PENGARUH BRAND AWARENESS DAN PERCEIVED QUALITY TERHADAP CUSTOMER LOYALTY MELALUI CUSTOMER SATISFACTION SEBAGAI INTERVENING PADA FORE COFFEE DI KOTA SAMARINDA

  • Nur Mellayanti Ananta Universitas Mulawarman, Samarinda
  • Muhammad Zaini Universitas Mulawarman, Samarinda
  • Rosyid Nurrohman Universitas Mulawarman, Samarinda

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis apakah terdapat pengaruh brand awareness dan perceived quality terhadap customer loyalty melalui customer satisfaction sebagai intervening pada Fore Coffee di Kota Samarinda. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan 100 responden yang pernah melakukan pembelian produk Fore Coffee lebih dari dua kali, berada pada rentang usia 17-41 tahun, dan berdomisi di Kota Samarinda. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini yaitu non probability sampling dengan metode purposive sampling melalui google form. Data yang telah didapatkan, diolah menggunakan alat analisis SmartPLS 3.0 dengan metode Structural Equation Modeling (SEM-PLS). Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan pada brand awareness dan perceived quality terhadap customer satisfaction, brand awareness berpengaruh positif dan signifikan terhadap customer loyalty, perceived quality berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap customer loyalty, dan customer satisfaction berpengaruh positif dan signifikan terhadap customer loyalty. Berdasarkan hasil specific indirect effect, customer satisfaction berhasil memediasi secara positif dan signifikan pengaruh brand awareness terhadap customer loyalty. Selain itu, customer satisfaction juga berhasil memediasi secara positif dan signifikan pengaruh perceived quality terhadap customer loyalty.

References

A Rahmawati, D. Z. (2019). Pengaruh Perceived Quality Dan Brand Loyalty Terhadap Customer Loyalty Pada Operator Seluler Di Bandung.
Abdullah, M. A., & Aldisa, R. T. (2023). Penerapan Metode MABAC pada Penentuan Coffee Shop Terbaik.
Andianto, K., & Firdausy, C. M. (2020). Pengaruh Perceived Value, Perceived Quality dan Customer Satisfaction terhadap Customer Loyalty Warunk Upnormal di Jakarta. Jurnal Manajerial Dan Kewirausahaan, 2(3), 758. https://doi.org/10.24912/jmk.v2i3.9589
Burhani, M. A. (2020). Pengaruh Brand Awareness, Brand Image, Dan Perceived Quality Terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepuasan Pelanggan. 1–80. https://lib.unnes.ac.id/39105/
Candra, E., & Ketut Sunaryanto. (2023). Pengaruh Harga, Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan dan Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan. Business and Investment Review, 1(5), 109–117. https://doi.org/10.61292/birev.v1i5.53
Chayadi, S. A., Loisa, R., & Sudarto, S. (2021). Strategi Marketing Public Relations Kopi Kenangan dalam Membangun Brand Awareness. Prologia, 5(1), 175. https://doi.org/10.24912/pr.v5i1.10112
Coffee, F. (2023b). Press Release | Fore Coffee Meriahkan Singapura dengan Pembukaan Gerai Internasional Perdana. https://fore.coffee/id/press-release-fore-coffee-meriahkan-singapura-dengan-pembukaan-gerai-internasional-perdana/
Creswell, J. W., & Creswell, J. D. (2017). Mixed Methods Procedures. In Research Defign: Qualitative, Quantitative, and Mixed M ethods Approaches.
Dinas Pemuda, O. dan P. K. S. (2023). Jumlah restoran (cafetaria.café. dan coffee shop).
Febraska, & Irmawati. (2022). Pengaruh Perceived Quality dan Perceived Value terhadap Customer Loyalty Mahasiswa di kota Surakarta menggunakan Aplikasi Shopee Food dengan Kepuasan Konsumen Sebagai Variabel mediasi. Eprints.Ums, 1–18.
Ghozali. (2021). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 26. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Ghozali, I. (2020). Structural equation modeling dengan metode alternatif partial least squares (PLS). Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Hadinata, Y. (2020). the Effect of Perceived Quality and Brand Image on Brand Trust and Brand Loyalty Yamaha Mio in Surabaya. JOURNAL of RESEARCH in ECONOMICS and MANAGEMENT, 19(1), 1–10. file:///C:/Users/USER/Downloads/95-188-1-PB.pdf
Hasniati, H., Indriasar, D. P., & Sirajuddin, A. (2021). Pengaruh Customer Experience terhadap Repurchase Intention Produk Online dengan Customer Satisfaction sebagai Variable Intervening. Management and Accounting Research Statistics, 1(2), 11–23. https://doi.org/10.59583/mars.v1i2.10
Indah Dara Kusuma, S. (2023). Dampak Modernisasi Terhadap Pola Makan Tradisional di Indonesia. https://pkmkpjabi.batam.go.id/2024/06/06/dampak-modernisasi-terhadap-pola-makan-tradisional-di-indonesia/
Kompas.com. (2024). Tren Minum Kopi di Coffee Shop Indonesia.
Kotler, dan K. (2009). Manajemen pemasaran / Philip Kotler, Kevin Lane Keller ; penerjemah, Bob Sabran ; editor, Adi Maulana, Wibi Hardani.
Kotler, P. (2016). et Keller, KL (2016) Marketing management. Pearson.
Kotler, P. and K. L. K. (2016). Marketing Management (15th Editi).
Kurniawan, H. H. (2017). Pengaruh Perceived Quality Terhadap Brand Loyalty Melalui Mediasi Brand Image Dan Brand Trust. Jurnal Bisnis Dan Manajemen, 4(2), 228–239. https://doi.org/10.26905/jbm.v4i2.1703
Lengkong, A. P., Pio, R. J., & Mangindaan, J. V. (2021). Pengaruh Brand Awareness dan Kualitas Produk terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepuasan Konsumen Pakaian H.A.R.V Official di Manado. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB, 11(2), 2021.
Nugraheni, Y., & Wiwoho, G. (2020). Pengaruh Brand Image dan Perceived Quality Terhadap Customer Satisfaction dan Repurchase Intention(Studi pada member Sophie Paris di BC Laelatul Qomar Kebumen). Jurnal STIE Putra Bangsa, 1–13.
Oktaviani, V., & Permata, W. I. (2023). Peranan Kualitas Produk dan Kualitas Layanan Dalam Meningkatkan Loyalitas Pelanggan di Coffee Shop Sanatana Coffee & Eatery. Reslaj : Religion Education Social Laa Roiba Journal, 5(6), 3150–3158. https://doi.org/10.47467/reslaj.v5i6.3792
Pratamasari, V. F., & Sulaeman, E. (2022). Pengaruh brand awareness dan brand image terhadap keputusan pembelian. Forum Ekonomi, 24(2), 422–432. https://doi.org/10.30872/jfor.v24i2.10837
Putri, F. N., & Darmawan, H. (2019). Mengemukaan Nilai Yang Dirasakan Merupakan K. Jurnal Manajerial Dan Kewirausahaan, I(4), 768–777. http://journal.untar.ac.id/index.php/JMDK/article/view/6563
Sarippudin, A., Fitriani, I. D., & Zulkarnaen, W. (2019). Pengaruh Citra Merek (Brand Image) Terhadap Proses Keputusan Pembelian Handphone Samsung Di ITC Kebon Kalapa Bandung. Jurnal SEMAR: Sain Ekonomi Manajemen & Akuntansi Riviu, 1(3), 42-51.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Alfabeta.
Udayana, I. B. N., Cahya, A. D., & Kristiani, F. A. (2022). PENGARUH CUSTOMER EXPERIENCE DAN SERVICE QUALITY TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN DENGAN KEPUASAN PELANGGAN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi pada The Praja Coffee & Resto). SCIENTIFIC JOURNAL OF REFLECTION : Economic, Accounting, Management and Business, 5(1), 173–179. https://doi.org/10.37481/sjr.v5i1.449
Wibowo, M. F. R., & Rusminah, R. (2021). Pengaruh Kualitas Produk, Harga Dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian Coffe Shop Komunal. Distribusi - Journal of Management and Business, 9(2), 119–136. https://doi.org/10.29303/distribusi.v9i2.155
Published
2025-04-30
How to Cite
Ananta, N. M., Zaini, M., & Nurrohman, R. (2025). PENGARUH BRAND AWARENESS DAN PERCEIVED QUALITY TERHADAP CUSTOMER LOYALTY MELALUI CUSTOMER SATISFACTION SEBAGAI INTERVENING PADA FORE COFFEE DI KOTA SAMARINDA. Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA), 9(1), 3643-3658. https://doi.org/10.31955/mea.v9i1.5448