PENGARUH ORIENTASI PEMASARAN DAN DIGITAL KEUANGAN TERHADAP KINERJA KEUANGAN UMKM DENGAN ADOPSI TEKNOLOGI SEBAGAI VARIABEL MODERASI
Abstract
Studi ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh dari orientasi pemasaran dan keuangan digital terhadap kinerja keuangan UMKM, serta peran adopsi teknologi sebagai variabel yang memoderasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dan data dikumpulkan melalui kuesioner yang dibagikan kepada pelaku UMKM. Sampel yang diambil terdiri dari 100 partisipan yang dipilih secara random sampling. Temuan dari penelitian ini menunjukkan bahwa orientasi pemasaran serta keuangan digital memberikan pengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja keuangan UMKM. Selain itu, adopsi teknologi juga terbukti memperkuat hubungan positif antara orientasi pemasaran dan keuangan digital dengan kinerja keuangan UMKM. Dengan demikian, penelitian ini menekankan pentingnya orientasi pemasaran, keuangan digital, serta adopsi teknologi untuk meningkatkan kinerja keuangan UMKM di masa digitalisasi saat ini.
References
Ahluwalia, L. (2022). Peningkatan Produktivitas UMKM Melalui Pelatihan Merk Produk Dan Penyusunan Laporan Keuangan di Pekon Panggungrejo, Kabupaten Pringsewu.
Barney, J. (1991). Oct 19 #2 Cited Manage FIRM RESOURCES AND SUSTAINED COMPETITIVE ADVANTAGE. Journal of Management, Volume 17, 99–120.
Choirunnisa, N., Shodiq Askandar, N., & Wahid Mahsuni, A. (2025). Analisis Pengaruh Adopsi Teknologi Digital dan Literasi Keuangan Terhadap Kinerja Keuangan Usaha Kecil dan Menengah (Studi Kasus di Wilayah Kota Batu). In e_Jurnal Ilmiah Riset Akuntansi (Vol. 14, Issue 01). http://jim.unisma.ac.id/index.php/jra,
Daud, I., Nurjannah, D., Mohyi, A., Ambarwati, T., Cahyono, Y., Haryoko, A. D. E., Handoko, A. L., Putra, R. S., Wijoyo, H., Ari-Yanto, A., & Jihadi, M. (2022). The effect of digital marketing, digital finance and digital payment on finance performance of indonesian smes. International Journal of Data and Network Science, 6(1), 37–44. https://doi.org/10.5267/J.IJDNS.2021.10.006
Davis, G. B. (1998). Kerangka Dasar Sistem Informasi Manajemen Seri I. Jakarta Pusat: PT Pustaka Binaman Pressindo.
Elvina. (2020). Pengaruh Orientasi Kewirausahaan dan Orientasi Pasar terhadap Kinerja UMKM. JSHP, 4(1), 2020.
Gao, X., & Ren, Y. (2023). The impact of digital finance on SMEs financialization: Evidence from thirty million Chinese enterprise registrations. Heliyon, 9(8). https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2023.e18664
Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Menggunakan IBM SPSS 25 Edisi 9.
Hendratmoko. (2021). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kinerja UMKM di Indonesia.
Hidayat-ur-Rehman, I. (2024). The role of financial literacy in enhancing firm’s sustainable performance through Fintech adoption: a moderated mediation analysis. International Journal of Innovation Science, ahead-of-print(ahead-of-print). https://doi.org/10.1108/IJIS-03-2024-0056
Indah. (2024). Pengaruh Pembayaran Digital Dan Literasi Keuangan. Volume 2, No 1.
Iskandar, Y., Badru Jaman, U., & Ardhiyansyah, A. (2023). Analyzing the Relationship Between Technology Adoption and Business Performance in the Digital Age in SMEs in Indonesia 1*. https://asj.eastasouth-institute.com/index.php/epnst
Jagtiani, J., & Lemieux, C. (2019). The Roles of Alternative Data and Machine Learning in Fintech Lending: Evidence from the LendingClub Consumer Platform (Working Paper (Federal Reserve Bank of Philadelphia)). Federal Reserve Bank of Philadelphia. https://doi.org/10.21799/frbp.wp.2018.15
Kilay, A. L., Simamora, B. H., & Putra, D. P. (2022). The Influence of E-Payment and E-Commerce Services on Supply Chain Performance: Implications of Open Innovation and Solutions for the Digitalization of Micro, Small, and Medium Enterprises (MSMEs) in Indonesia. Journal of Open Innovation: Technology, Market, and Complexity, 8(3). https://doi.org/10.3390/joitmc8030119
Komarudin, D., Candra, E., & Nurdin, I. (2024). Dinamika Kebijakan Publik dan Inovasi Kecerdasan Buatan di Indonesia Tahun 2020 - 2024. 4(3). http://jurnal.ardenjaya.com/index.php/ajshhttp://jurnal.ardenjaya.com/index.php/ajsh
Kristiawati, E., Afifah, N., Ekonomi dan Bisnis, F., Studi Doktor Ilmu Manajemen, P., Tanjungpura, U., Jl Imam Bonjol No, P., Laut, B., Pontianak Tenggara, K., Pontianak, K., & Barat, K. (2024). Pengaruh Literasi Keuangan dan Dukungan Pemerintah Terhadap Keberlanjutan UMKM: Analisis Mediasi Orientasi Pemasaran. Journal of Trends Economics and Accounting Research, 4(4), 735–744. https://doi.org/10.47065/jtear.v4i4.1242
Kusuma, I. A., Dwi, F., Afifah, N., Ruba, M. G., Yudha Utama, Y., & Kediri, I. (2023). Analisis Manajemen Digital dalam Mengoptimalkan Kinerja Bisnis. In Analisis Manajemen Digital dalam Mengoptimalkan Kinerja Bisnis (Vol. 2). https://jurnalfebi.iainkediri.ac.id/index.php/proceedings
Narver, J. C., Slater, S. F., Alberts, W. W., Brooker, G., Jacobson, R. L., Nickerson, P. H., Savitt, R., & Spain, D. H. (1990). The Effect of a Market Orientatio n on Business Profitabil ity.
Noor, Lady, & Ahmadi, M. A. (2025). Pengaruh Digitalisasi, Literasi Keuangan, dan Dukungan Teknologi terhadap Kinerja Keuangan UMKM di Kabupaten Karanganyar.
Purwantini, A. H., & Amalia, R. D. (2021). Investigasi Niat Penggunaan Financial Technology Payment Bagi Usaha Mikro Kecik Menengah. JURNAL AKUNTANSI UNIVERSITAS JEMBER, 19(1), 35. https://doi.org/10.19184/jauj.v19i1.24715
Risal, Wulandari, R., & Widyastuti, R. D. (2019). Faktor Penerapan Penyusunan Laporan Keuangan Pada Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah (UMKM).
Sari, E. M., & Wulandari, I. (2024). Analisis Tingkat Literasi Keuangan Dan Literasi Teknologi Informasi Pada UMKM Teras Malioboro Dua Tahun 2024.
Wandri, R., Andhini, G. K., & Ramadhan, A. S. (2023). Impact of Marketing Orientation, Learning Orientation and Entrepreneurial Orientation on Business Performance of Culinary SME in Jakarta. Proceedings of the 2023 7th International Conference on E-Commerce, E-Business and E-Government, 139–147. https://doi.org/10.1145/3599609.3599630
Wibowo, D. S. (2021). Mengungkit Daya Saing UMKM Di Masa Pandemi Covid-19 Guna Memperkokoh Ketahanan Ekonomi Nasional.
Zulkarnaen, W., Fitriani, I., & Yuningsih, N. (2020). Pengembangan Supply Chain Management Dalam Pengelolaan Distribusi Logistik Pemilu Yang Lebih Tepat Jenis, Tepat Jumlah Dan Tepat Waktu Berbasis Human Resources Competency Development Di KPU Jawa Barat. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi), 4(2), 222-243. https://doi.org/10.31955/mea.vol4.iss2.pp222-243.
Copyright (c) 2025 Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.