PENGARUH KUALITAS PRODUK, KUALITAS PELAYANAN DAN KEMUDAHAN PENGGUNAAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MELALUI APLIKASI PESAN MAKANAN GO-FOOD DI KOTA SURABAYA

  • Yedida Esther Giovanni Purnomo Universitas Ciputra, Surabaya
  • Valerie Michelle Muljono Universitas Ciputra, Surabaya
  • Irra Chrisyanti Dewi Universitas Ciputra, Surabaya

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mempelajari bagaimana kualitas produk, kualitas pelayanan, dan kemudahan penggunaan aplikasi Go-Food di Kota Surabaya memengaruhi keputusan konsumen untuk membeli produk tersebut. Populasi yang diteliti terdiri dari seluruh pengguna aplikasi Go-Food di Surabaya, dan sampel yang diambil menggunakan teknik purposive sampling. Penelitian ini dilakukan secara kuantitatif. Kualitas produk, kualitas pelayanan, dan kemudahan penggunaan digunakan sebagai variabel bebas dan keputusan pembelian digunakan sebagai variabel terikat. Peneliti menggunakan software SmartPLS 4.0 untuk menganalisis data dan mencapai kesimpulan penting. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis dengan SmartPLS 4.0, dapat disimpulkan bahwa kualitas produk memengaruhi keputusan konsumen untuk membeli barang atau jasa. Kualitas pelayanan juga berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian, karena pelayanan yang baik dapat mempengaruhi keputusan konsumen dalam melakukan transaksi. Selain itu, kemudahan penggunaan aplikasi berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian, karena aplikasi yang mudah digunakan tanpa kendala akan mempermudah konsumen dalam membuat keputusan untuk bertransaksi.

References

Andriyani, Y., & Zulkarnaen, W. (2017). Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Mobil Toyota Yaris Di Wijaya Toyota Dago Bandung. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi), 1(2), 80-103. https://doi.org/10.31955/mea.vol1.iss2.pp80-103.
Ardrarani, G., & Rachmawati, L. (2023). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Pakaian Bekas Thrifting. INDEPENDENT : Journal Of Economics.
Asrizal, A., & Syah, A. S. (2022). ANALISIS TAHAP–TAHAP PROSES KEPUTUSAN PEMBELIAN LAPTOP (Studi Kasus: Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat). Jurnal Menara Ekonomi: Penelitian dan Kajian Ilmiah Bidang Ekonomi, 8(1), 1–7.
Dahliani, Y., & Ahwal, R. H. (2021). Kajian Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Lokasi, dan Promosi terhadap Kepuasan Pelanggan pada Gieselin Food Sukser Makmur di Jember. Jurnal Inovasi Penelitian, 2(1), 181–190. https://doi.org/10.47492/jip.v2i1.618
Dewi, I. C., Indrianto, A. T. L., Soediro, M., Winarno, P. S., Minantyo, H., Sondak, M. R., Warrauw, W. L., Grasielda, I., Yuwono, V. K., Gunawan, S., & Leoparjo, F. (2022). Trend Bisnis Food & Beverages Menuju 2030 (S. S. , M. Pd. Andriyanto, Ed.). Penerbit Lakeisha.
Fakhrudin, A., & Roellyanti, M. V. (2023). Kualitas Produk dan Kualitas pelayanan Mempengaruhi Keputusan Penguna Maskapai. Jurnal Manajemen Dirgantara, 16(1), 109–119. https://doi.org/10.56521/manajemen-dirgantara.v16i1.919
Fawzi, M., Iskandar, A. S., Erlangga, H., Nurjaya, H., & Sunarsi, D. (2022). Strategi Pemasaran. Pascal Books.
Febriyani, D. A. (2019). Pengaruh persepsi kemudahan penggunaan dan persepsi kemanfaatan terhadap minat beli online pada mahasiswa UST Yogyakarta pengguna Zalora. Jurnal Ekobis Dewantara, 1(11), 10–19.
Firmansyah, M. A. (2018). Perilaku Konsumen. PENERBIT DEEPUBLISH. https://www.researchgate.net/publication/329587407
Hair, J., Howard, M., & Nitzl, C. (2020). Assessing measurement model quality in PLS-SEM using confirmatory composite analysis. Journal of Business Research, 109, 101–110. https://doi.org/10.1016/j.jbusres.2019.11.069
Illahi, D. S. R., Alfan, A., Aurellya, S. N., Hafit, M. N., Prabuana, I., & Qomariah, N. (2025). Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk, dan Harga Terhadap Minat Beli Sambel Mbegor di Jember. Jurnal Mahasiswa Entrepreneur (JME) FEB UNARS, 4(2), 238–251. https://doi.org/https://doi.org/10.36841/jme.v4i2.6055
Kumara, D., & Marlia, I. (2021). Pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada PT Limas Prima Steel Kota Tangerang. Dalam JOURNAL OF REFLECTION: Economic, Accounting, Management and Business (Vol. 4, Nomor 4).
Mbete, G. S., & Tanamal, R. (2020). Effect of Easiness, Service Quality, Price, Trust of Quality of Information, and Brand Image of Consumer Purchase Decision on Shopee online Purchase. Jurnal Informatika Universitas Pamulang, 5(2), 100. https://doi.org/10.32493/informatika.v5i2.4946
Mentang, J. J. J., Ogi, I. W. J., & Samadi, R. L. (2021). Pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Rumah Makan Marina di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal EMBA, 9, 680–690.
Mintardjo, B. H. (2023). Pengaruh Kenyamanan Ruang Publik, Pelayanan dan Fasilitas Taman Jayawijaya Mojosonggo di Surakarta terhadap Kepuasan Wisawatan. NAWASENA : Jurnal Ilmiah Pariwisata, 2(2), 09–28. https://doi.org/10.56910/nawasena.v2i2.773
Mulyanto, A., Sumarsono, Niyartama, T. F., & Syaka, A. K. (2020). Penerapan Technology Acceptance Model (TAM) dalam Pengujian Model Penerimaan Aplikasi MasjidLink. Semesta Teknika, 23(1). https://doi.org/10.18196/st.231253
Murad, M. J. (2025). Pengaruh CItra Merek dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Pada Produk Unilever di Transmart Juanda Bekasi di era Boikot Produk. https://doi.org/10.46306/vls.v5i1
Nugraha, J. P., Al, D., Gairah Sinulingga, S., Rojiati, U., Gazi Saloom, Mk., Rosmawati, Ms., Fathihani, Ms., Mail Hilian Batin, M., Widya Jati Lestari, M., Khatimah, H., & Maria Fatima Beribe, C. B. (2021). Perilaku Perilaku Konsumen (Ahmad Jibril, Ed.; 1 ed.). PT. Nasya Expanding Management.
Nurmalasari, & Latifah. (2023). Pengaruh Keamanan, Kualitas Informasi dan Kemudahan terhadap Keputusan Pembelian online pada Konsumen Tiktok Shop. Perspektif: Jurnal Ekonomi & Manajemen Universitas Bina Sarana Informatika, 21. https://doi.org/10.31294/jp.v21i1
Pramezwary, A., Yulius, K. G., Viensa, V. P., & Pujangga, J. F. (2023). Factors Driving Generation Z’s Use Of online Food Delivery Service At The End Of The Pandemic. Jurnal Manajemen Perhotelan, 9(2), 101–112. https://doi.org/10.9744/jmp.9.2.101-112
Priansa, D. J. (2017). Komunikasi Pemasaran Terpadu pada era media sosial. Bandung: CV Pustaka Setia, 358.
Puspitasari, A., & Tiara, P. E. (2023). Analisis Faktor Pendorong Keputusan Pembelian melalui Aplikasi Gofood pada Masyarakat Kota Batam. JOURNAL OF APPLIED BUSINESS ADMINISTRATION, 7(1), 9–18. https://doi.org/10.30871/jaba.v7i1.5227
Robaniyah, L., & Kurnianingsih, H. (2021). Pengaruh Persepsi Manfaat, Kemudahan Penggunaan dan Keamanan Terhadap Minat Menggunakan Aplikasi OVO. Image : Jurnal Riset Manajemen, 10(1), 53–62. https://doi.org/10.17509/image.v10i1.32009
Sholehuddin, S., & Rahman, F. (2020). Dimensi Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Konsumen. JMK (Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan), 5(2), 94. https://doi.org/10.32503/jmk.v5i2.1003
Simamora, A. M., & Zuhra, S. E. (2023). Pengaruh Persepsi Kemudahan Penggunaan dan Persepsi Risiko terhadap Keputusan Pembelian pada Konsumen Tiktok Shop di Banda Aceh.
Soetanto, J. P., Septina, F., & Febry, T. (2020). Pengaruh Kualitas Produk dan Keragaman Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk Amondeu. PERFORMA, 5(1), 63–71. https://doi.org/10.37715/jp.v5i1.1303
Susanti, R. A. D., Fardahlia, D., & Indrihastuti, P. (2021). Kemudahan Dan Kemanfaatan Pengaruhnya terhadap Keputusan Penggunaan Sistem Pembayaran E-Money OVO, Gopay, dan Dana. J-MACC : Journal of Management and Accounting, 4(1), 57–71. https://doi.org/10.52166/j-macc.v4i1.2404
Widayanto, M. T., Haris, A., & Syarifah, L. (2023). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian:(Studi pada PT Pos Indonesia Cabang Probolinggo). Manajemen dan Kewirausahaan, 4(1), 29–40.
Published
2025-06-30
How to Cite
Purnomo, Y. E., Muljono, V., & Dewi, I. (2025). PENGARUH KUALITAS PRODUK, KUALITAS PELAYANAN DAN KEMUDAHAN PENGGUNAAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MELALUI APLIKASI PESAN MAKANAN GO-FOOD DI KOTA SURABAYA. Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA), 9(2), 885-897. https://doi.org/10.31955/mea.v9i2.5717
Section
Articles