PENGARUH BRAND IMAGE, KUALITAS PELAYANAN DAN e-WOM TERHADAP KEPUTUSAN ORANG TUA MEMILIH RUMAH BELAJAR BRIGHT STAR BALI

  • Luh Komang Sanistri Dewi lnstitut Teknologi dan Bisnis Asia Malang
  • Tin Agustina Karnawati lnstitut Teknologi dan Bisnis Asia Malang
  • Dany M Handarini lnstitut Teknologi dan Bisnis Asia Malang

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh citra merek (brand image), kualitas layanan, dan electronic word of mouth (e-WOM) terhadap keputusan orang tua dalam memilih bimbingan belajar di Rumah Belajar Bright Star Bali. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan pengumpulan data melalui kuesioner yang didistribusikan kepada orang tua siswa. Variabel independen dalam penelitian ini meliputi citra merek, kualitas layanan, dan e-WOM, sedangkan variabel dependen adalah keputusan orang tua dalam memilih lembaga bimbingan belajar. Metode analisis penelitian menggunakan regresi linier berganda dengan uji hipotesis parsial dan simultan dengan menggunakan teknik sampling jenuh pada 92 orang responden sampel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ketiga variabel independen secara signifikan memengaruhi keputusan orang tua, baik secara parsial maupun simultan. Citra merek dan e-WOM terbukti memberikan kontribusi positif terhadap keputusan orang tua dalam memilih lembaga bimbingan belajar serta e-WOM memiliki pengaruh kuat dalam menentukan keputusan melalui rekomendasi dan ulasan yang tersebar di media elektronik. Sedangkan kualitas pelayanan berpengaruh negatif dan signifikan terhadap keputusan orang tua dalam memilih bimbingan belajar di Rumah Belajar Bright Star Bali. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan wawasan kepada manajemen Rumah Belajar Bright Star Bali untuk meningkatkan strategi pemasaran, kualitas layanan, serta pengelolaan e-WOM guna meningkatkan daya saing dan jumlah siswa.

References

Ahidin, Udin dan Triyono. “Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan CV. Ria Busana Margonda-Depok”. Kreatif, (2014), Vol. 2: 18- 42.
Anang Firmansyah. 2019. Pemasaran produk dan merek, cetakan pertama, penerbit Qiara Media, Jawa Timur.
A. Parasuraman, Valarie A. Zeithaml, and Leonard L. Berry. 1988. “SERVQUAL: A Multiple-Item Scale for Measuring Consumer Perceptions of Service Quality”. Journal of Retailing. Vol 64 (1) pp 12- 37 Hennig-Thurau., et al. 2004. Electronic Word of Mouth Via Consumer-Opinion Platforms: What Motives Consumers to Articulate Themselves On the Intenet. Journal of Interactive Marketing. 18(1). Winter 2004.
Devanan Damanik. 2024. Pengaruh Kualitas Produk dan Brand Image serta Kepercayaan terhadap Loyalitas Konsumen Toko Roti Ganda PematangSiantar.
Fandy, Tjiptono.2004. Manajemen Jasa.Andi.Yogyakarta.
Farida Jasfar. 2005. Manajemen Jasa Pendekatan Terpadu.Bogor: Penerbit Ghalia.
Fauzan, Rusydi, dkk. 2023. Produk dan Merek. PT. Global Eksekutif Teknologi, Padang.
Febri Rakhmawati. 2024. Pengaruh Strategi e-WOM Terhadap Keputusan Calon Orang Tua Siswa Dalam Menentukan Sekolah Internasional Di Jakarta. Equi;ibrium Point, Jurnal Manajemen dan Bisnis. Volume 7 Nomor 1 (Februari 2024).
Kemendikbudristek. (2021). Kurikulum Untuk Pemulihan Pembelajaran. Pusat Kurikulum Dan Pembelajaran, 130.
Kotler, & Keller. (2016). Manajemen Pemasaran (13 ed.). (B. Sabran, Trans.) Jakarta: Erlangga.
Mariyam, M., & Taharuddin, T. (2023). Pengaruh Brand Image dan Keunggulan Bersaing Terhadap Keputusan Mahasiswa Dalam Memilih Politeknik Hasnur Yang Di Mediasi Oleh Word Of Mouth Positif. Jurnal Bisnis Dan Pembangunan, 12(3), 91. https://doi.org/10.20527/jbp.v12i3.17989
Nyadzayo, M. W., & Khajehzadeh, S. (2016). The antecedents of customer loyalty: A moderated mediation model of customer relationship management quality and brand image. Journal of Retailing and Consumer Services, 30, 262-270.
Sarippudin, A., Fitriani, I. D., & Zulkarnaen, W. (2019). Pengaruh Citra Merek (Brand Image) Terhadap Proses Keputusan Pembelian Handphone Samsung Di Itc Kebon Kalapa Bandung. Jurnal SEMAR: Sain Ekonomi Manajemen & Akuntansi Riviu, 1(3), 42-51.
Setiadi, Nugroho J.2003. Perilaku Konsumen: Konsep dan Implikasi untuk. Strategi dan Penelitian Pemasaran. Jakarta: Prenada Media.
Siagian, S. P. 1988. Pengembangan Sumber Daya Manusia. Jakarta:PT Gunung Agung.
Sisi Septiani Putri, Tin Agustina Karnawati, Dany M. Handarini. 2024. Pengaruh Kualitas Pelayanan, Citra Merek Dan Social Media Marketing Terhadap Keputusan Orang Tua Memilih SD Kids Republic Di Jakarta Timur. Jurnal Pendidikan Indonesia Vol.5 No.8, Agustus 2024.
Sondakh, Conny. 2014. Kualitas Layanan, Citra Merek dan Pengaruhnya Terhadap Kepuasan Nasabah dan Loyalitas Nasabah Tabungan (Studi pada Nasabah Taplus BNI Cabang Manado). Jurnal Riset Bisnis dan Manajemen, Vol 3 No. 1. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Sam Ratulangi
Published
2025-04-25
How to Cite
Dewi, L. K. S., Karnawati, T. A., & Handarini, D. M. (2025). PENGARUH BRAND IMAGE, KUALITAS PELAYANAN DAN e-WOM TERHADAP KEPUTUSAN ORANG TUA MEMILIH RUMAH BELAJAR BRIGHT STAR BALI. Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA), 9(1), 2477-2492. https://doi.org/10.31955/mea.v9i1.5422