardoni. (2020). Metode Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif (Issue January).
Hikmatunnisa, Purwanti, R. S., & Setiawan, I. (2020). Pengaruh Green Product dan Green Advertising terhadap Keputusan Pembelian (Suatu Studi pada Pe,beli yang Menghuni Perumahan Garden City Ciamis). Business Management and Entrepreneurship Journal, 2(September), 130–140.
Kardos, M., Gabor, M. R., & Cristache, N. (2019). Green marketing’s roles in sustainability and ecopreneurship. Case study: Green packaging’s impact on Romanian young consumers’ environmental responsibility. Sustainability (Switzerland), 11(3), 1–12. https://doi.org/10.3390/su11030873
Mardiyah, S., Anggraeni, S. V., & Muzdalifah, L. (2022). the Role of Green Products and Green Packaging in Purchase Decisions. Greenomika, 4(2), 116–127. https://doi.org/10.55732/unu.gnk.2022.04.2.5
Mulya Rudi, iFerry A. S. (2023). Sa’adah Ahmad Muhdlor, Penggagas Program SIDO RESIK. Ti Berita. https://surabaya.times.co.id/news/berita/dg66589qxl/Saadah-Ahmad-Muhdlor-Penggagas-Program-SIDO-RESIK
Nur, L., Sari, I., Salqaura, S. A., Catur, H., & Hasman, P. (2023). Pengaruh Green Product Dan Green Promotion Terhadap Keputusan Pembelian Tupperware Pada Masyarakat Di Kecamatan Tapian Dolok. 4(6), 7487–7501.
Nurjanah, R., Surhayani, S., & Asiah, N. (2022). Faktor Demografi, Literasi Keuangan, Sikap Keuangan Terhadap Perilaku Pengelolaan Keuangan Pada Umkm Di Kabupaten Bekasi. Jurnal Akuntansi Bisnis Pelita Bangsa, 7(01), 1–16. https://doi.org/10.37366/akubis.v7i01.431
Sharma, P. (2015). Green marketing–Exploratory research on consumers in Udaipur city. Journal of Applied Research, 5(1), 254–257.
suhardi. (2019). Pengaruh Gaya Hidup, Demografi Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen AlfamartSukaseuri Cikampek. Prespektif Jurnal Ekonomi Dan Menejemen Akademi Bina Sarana Informatika, 17(1), 96–103.
Tanjung, H., Tanjung, I. S., & Safitri, S. (2022). Pengaruh Kepribadian dan Konsep Diri Terhadap Keputusan Pembelian Produk Lazada. … Manajemen Ekonomi …, 3(2), 390–396. http://jurnal.ceredindonesia.or.id/index.php/akmami/article/view/689%0Ahttp://jurnal.ceredindonesia.or.id/index.php/akmami/article/download/689/757
Weenas, J. R. S. (2013). Kualitas produk, harga, promosi dan kualitas pelayanan pengaruhnya terhadap keputusan pembelian Spring Bed Comforta. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 1(4).
Yuniningsih. (2020). Perilaku Keuangan Dalam Berinvestasi. In Jurnal Keuangan (Vol. 2, Issue 1). http://repository.upnjatim.ac.id/54/1/perilaku_keuangan.pdf
Published
2024-05-05
How to Cite
Firmandah, I. (2024). PERAN DEMOGRAPHIC DALAM MEMODERASIKAN ANTARA GREEN PRODUCT BUYING DECISION. Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA), 8(2), 84-95. https://doi.org/10.31955/mea.v8i2.4045
Section
Articles