PENGARUH PROFITABILITAS, LEVERAGE DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP PENGUNGKAPAN CSR

STUDI EMPIRIS PADA PERUSAHAAN INDUSTRI DASAR DAN KIMIA YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA TAHUN 2016-2020

  • Beatrix Putri Danduru Universitas Kristen Indonesia Paulus
  • Eko Edy Susanto Universitas Mulia
  • Srisetyawanie Bandaso Universitas Kristen Indonesia Toraja
  • Adriyana Adevia Nuryadin Institut Ilmu Kesehatan Pelamonia
  • Andalia Andalia Universitas Muslim Maros

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh profitabilitas, leverage, dan ukuran perusahaan terhadap pengungkapan CSR pada perusahaan industri dasar dan kimia di BEI periode 2016-2020. Metode penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu purposive sampling untuk mendapatkan sampel yang sesuai kriteria. Analisis data yang digunakan analisis regresi logistik. Kesimpulan dari hasil penelitian ini sebagai berikut: (1) profitabilitas tidak berpengaruh terhadap pengungkapan CSR pada perusahaan industri dasar dan kimia di BEI, (2) leverage tidak berpengaruh terhadap pengungkapan CSR pada perusahaan industri dasar dan kimia di BEI, (3) ukuran perusahaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap pengungkapan CSR pada perusahaan industri dasar dan kimia di BEI, (4) profitabilitas, leverage, dan ukuran perusahaan secara simultan berpengaruh signifikan terhadap pengungkapan CSR pada perusahaan industri dasar dan kimia di BEI.

References

Abbas, D. S., Hakim, M. Z., & Istanah, N. (2019). Pengaruh Profitabilitas,Ukuran Perusahaan, Leverage, dan Kepemilikan Saham Publik Terhadap Pengungkapan Corporate Social Responsibility (Pada Perusahaan Makanan dan Minuman yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2014-2017. Jurnal Akuntansi dan Keuangan, Vol 3. No 2.
Barkemeyer. (2007). Legitimacy as a Key Driver and Determinant of CSR in Developing Countries. Amsterdam: Paper For the 2007 Marle Curle Summer School on Earth System Govermance.
Belkaoui, A., & Karpik, P. (1989). Determinants of the Corporate Decisionto Disclose Social Information. Accounting, Auditing and Accountability Journal, Vol. 2. No. 1.
Dowling, J., & Pfeffer, J. (1975). Organizational Legitimacy: Social Values And. Organizational Behavior. Pacific Sociological Journal Review, Vol. 18, Page.
Freeman. (2004). Stakeholder Theory and the Corporate Objective Revisited. Organization Science, Vol. 15 No.3.
Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponerego.
Hadi, N. (2011). Corporate Social Responsibillity. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Hantono. (2018). Konsep Analisa Laporan Keuangan dengan Pendekatan Rasio & SPSS. Sleman: DEEPUBLISH.
Harahap, S. S. (2015). Analisis Kritis Atas Laporan Keuangan. Jakarta: Rajawali Pers.
Hartono, J. (2014). Metode Penelitian Bisnis (Vol. Edisi Ke-6). Yogjakarta: Universitas Gajah Mada.
Hery. (2018). Analisis Laporan Keuangan. Jakarta: PT Gramedia Widiasarana Indonesia.
Indrawati. (2015). Metode Penelitian Manajemen dan Bisnis Konvergensi Teknologi Komunikasi dan Informasi. Bandung: PT Refika Aditama.
Kamil, A., & Herusetya, A. (2012). Pengaruh Karakteristik Perusahaan Terhadap Luas Pengungkapan Kegiatan Corporate Social Responsibility. Media Riset Akuntansi, Vol 2, No 1.
Kartini, P. T., Maiyarni, R., & Tiswiyanti, W. (2019). Pengaruh Return on Asset (ROA), Return on Equity (ROE) dan Ukuran Perusahaan Terhadap Corporate Social Responsibility Disclosure. Jurnal Riset Akuntansi dan Keuangan, Vol 7, No 2. doi:https://doi.org/10.17509/jrak.v7i2.15636
Kasmir. (2016). Analisis Laporan Keuangan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Kurniawan, K., & Yuniarta, G. (2020). Pengaruh Profitabilitas, Ukuran Perusahaan, Likuiditas, dan Risk Minimization terhadap Pengungkapan Corporate Social Responsibility. Jurnal Akuntansi Profesi, Vol. 11 No. 1. doi:http://dx.doi.org/10.23887/jap.v11i1.25750
Lako, A. (2011). Dekonstruksi CSR & Reformasi Paradigma Bisnis & Akuntansi. Jakarta: Erlangga.
Pradnyani, I. A., & Sisdyanti, E. A. (2015). Pengaruh Ukuran Perusahaan, Profitabilitas, Leverage, dan Ukuran Dewan Komisaris Pada Pengungkapan Tanggung Jawab Sosial Perusahaan. E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana, Vol. 11 No. 2.
Prakarsa, S., & Astika, I. P. (2017, Januari). Pengaruh Leverage, Profitabilitas, Dan Kepemilikan Manajemen Pada Corporate Social Responsibility Disclosure Perusahaan Pertambangan. E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana, Vol. 18 No. 1.
Putri, R. A., & Christiawan, Y. J. (2014). Pengaruh Profitabilitas, Likuiditas, dan Leverage Terhadap Pengungkapan Corporate Social Responbility. Business Accounting Review, Vol. 2, No. 1.
Rofiqkoh, E., & Priyadi, P. M. (2016). Pengaruh Profitabilitas, Leverage, dan Ukuran Perusahaan Terhadap Pengungkapan Tanggung Jawab Sosial. Jurnal Ilmu dan Riset Akuntansi, Vol. 5 No. 10.
Rudito, B., & Famiola, M. (2013). CSR (Corporate Social Responsibility) (Cetakan 1). Bandung: Rekayasa Sains.
Ruroh, I. N., & Latifah, S. W. (2018). Pengaruh Profitabilitas, Leverage, Ukuran Perusahaan dan Risk Minimization Terhadap Pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR). Jurnal Akademi Akuntansi (JAA), Vol. 1 No. 1. doi:https://doi.org/10.22219/jaa.v1i1.6952
Subiantoro, O., & Mildawati, T. (2015). Pengaruh Karakteristik Perusahaan terhadap Pengungkapan Corporate Social Responsibilty. Jurnal Ilmu & Riset Akuntansi, 4(7). Jurnal Ilmu dan Riset Akuntansi, Vol. 4 No. 9.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Penerbit Alfabeta Bandung.
Suhendar. (2020). Pengantar Akuntansi. Indramayu: Penerbit Adab.
Sujarweni, V. (2015). Metedologi Penelitian –Bisnis & Ekonomi. Yogyakarta: Pustaka Baru.
Sumarsan, T. (2011). Akuntansi Dasar dan Aplikasi Dalam Bisnis. Jakarta: PT Indeks.
Sunyoto, D. (2016). Metodologi Penelitian Akuntansi. Yogjakarta: Refika Aditama.
Syamsuddin, L. (2009). Manajemen Keuangan Perusahaan (Vol. Edisi Baru). Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Untung, B. (2014). CSR dalam Dunia Bisnis. Yogjakarta: Penerbit Andi.
Zulkarnaen, W., Fitriani, I., & Yuningsih, N. (2020). Pengembangan Supply Chain Management Dalam Pengelolaan Distribusi Logistik Pemilu Yang Lebih Tepat Jenis, Tepat Jumlah Dan Tepat Waktu Berbasis Human Resources Competency Development Di KPU Jawa Barat. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi), 4(2), 222-243. https://doi.org/10.31955/mea.vol4.iss2.pp222-243.
Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2007 Tentang Penanaman Modal
Undang-Undang Nomor 40 Tahun 2007 Tentang Perseroan Terbatas
Peraturan Menteri Badan Usaha Milik Negara No. PER-08/MBU/2013 Tahun 2013
Published
2024-05-31
How to Cite
Danduru, B., Susanto, E., Bandaso, S., Nuryadin, A., & Andalia, A. (2024). PENGARUH PROFITABILITAS, LEVERAGE DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP PENGUNGKAPAN CSR. Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA), 8(2), 586-604. https://doi.org/10.31955/mea.v8i2.4052