PENGARUH CITRA MEREK DAN BRAND AMBASSADOR MELALUI PEMBELIAN KEMBALI TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN PADA ERIGO APPAREL

  • Muhammad Irsyad Sofyansyah Universitas Pancasila, Kota Jakarta Selatan

Abstract

Industri pakaian di Indonesia semakin kompetitif, menuntut merek seperti Erigo untuk membangun strategi yang efektif dalam mempertahankan loyalitas konsumen. Salah satu faktor utama yang memengaruhi loyalitas dan keputusan pembelian kembali adalah citra merek yang kuat serta peran brand ambassador yang relevan. Namun, masih terdapat kesenjangan dalam memahami sejauh mana kedua faktor ini dapat meningkatkan retensi konsumen dalam jangka panjang. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi pengaruh citra merek dan brand ambassador terhadap loyalitas konsumen dengan fokus pada keputusan pembelian kembali. Citra merek yang kuat dan brand ambassador yang efektif telah diakui secara luas sebagai faktor kunci dalam mempengaruhi prefernsi konsumen dan keputusan pembelian mereka. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan melakukan wawancara dalam bentuk kuisioner digital terhadap 200 responden dari seluruh konsumen Erigo Apparel serta analisis konten terhadap kampanye branding dan promosi yang melibatkan brand ambassador. Temuan menunjukan bahwa citra merek dan brand ambassador mempengaruhi pembelian kembali dan citra merek dan brand ambassador tidak mempengaruhi secara langsung terhadap loyalitas konsumen, tetapi harus melalui variabel intervening. Implikasi praktis dari penelitian ini adalah pentingnya perusahaan untuk secara strategis memilih brand ambassador yang sesuai dengan nilai merek dan preferensi konsumennya. Dengan strategi yang tepat, Erigo dapat memperkuat hubungan emosional dengan konsumen, meningkatkan loyalitas, dan memperluas pangsa pasar melalui pembelian kembali yang lebih tinggi. Penelitian ini juga menekankan perlunya penyesuaian strategi branding secara dinamis agar tetap relevan di tengah perubahan preferensi konsumen. Dengan demikian, kolaborasi yang efektif antara citra merek yang kuat dan brand ambassador yang tepat dapat menjadi strategi yang berkelanjutan dalam mempertahankan daya saing di industri pakaian.

References

Fahmi, M., Arif, M., Farisi, S., & Purnama, N. I. (2019). Peran Brand Image dalam Memediasi Pengaruh Social Media Marketing terhadap Repeat Purchase pada Fast- Food Restaurant di Kota Medan. Jurnal Samudra Ekonomi Dan Bisnis, 11(1), 53–68. https://doi.org/10.33059/jseb.v11i1.1722
Fatma, N., Fajri Irfan, N., & Finatry Latiep, I. (2021). SEIKO : Journal of Management & Business Analisis Keputusan Pembelian Produk Menggunakan Persepsi Harga dan Kualitas Produk. SEIKO : Journal of Management & Business, 4(2), 533–540. https://doi.org/10.37531/sejaman.v5i1.1674
Hafni Sahir, S. (2021). Metodologi Penelitian. www.penerbitbukumurah.com
Hanjaya, J. K., & Setiawan, P. Y. (2022). PENGARUH KUALITAS LAYANAN, PROMOSI PENJUALAN DAN DIGITAL MARKETING TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN GOJEK DI DENPASAR. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 11(9), 1634. https://doi.org/10.24843/ejmunud.2022.v11.i09.p03
Hasian, A. G., & Pramuditha, C. A. (2022). Pengaruh Brand Ambassador, Brand Awareness, Brand Image, Dan Brand Loyalty Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Samsung Di Palembang (Studi Kasus Pada Masyarakat Kota Palembang).
Jailani, Ms., Jeka, F., & Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi, U. (2023). Populasi dan Sampling (Kuantitatif), Serta Pemilihan Informan Kunci (Kualitatif) dalam Pendekatan Praktis.
Karhoma Wijaya, A., & Bahroni, I. (2023). Pengaruh Brand Ambassador terhadap Purchase Intention Melalui Brand Awareness pada Marketplace Shopee. INOVASI: Jurnal Ilmiah Ilmu Manajemen, 10(1), 209–218.
Miftahul Janna, N. (2021). KONSEP UJI VALIDITAS DAN RELIABILITAS DENGAN MENGGUNAKAN SPSS.
Najwah, J., & Chasanah, A. N. (2022). PENGARUH VIRAL MARKETING, ONLINE CONSUMER REVIEWS, HARGA, DAN BRAND AMBASSADOR TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SECARA ONLINE DI TOKOPEDIA.
Ningsih, A. P. (2022). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Loyalitas Konsumen Di Hy Coffee Medan.
Pramesti, C. W., & Setyawan, A. A. (2024). PENGARUH CITRA MEREK, KUALITAS PRODUK DAN E-WOM TERHADAP MINAT BELI PRODUK RAMAH LINGKUNGAN. 17(1). https://doi.org/10.46306/jbbe.v17i1
Rahayu, S., & Harsono, M. (2023). Loyalitas Konsumen : Konseptualisasi, Anteseden dan Konsekuensi. Jesya, 6(2), 1571–1580. https://doi.org/10.36778/jesya.v6i2.1169
Rahmawan, G., & Suwitho, S. (2020). THE INFLUENCE OF BRAND IMAGE, BRAND AWARENESS, PERCEIVED QUALITY ON SCHOOL SHOES PURCHASE INTENTION.www.topbrand-award.com
Rizqy, R., & Surawilaga, L. (2024). SEIKO : Journal of Management & Business Peran Trust Dalam Memediasi Luxury Brand Terhadap Repurchase Intention Dengan Moderasi Social Influence. SEIKO : Journal of Management & Business, 7(2), 599–616.
Sanaky, M. M., Saleh, L. Moh., & Titaley, H. D. (2021a). ANALISIS FAKTOR-FAKTOR PENYEBAB KETERLAMBATAN PADA PROYEK PEMBANGUNAN GEDUNG ASRAMA MAN 1 TULEHU MALUKU TENGAH.
Sarippudin, A., Fitriani, I. D., & Zulkarnaen, W. (2019). Pengaruh Citra Merek (Brand Image) Terhadap Proses Keputusan Pembelian Handphone Samsung Di ITC Kebon Kalapa Bandung. Jurnal SEMAR: Sain Ekonomi Manajemen & Akuntansi Riviu, 1(3), 42-51.
Sulung, U., & Muspawi, M. (2024). MEMAHAMI SUMBER DATA PENELITIAN : PRIMER, SEKUNDER, DAN TERSIER.
Sunu’an Nailufar. (2021). PENGARUH CITRA MEREK (BRAND IMAGE) TERHADAP MINAT BELI PENUMPANG PADA MASKAPAI CITILINK RUTE PONTIANAK – SURABAYA.
Tegowati. (2016). MINAT BELI ULANG HANDPHONE EVERCOSS DI PUSAT PERBELANJAAN HANDPHONE WTC SURABAYA.
Published
2025-07-05
How to Cite
Sofyansyah, M. I. (2025). PENGARUH CITRA MEREK DAN BRAND AMBASSADOR MELALUI PEMBELIAN KEMBALI TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN PADA ERIGO APPAREL. Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA), 9(2), 1120-1141. https://doi.org/10.31955/mea.v9i2.5708
Section
Articles