FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI GEN Z UNTUK BERKUNJUNG KE MALL PARIS VAN JAVA TAHUN 2025

  • Alya Fauziyah Rasya Telkom University, Bandung
  • Ati Mustikasari Telkom University, Bandung

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis preferensi konsumen Generasi Z terhadap Mall Paris Van Java, dengan fokus pada faktor-faktor seperti lokasi, suasana toko, harga produk, kualitas pelayanan, acara, lingkungan, desain interior, keamanan, dan area parkir. Menggunakan metode kuantitatif deskriptif dan teknik diferensial semantik, penelitian ini melibatkan 106 responden Generasi Z yang pernah mengunjungi mall tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Generasi Z cenderung memilih mall yang menawarkan pengalaman belanja interaktif, area Instagramable, serta acara yang mendukung gaya hidup digital dan sosial mereka. Selain itu, faktor kenyamanan, keberlanjutan, dan kepraktisan juga berpengaruh signifikan terhadap keputusan kunjungan mereka. Temuan ini memberikan wawasan penting bagi pengelola Mall Paris Van Java untuk merancang strategi pemasaran yang lebih relevan dan adaptif bagi Generasi Z, serta memberikan dasar bagi pengembangan konsep mall yang berfokus pada rekreasi dan gaya hidup.

References

Akbar, I., & Nirmala, P. (2023). Pengaruh Motivasi Dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada Pt Shield-On Service Cabang Mall Botani Square Kota Bogor. 1(4), 1117-1127.
Alex, A., & Putra, E. Y. (2024). Analisa Faktor-Faktor yang Mempengaruhi KonsumenTerhadap Pembelian Sepatu Bermerek di Kota Batam. Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA), 8(1), 210-231.
Anom Wijaya, G. (2023). Saatnya Menikmati Pengalaman Sinemanik di bioskop. Retrieved from https://www.kompasiana.com/anomgusti3612/6491d0c810d8e04b741caf24/ saatnya-menikmati-pengalaman-sinematik-di-bioskop
Dentsu Indonesia. (2024). Strategi Marketing yang Sesuai dengan Karakter Gen Z. (DENTSU INDONESIA) Retrieved from Karakter Gen Z & Cara Menyesuikan Strategi Marketing untuk Mereka: https://www.dentsu.com/id/en/insights/our-blog/strategi-marketing-yang-sesuai-karakter-gen-z
Donni Juni Priansa. (2021). PERILAKU KONSUMEN DALAM PERSAINGAN BISNIS KONTEMPORER. 2, 63.
Firmansyah, D. (2022). Teknik pengambilan sampel umum dalam metologi penelitian: Literature review. 1(2), 85-114.
Harachika, P. (2023). Pengaruh Hedonic Shopping Tendency Terhadap Impulse Buying Produk Fashion dengan Positive Emotion Sebagai Moderasi Dalam Perspektif Bisnis Islam (Studi pada Mahasiswa Pengguna E-connerce di Lampung). UIN Raden Intan Lampung.
Highlight Media. (2024). Mall Sebagai Sarana Rekreasi: Tempat Nongkrong, Bukan Cuman Buat Belanja. Retrieved from Highlight.id: https://highlight.id/mall-sebagai-sarana-rekreasi-tempat-nongkrong-bukan-cuman-buat-belanja/
Kaffah, D., & Syahrifah, C. (2023). ANALISIS KEBUTUHAN PARKIR DI RUMAH SAKIT ISLAM SULTAN AGUNG SEMARANG. PhD Thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.
Ken et al., (2024). Model Rancang Bangun Shopping Mall Di Kota Singaraja. 12(1), 128-135.
Khotimah, I. (2024). PENGARUH GAYA HIDUP, PERSEPSI HARGA DAN LABEL HALAL TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KOSMETIK HALAL.
Kimfa, Y., & Nisa, P. (2024). Peran Pengalaman, Komitmen, Dan Perilaku Keterlibatan Pelanggan Dalam Meningkatkan Loyalitas Pelanggan. 10(7), 1097-1121.
Krismawati, E., & Others. (2021). Analisis Kebutuhan Dan Kapasitas Area Parkir DiArea Perbelanjaan Surakarta. 26(1), 12-24.
Kurniawan et al.,(2023). Pengaruh Inovasi Produk, Harga Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Produk Makanan Dan Minumanan Di Ntb Mall. 3(1), 66-82.
Lu, C et al., (2021). Pengaruh Faktor lingkungan dan pengalaman Belanja Mall terhadap Perilaku Belanja Mall. 5(1), 87-100.
Mandolang, Y. (2020). Landasan Konseptual Perencanaan Dan Perancangan Arsitektur Perencanaan Dan Perancangan Shopping Mall Di Palangka Raya Berkonsep City Walk Dengan Pendekatan Green Architecture. Universitas Atma Jaya Yogyakarta.
Muliani, B., & Tukiman, T. (2024). Evaluasi Kualitas Layanan di Mall Pelayanan Publik Kabupaten Tulungagung: Sebuah Pendekatan Kuantitatif. 6(1), 1-17.
Munir, M. (2023). Islamic Finance for Gen Z Karakter dan Kesejahteraan Finansial untuk Gen Z: Penerapan Islamic Finance sebagai Solusi. CV. Green Publisher Indonesia.
Musa, M., & Others. (2022). Pengaruh Preferensi Konsumen terhadap Keputusan Pembelian Produk pada Marketplace. 18(2), 73-79.
Noviyanti, S., Juanim, H., & Others. (2023). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Fasilitas Terhadap Kepuasan Penonton Pada CGV CINEMAS PARIS VAN JAVA. PhD Thesis, Universita Pasundan Bandung.
Nugraha et al., (2021). Teori Perilaku Konsumen. Penerbit NEM.
Prastitiningrum Hanifia, E. (2020). PhD Thesis, https://ummetro. ac.id/.
Priyanda et al., (2022). Metologi Penelitian Kuantitatif. Pradina Pustaka.
Renggo, Y., & Kom, S. (2022). Populasi Dan Sampel Kuantitatif. 43.
Saputra, T. (2024). Pengaruh Customer Relationship Marketing, Kualitas Pelayanan dan Kepercayaan Terhadap Loyalitas Mitra Usaha Di PT. Budi Strach & Sweetener, Tbk. Ponorogo. 6(3).
Seruni et al., (2024). Pengaruh inlfuencer marketing terhadap minat pembelian produk kecantikan brand Azarine pada generasi Z: Studi Kasus Kabupaten Badung. 8(3), 885-900.
Sintya et al., (2024). Penerapan Teori Belajar Konstruktivisme dalam Pembelajar IPS di SD. 7(10), 1-10.
Sugiyanto, S., & Sudarno, S. (2024). PROSES PELAKSANAAN EVENT ROADSHOW NONTON BARENG FILM PETUALANGAN SHERINA 2 BERSAMA INDOFOOD OLEH PT KREASI KARYA BANGSA. 5(20), 150-161.
Sunerlan, S., Safari, A., & Riyanti, A. (2023). Pengaruh Penerapan Sapta Pesona Terhadap Kepuasan Wisatawan Di Situ Bangendit. 2(1), 116-129.
Tedja et al., (2024). PERANCANGAN PUSAT PERBELANJAN DENGAN PENDEKATAN ARSITEKTUR MODERN DI DELI SERDANG. 6(01), 10-20.
Tiku et al., (2021). Perancangan Gedung Pusat Desain Interior di Kota Samarinda. 2(1), 41-54.
Wachyuni et al., (2020). Studi Kualitas Pusat Perbelanjaan Terhadap Motivasi Berkunjung Wisatawan Ke Pusat Perbelanjaan (Studi Kasus: Central Park Mall). 3(2), 172-185.
Wahyuni, D., & Others. (2023). Pengaruh Gaya Hidup Hedonis Dan Potongan Harga Terhadap Pembelian Impusif Pada Konsumen Fashion Ritel Matahari Departement Store Aceh Ditinjau Dari Perspektif Ekonomi Islam. PhD Thesis, UIN Ar-Raniry.
Wijaksono, R. (2019). Pengaruh Experiential Marketing Terhadap Revisit Intention Melalui Kepuasan Sebagai Variabel Intervening (Studi Pada Pengunjung Trans Studio Mini Transmart Rungkut Surabaya). 7(2), 334-353.
Wijaya, H. (2024). Pengaruh Service Quality, Store Atmosphere, dan Price Fairness terhadap Customer Satisfaction dan Customer Loyality pada Haidilao Mall Taman Anggrek. 17(1), 041-054.
Zusrony, E. (2021). Perilaku Konsumen Di Era Modern. 1-159.
Published
2025-04-25
How to Cite
Rasya, A., & Mustikasari, A. (2025). FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI GEN Z UNTUK BERKUNJUNG KE MALL PARIS VAN JAVA TAHUN 2025. Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA), 9(1), 2406-2434. https://doi.org/10.31955/mea.v9i1.5371
Section
Articles