PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM DALAM PEMASARAN KARYA MUSISI AYOM SATRIA

  • Jose Philipe Cristianto Pascasarjana Institut Seni Indonesia Yogyakarta

Abstract

Penelitian ini mengeksplorasi pemanfaatan Instagram sebagai media pemasaran karya musik bagi musisi Ayom Satria. Di era digitalisasi, industri musik telah mengubah metode promosi musik konvensional, memungkinkan para artis untuk terlibat langsung dengan audiens tanpa bergantung pada label rekaman traditional. Melalui metodologi studi kasus kualitatif, penelitian ini meneliti strategi pemasaran Ayom Satria yang digunakan di Instagram, yang meliputi berbagi cuplikan video musik yang menarik, mengadakan sesi interaktif, dan memelihara portofolio pertunjukan. Temuan penelitian ini mengungkapkan bahwa strategi ini secara efektif telah meningkatkan popularitas Ayom Satria, yang dibuktikan dengan pertumbuhan jumlah pengikut dan jumlah streaming di platform seperti Spotify dan YouTube. Penelitian ini menggaris bawahi dampak positif dari media sosial terhadap upaya pemasaran musisi, dan memberikan wawasan tentang praktik pemasaran melalui Instagram di industri musik.

References

Aichner, T., Grünfelder, M., Maurer, O., & Jegeni, D. (2021). Twenty-Five Years of Social Media: A Review of Social Media Applications and Definitions from 1994 to 2019. Cyberpsychology, Behavior, and Social Networking, 24(4), 215–222. https://doi.org/10.1089/cyber.2020.0134
Creswell, J. W. (2018). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches (5th ed.). SAGE Publications.
Funk, Tom. (2013). Advanced Social Media Marketing: How to Lead, Launch, and Manage a Successful Social Media Program. 10.1007/978-1-4302-4408-0.
Gus Abdurrahman Wahid, A. (2021). Marketing Communication Adaptation In Music Industry In Indonesia Amidst The Covid19 Pandemic: A Case Study Of Independent Musicians. KOMUNIKA, 4(2), 137–149. https://doi.org/10.24042/komunika.v4i2.10256
Harahap, Zul. (2022). Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Sarana Promosi Musik dan Personal Branding Penyanyi Vionita Sihombing. Grenek Music Journal. 11. 81. 10.24114/grenek.v11i2.39258.
HAYRAN ŞANLI, C., & CEYLAN, M. (2023). Impact of the Number of Followers and Social Interaction in Social Media Influencer Marketing Success. Journal of Internet Applications and Management. https://doi.org/10.34231/iuyd.1351341
Mega Putri, N. W. L., & Dilia, D. (2023). Analyzing Social Media Strategy in Korean Music Industries. PERSPEKTIF, 12(4), 1206–1214. https://doi.org/10.31289/perspektif.v12i4.10098
Oh, Y. K., & Choeh, J. Y. (2022). Social media engagements of music videos on YouTube’s official artist channels. Convergence: The International Journal of Research into New Media Technologies, 28(3), 804–821. https://doi.org/10.1177/13548565211054906
Salunke, P., & Jain, V. (2022). Instagram Marketing (2015–2021): A Review of Past Trends, Implications, and Future Research (pp. 129–146). https://doi.org/10.1108/S2754-586520220000001007
Setiawan, Dennie & Pandrianto, Nigar. (2023). Pemasaran Karya Musik Passion Vibe di Era Digital. Kiwari. 2. 236-242. 10.24912/ki.v2i2.24005.
Umulisa, S. R., & Kurniadi, H. (2023). Integrated Marketing Communication: Implementasi Portofolio dan Giveaway dalam Pemasaran Produk Icloth di Instagram. Komunikasiana: Journal of Communication Studies, 5(2), 60. https://doi.org/10.24014/kjcs.v5i2.26561
Yang, C. (2021). Research in the Instagram Context: Approaches and Methods. The Journal of Social Sciences Research, 71, 15–21. https://doi.org/10.32861/jssr.71.15.21
Published
2025-06-20
How to Cite
Cristianto, J. (2025). PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM DALAM PEMASARAN KARYA MUSISI AYOM SATRIA. Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA), 9(2), 709-715. https://doi.org/10.31955/mea.v9i2.5703
Section
Articles