STRATEGI PEMASARAN DESA WISATA SINDANGKASIH DALAM MENINGKATKAN PEREKONOMIAN MASYARAKAT LOKAL MELALUI PENJUALAN PAKET WISATA

  • Fitri Nokialita Universitas Garut
  • Wati Susilawati Universitas Garut
  • Stanny Dhamayanty Universitas Garut

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui permasalahan yang berada di desa wisata Sindangkasih, menganalisis strategi desa wisata Sindangkasih dalam meningkatkan perekonomian masyarakat lokal melalui penjualan paket wisata, dan mengembangkan model strategi yang tepat dan efektif untuk Desa wisata Sindangkasih dalam meningkatkan perekonomian masyarakat melalui penjualan paket wisata. Menggunakan metode Kualitatif dengan teknik pengumpulan data yang peneliti dapatkan berasal dari wawancara dengan pengelola dan masyarakat desa wisata Sindangkasih, focus group discussion (FGD), dan observasi yang dilakukan secara langsung dilapangan serta menggunakan pendekatan Soft System Methodology. Hasil dari penelitian ini menggunakan tujuh langkah Soft System Methodology yang memperlihatkan bahwa terdapat strategi pemasaran yang perlu dikembangkan untuk meningkatkan perekonomian masyarakat lokal.

References

Arismayanti, N. K., Sendra, I. M., Suwena, I. K., Budiarsa, M., Bakta, I. M., & Pitana, I. G. (2019). Tourism Villages’ Development in Bali, Mass or Alternative Tourism? JOURNAL OF TOURISM AND HOSPITALITY MANAGEMENT, 7(2).
Checkland, P., & Scholes, J. (1999). Soft Systems Methodology in Action. John Wiley & Sons Ltd.
Ciolac, R., Rujescu, C., Constantinescu, S., Adamov, T., Dragoi, M. C., & Lile, R. (2017). Management of a tourist village establishment in mountainous area through analysis of costs and incomes. Sustainability (Switzerland), 9(6).
Edwin, A. F., Sudana, I. P., & Sudiarta, I. N. (2023). Marketing Mix Strategy of the Sasak Ende Tourism Village in Central Lombok Regency. European Modern Studies Journal, 7(2), 290–298.
Ernawati, N. M., Sudarmini, N. M., & Sukmawati, N. M. R. (2018). Impacts of Tourism in Ubud Bali Indonesia: A community-based tourism perspective. Journal of Physics: Conference Series, 953(1).
Fakhrudin, A., Roellyanti, M. V., & Awan. (2022). Bauran Pemasaran. Deepublish.
Fauzi Zulkarnaen, M., Fahrorrozi, M., & Ashari, M. (n.d.). Jurnal Ilmiah IKIP Mataram Sistem Survei Kepuasan Masyarakat pada Pembuatan Kartu Tanda Penduduk.
Halim, F., Kurniullah, A. Z., Butarbutar, M., Efendi, Sudarso, A., Purba, B., Lie, D., Sisca, Simarmata, H. M. P., Permadi, L. A., & Novela, V. (2021). Manajemen Pemasaran Jasa. Yayasan Kita Menulis.
Haryono, G., & Sari, A. E. (2018). Strategi Pemasaran Desa wisata untuk Meningkatkan Ekonomi Masyarakat di Kabupaten Kerinci. KOLEKTIVITA.
Kuntopati, B. T. (2022). Pengaruh Promosi Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan dan Dampaknya Terhadap Keputusan Pembelian. Ulil Albab: Jurnal Ilmiah Multidisiplin.
Laksana, M. F. (2019). Praktis memahami manajemen pemasaran . Khalifah Mediatama.
Lovelock, C., Wirtz, J., & Mussry, J. (2016). Pemasaran jasa jilid 1 : Manusia, teknologi, strategi / Christopher Lovelock, Jochen Wirtz, Jacky Mussry; Alih bahasa: Dian Wulandari, Devri Bernadi Putera; editor: Novietha I. Sallama (N. I. Sallama, Ed.; 7th ed.). Erlangga.
Lupiyoadi, R. (2014). Manajemen Pemasaran Jasa: Berbasis Kompetisi (3rd ed.). Salemba Empat.
Mutia, M., & Pujianto, P. (2022). Application of The 7p Mix Marketing on Patient Satisfaction at Hospitals. Malahayati Nursing Journal, 4(9), 2270–2281.
Naibaho, E. R., Fauzi, A., & Sadalia, I. (2020). The Effect of Marketing Mix on Satisfaction of Customer Insurance Products Unit Link (Empirical Study in PT AIA Financial Branch Phoenix Medan). International Journal of Research and Review (Ijrrjournal.Com), 7(2), 47.
Ricardianto, P., Tinggi, S., Trisakti, M. T., Rafi, S., Sekolah, M. R., Manajemen, T., & Trisakti, T. (2017). Soft Systems Methodology pada Pengembangan Bandar Udara Provinsi Sulawesi Barat ISSN. In Jurnal Manajemen Transportasi & Logistik (Vol. 04, Issue 02).
Roh, B., Oktaria, H., Hizmi, S., & Yakin, A. (2022). JPP (Jurnal Pendidikan dan Perhotelan) STRATEGI PEMASARAN PAKET WISATA ALAM AIR TERJUN BENANG KELAMBU PT. LIRIK LOMBOK TOURS DI MASA PANDEMI COVID-19. 2(1), 35–43.
Setiawan, Z., Rachmad, Y. E., Purwoko, & Nora, L. (2023). MANAJEMEN PEMASARAN (Teori dan Studi Kasus). PT. Sonpedia Publishing Indonesia .
Sriplang, N., Petmee, P., & Chayomchai, A. (2021). Service Marketing Strategy of Cultural Tourism in Thailand: The Structural Equation Modeling of the 7Ps. 23, 31–38.
Zeithaml, V. A., Alan, W., Bitner, M. J., & Gremler, D. D. (2013). Services marketing : integrating customer focus across the firm (6th ed.). McGraw-Hill.
Zulkarnaen, W., Amin, N. N. (2018). Pengaruh Strategi Penetapan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi), 2(1), 106-128.
Published
2024-07-01
How to Cite
Nokialita, F., Susilawati, W., & Dhamayanty, S. (2024). STRATEGI PEMASARAN DESA WISATA SINDANGKASIH DALAM MENINGKATKAN PEREKONOMIAN MASYARAKAT LOKAL MELALUI PENJUALAN PAKET WISATA. Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA), 8(2), 1469-1481. https://doi.org/10.31955/mea.v8i2.4187