ANALISIS PERBANDINGAN COMPETITIVE ADVANTAGE, KUALITAS LAYANAN DAN PEMANFAATAN TEKNOLOGI PADA GOJEK DAN GRAB

  • Komala Febriani Situmorang Universitas Widyatama, Bandung

Abstract

Jurnal ini membahas bagaimana Gojek dan Grab  merancang model bisnis digital untuk  meningkatkan keunggulan kompetitif  di era ekonomi digital yang berkembang pesat. Kedua perusahaan telah berhasil mengintegrasikan layanan seperti ride –sharing,pengiriman makanan,pembayaran digital,dan lainnnya ke dalam platform mereka .penelitian ini menggunakan perbandingan strategi pemasaran ,pertumbuhan pengguna,kerjasama strategis,inovasi produk,dan pemahaman pelanggan untuk memahami bagaimana Gojek dan Grab menciptakan keunggulan kompetitif di pasar yang kompetitif.Hasil penelitian menunjukkan bahwa keduanya berhasil mengembangkan model bisnis yang memanfaatkan teknologi ,data,dan kemitran strategis . Mereka juga berfokus pada pengalaman pelanggan dengan solusi yang nyaman dan efisien .Studi kasus ini memberikan wawasan berharga bagi perusahaan dalam ekosistem bisnis digital yang terus berkembang.

References

Amin W. Mugera. 2013. Sustained Competitive Advantage in Agribusiness: Applying the
Budiana, Yusuf. Fajar Nur Khasanah. 2020.ANALISIS TRSTEGI KOMPETENSI ANTARA JASA TRANSPORTASI ONLINE GOJEK DAN GRAB DENGAN MENGGUNAKAN
De Reuver, M., Sørensen, C., & C. Basole, R. (2017). The digital platform: a research agenda. Journal of Information Technology, 33, 124–135.
GAMETHEORY(SRUDI ; MAHASISWA DI PULAU JAWA). Jurnal Mitra Manajemen. Vol 4 No 1 . H 16-27
Hambali, A., & Andarini, S. (2021). FORMULASI STRATEGI PENGEMBANGAN BISNIS MENGGUNAKAN PEDEKATAN BISNIS MODEL CANVAS (BMC) DAN SWOT ANALIYSIS DALAM UPAYA MENINGKATKAN DAYA SAING PADA PIRING COFFE SENG COFFE & CO TUNJUNGAN SURABAYA . Journal of Applied Business Administration, 2548–9909.
Hermawan, E. (2023). Competitive Strategy, Competitive Advantages, dan Marketing Performance pada E-Commerce Shopee Indonesia. Jurnal Kewirausahaan Dan Multi Talenta (JKMT), 1(1), 2964–6049.
Indra, N. (2019). ANALISIS TINGKAT KEPUASAN PELANGGAN TERHADAP MODEL BISNIS PLATFORM OJEK ONLINE. JURNAL MANDIRI: Ilmu Pengetahuan, Seni, Dan Teknologi, 3(1), 132–149.
Kurniawan, Andri.2017.”ANALISIS KEUNGGULAN BERSAING GOJEK DAN GRAB DI WILAYAH KELAPA GADING, JAKARTA UTARA”.Skripsi.Jakarta : Institut Bisnis dan informatika Kwik Kian Gie Ni Nyoman Suarniki. Tri Cicik Wijayanti. 2019 . STRATEGI MANAJEMEN PT NEO GLOBAL ERA (Gojek) BANJARMASIN.Jurnal Mitra Manajemen.Vol 5 , No 2 Hal 57-68
M.Christensen, C. (2001). The Past and the Future of Competitive Advantage . MIT SLOAN MANAGEMENT , 42(2), 105.
Mini, T., & Widjaya, T. (2020). Tensions in Digital Platform Business Models : A Literature Reviuw .
Pakaya, Abd. R. (2011). PENGARUH MANAJEMEN SUMBERDAYA MANUSIA STRATEGI DAN MANAJEMEN TRANSFORMASI TERHADAP KEUNGGULAN BERSAING. 8(3), 1693–9034.
Purnama,Dase. Budi Purwanto.Dkk. 2018.Strategi Peningkatan Kinerja Perusahaan Berdasarkan Keunggulan Kompetitif yang berkelanjutan dan perencanaan Sumber daya . Jurnal Manajemen dan Organisasi.VOL 9 NO 1. H 22-34
Rahmanda, V. (2022). Analisis Strategi Keunggulan Go-Jek dan Grab dalam Meningkatkan Pasar di Indonesia. Jurnal Ilmu Komputer, Ekonomi Dan Manajemen (JIKEM), 2, 142–147.
Resource-Based Theory to Human Resources. Internasional Food and Agribusiness Management Review. Vol 15 No 4. Hal 27-48
Salim, Berta. John J.O.I.Ihalaw. TRANSPORTASI MODEL BISNIS GOJEK UNTUK KEUNGGULAN-KOMPETITIF DALAM PERKEMBANGAN EKONOMI – BERBAGAI DARI
SUDUT PANDANG PELANGGAN .Journal of Business & Applied Management Vol.10 No.2. Hal 106-123
Yuzaria , Dwi dan Dadi Suryadi. 2011. Analisis Tingkat Keuntungan , Keunggulan Kompetitif , Keunggulan Komparatif , dan Dampak Kebijakan Impor Pada Usaha Peternakan Sapi Potong di Provinsi Jawa Barat. Vol 11.No 1 . Hal 32-38
Zott, C., & Amit, R. (2006). Business Model Design and the Performance of Entrepreneurial Firms.
Zulkarnaen, W., Amin, N. N. (2018). Pengaruh Strategi Penetapan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi), 2(1), 106-128.
Published
2024-07-08
How to Cite
Situmorang, K. (2024). ANALISIS PERBANDINGAN COMPETITIVE ADVANTAGE, KUALITAS LAYANAN DAN PEMANFAATAN TEKNOLOGI PADA GOJEK DAN GRAB. Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA), 8(2), 1676-1695. https://doi.org/10.31955/mea.v8i2.4205