PENGARUH KUALITAS PRODUK, CITRA MEREK DAN LABELISASI HALAL TERHADAP KEPUASAN DAN LOYALITAS KONSUMEN RESTORAN SOLARIA
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis penilaian konsumen terhadap kualitas produk, citra merek, labelisasi halal, dan pengaruhnya terhadap kepuasan dan loyalitas konsumen. Metodologi yang digunakan adalah metode survey. Lokasi penelitian dilakukan secara sengaja di Bencoolen Mall. Pengambilan sampel secara tidak sengaja, sebanyak 96 orang konsumen. Data dikumpulkan dengan Google form. Metode SEM PLS digunakan dalam analisis data. Dari hasil penelitian diketahui kualitas produk, citra merek, dan labelisasi halal berturut-turut juga berada dalam kategori berkualitas, baik, dan transparan. Pengaruh langsung yang telah dilakukan menunjukkan bahwa kualitas produk dan labelisasi halal tidak berpengaruh secara signifikan terhadap loyalitas konsumen tetapi citra merek berpengaruh secara signifikan terhadap loyalitas konsumen. Kualitas produk tidak berpengaruh secara signifikan terhadap loyalitas konsumen melalui kepuasan konsumen, sedangkan citra merek dan labelisasi halal berpengaruh secara signifikan terhadap loyalitas konsumen melalui kepuasan konsumen.
References
Halal, B. P. J. P. (2021) ‘Keputusan Kepala Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal Nomor 57 Tahun 2021 Tentang Kriteria Sistem Jaminan Produk Halal’, Badan Penyelengara Jaminan Produk Halal, 75(17), pp. 399–405.
Hartini, I. (2021) ‘Stimulus Pemasaran Produk Kopi terhadap Kepuasan dan Loyalitas Konsumen’, Journal of Management and Bussines (JOMB), 3(2), pp. 130–143. doi: 10.31539/jomb.v3i2.3090.
Hasib, A. and Anwar, M. K. (2020) ‘Pengaruh Labelisasi Halal Terhadap Loyalitas Konsumen Dalam Mengkonsumsi Makanan Ringan di UNESA Ketintang (studi kasus terhadap anggota organisasi keislaman)’, Jurnal Ekonomi Islam, 3(1), pp. 23–32. Available at: http://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jei/.
Khotimah, K. (2025) ‘Studi Literatur : Pengaruh Brand Image , Electronic Word of Mouth , dan Service Quality terhadap Loyalitas Pelanggan’, 2(3), pp. 1–10.
Laili, R. R. and Canggih, C. (2021) ‘Pengaruh Kualitas Produk, Citra Merek, Dan Label Halal Terhadap Kepuasan Konsumen Produk Body Lotion Citra (Studi Kasus Mahasiswa Surabaya)’, Jurnal Ekonomi Syariah Teori dan Terapan, 8(6), p. 743. doi: 10.20473/vol8iss20216pp743-756.
Lubis, S. A., Anggraini, T. and Harahap, M. I. (2024) ‘Pengaruh Social Media Advertising dan Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Melalui Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus Devi Salon Medan)’, GLORY ( Global Leadership Organizational Research in Management), 2(2), pp. 131–145. Available at: https://doi.org/10.59841/glory.v2i2.1040.
Maryati and Khoiri.M (2021) ‘Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Toko Online Time Universe Studio’, Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 11(1), pp. 542–550.
Mulyana, L. I. and Sulistyawati, L. (2022) ‘PENGARUH CITRA MEREK DAN KUALITAS PRODUK MELALUI KEPUASAN PELANGGAN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN PADA PRODUK INDOMIE (Studi pada Mahasiswa Perguruan Tinggi Negeri di Surabaya)’, Journal Publicuho, 5(1), pp. 29–49. doi: 10.35817/jpu.v5i1.23470.
Napitu, R. et al. (2024) ‘Pengaruh Electronic Word Of Mouth Dan Brand Image Terhadap Minat Beli Skincare Emina Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Simalungun’, Manajemen : Jurnal Ekonomi, 6(1), pp. 78–94. doi: 10.36985/manajemen.v6i1.1170.
Nurfadila, H. and Nurdin, M. R. A. (2022) ‘Pengaruh Citra Merek Dan Kepercayaan Merek Terhadap Loyalitas Pelanggan Pengguna Air Minum Kemasan Merek Aqudo’, Journal of Islamic Business Management Studies (JIBMS), 2(2), pp. 106–116. doi: 10.51875/jibms.v2i2.186.
Pradiptha, A. P. et al. (2024) ‘Pengaruh Komunikasi Pemasaran , Kualitas Produk , dan Label Halal terhadap Keputusan Pembelian di TikTok Shop Abstrak’, 5(3), pp. 2548–2560.
Prakoso, T. Y. and Hidayati, R. (2022) ‘Analisis Pengaruh Kualitas Layanan dan Citra Merek terhadap Loyalitas Konsumen melalui Kepuasan Konsumen sebagai Variabel Intervening (Studi Pada Konsumen Smartphone Samsung di Semarang)’, Diponegoro Journal of Management, 11(1), pp. 1–15.
Rahardjo, D. T. and Yulianto, A. E. (2021) ‘Pengaruh Citra Merek, Harga dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pelanggan Mie Setan Di Surabaya’, Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen, 10, pp. 1–18.
Rahellea, S. L. and Rianto, M. R. (2023) ‘Literatur Review: Pengaruh Kualitas Produk, Harga dan Loyalitas terhadap Kepuasan Konsumen Kopi Nako’, Studi Ilmu Manajemen dan Organisasi, 4(1), pp. 63–73. doi: 10.35912/simo.v4i1.1782.
Rosydah, S. H. and Murtiyanto, R. K. (2024) ‘Pengaruh Brand Image Dan Customer Experience Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Batik Tiepoek Kabupaten Trenggalek’, Jurnal Aplikasi Bisnis, 10(1), pp. 80–85. Available at: https://jurnal.polinema.ac.id/index.php/jab/article/view/3744.
Rusandy, D. S. (2018) ‘Pengaruh Brand Image Terhadap Loyalitas Pelanggan yang Dimediasi Kepuasan Pelanggan Pada Rumah Makan Titin Trenggalek’, Jurnal Riset Inspirasi Manajemen dan Kewirausahaan, 2(1), pp. 1–11. doi: 10.35130/jrimk.v2i1.25.
Sukarno, H. F., Arifianti, R. and Hakim, R. M. A. (2024) ‘Peran customer satisfaction sebagai variabel mediasi pada pengaruh customer experience terhadap brand loyalty’, Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA), 8(3), pp. 474–500.
Skawanti, J. R. and Suhendar, R. (2022) ‘Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Di Restoran Raisha Butik Hotel Bogor’, Jurnal Industri Pariwisata, 5(1), pp. 111–121. doi: 10.36441/pariwisata.v5i1.992.
Wahyuni, D. and Rofiah, C. (2017) ‘Kualitas Pelayanan Dan Pengaruhnya Terhadap Loyalitas Pelanggan Yang Di Mediasi Oleh Kepuasan Di Bank Muamalat Jombang’, Eksis: Jurnal Riset Ekonomi dan Bisnis, 12(1), pp. 69–82. doi: 10.26533/eksis.v12i1.84.
Widjoyo, S. (2014) ‘Pengaruh Kualitas Layanan dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Pelanggan dan Loyalitas Konsumen Restoran Happy Garden Surabaya’, Jurnal Manajemen Pemasaran, 2(1), pp. 1–9.
Sukarno, H. F., Arifianti, R., & Hakim, R. M. A. (2024). Peran customer satisfaction sebagai variabel mediasi pada pengaruh customer experience terhadap brand loyalty. Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA), 8(3), 474-500.
Copyright (c) 2025 Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.