STRATEGI PEMASARAN INTERNASIONAL DAN R&D : MELIHAT BISNIS DARI PERSPEKTIF PELANGGAN

  • Ahmad Fauzan Felandi Arliantoro Universitas Muhamadiyah Sidoarjo, Sidoarjo
  • Anggara Ibnu SN Universitas Muhamadiyah Sidoarjo, Sidoarjo
  • Faulorozi Sumartono Universitas Muhamadiyah Sidoarjo, Sidoarjo
  • Muhammad Ashar Aprianto Sandi A Universitas Muhamadiyah Sidoarjo, Sidoarjo
  • Sriyono Sriyono Universitas Muhamadiyah Sidoarjo, Sidoarjo

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh investasi pemasaran dan penelitian serta pengembangan (R&D) terhadap daya saing merek perusahaan dalam konteks pasar internasional, serta mengevaluasi peran integrasi antara kedua fungsi tersebut dalam meningkatkan kinerja inovasi. Pendekatan yang digunakan adalah kuantitatif dengan metode survei. Data dikumpulkan dari 50 perusahaan manufaktur dan jasa yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia dan telah melakukan ekspansi ke pasar global. Pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner daring yang ditujukan kepada manajer pemasaran dan R&D. Analisis data dilakukan menggunakan regresi linier berganda untuk menguji pengaruh langsung investasi pemasaran dan R&D terhadap daya saing merek, serta analisis jalur (path analysis) untuk menilai peran mediasi integrasi antara pemasaran dan R&D terhadap kinerja inovasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa baik investasi pemasaran (β = 0,45, p < 0,01) maupun investasi R&D (β = 0,30, p < 0,05) memiliki pengaruh signifikan terhadap daya saing merek. Integrasi antara departemen pemasaran dan R&D berperan sebagai mediator yang signifikan (β = 0,38, p < 0,01) dalam mendorong inovasi produk. Selain itu, perusahaan yang telah melakukan internasionalisasi menunjukkan kinerja inovasi yang lebih tinggi dibandingkan dengan perusahaan domestik. Temuan ini menegaskan pentingnya pendekatan yang berorientasi pada pelanggan dan kolaborasi lintas fungsi dalam membangun strategi bisnis yang kompetitif dan adaptif secara global.

References

Arie Rachmat Sunjoto. (2016). Strategi Pemasaran Swalayan Pamella Dalam Perspektif Islam (Studi Kasus Swalayan Pamella Yogyakarta Tahun 2010). JESI (Jurnal Ekonomi Syariah Indonesia), I(2), 45–64.
Damayanti, V. (2025). STRATEGI PEMASARAN BERKELANJUTAN UNTUK MENINGKATKAN DAYA SAING PT . SUN POWER CERAMICS DI ERA DIGITAL : PENDEKATAN INOVATIF DAN PRAKTIS JIMEA | Jurnal Ilmiah MEA ( Manajemen , Ekonomi , dan Akuntansi ). Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, Dan Akuntansi), 9(1), 18–45.
Du, J., Zhu, S., & Li, W. H. (2023). Innovation through internationalization: A systematic review and research agenda. In Asia Pacific Journal of Management (Vol. 40, Issue 3). Springer US. https://doi.org/10.1007/s10490-022-09814-z
Erislan. (2023). Quantitative Analysis of Marketing Strategy Effective Marketing Management Approach. Jurnal Ilmiah Manajemen Kesatuan, 11(2), 203–212. https://doi.org/10.37641/jimkes.v11i2.1750
Fandy Tjiptono. (2000). Perspektif Manajemen dan Pemasaran. Andi.
Fawaid, A. (2016). Ekspor Dalam Peningkatan Volume Penjualan (Studi pada PT Kharisma Rotan Mandiri di Sukoharjo). Administrasi Bisnis, 39(1), 1–8.
Grimpe, C., Sofka, W., Bhargava, M., & Chatterjee, R. (2017). R&D, Marketing Innovation, and New Product Performance: A Mixed Methods Study. Journal of Product Innovation Management, 34(3), 360–383. https://doi.org/10.1111/jpim.12366
Kaharudin, M. R., & Saputra, H. (2021). Analisis Strategi Pemasaran Keripik Tempe Azzahra Desa Sumber Rahayu Dalam Perspektif Ekonomi Islam. ADL ISLAMIC ECONOMIC : Jurnal Kajian Ekonomi Islam, 2(2), 143–162. https://doi.org/10.56644/adl.v2i2.31
Law, S. H., Lee, W. C., & Singh, N. (2018). Revisiting the finance-innovation nexus: Evidence from a non-linear approach. Journal of Innovation and Knowledge, 3(3), 143–153. https://doi.org/10.1016/j.jik.2017.02.001
Lusinta, A. D. A., Titin, T., & Azizah, L. N. (2019). Analisis Segmenting, Targeting Dan Positioning Untuk Merumuskan Strategi Pemasaran Global Pada Ukm Kacang Mede “Bawang Mas” Surabaya. Jurnal Manajemen, 4(2), 907. https://doi.org/10.30736/jpim.v4i2.249
Papanastassiou, M., Pearce, R., & Zanfei, A. (2020). Changing perspectives on the internationalization of R&D and innovation by multinational enterprises: A review of the literature. Journal of International Business Studies, 51(4), 623–664. https://doi.org/10.1057/s41267-019-00258-0
Philip Kotler. (2004). Manajemen Pemasaran. Dialihbahasakan oleh Hendra Teguh, S.E., Ronny A. Rusli, S.E., Drs. Benjamin Molan. Edisi 10 Jilid I (D. B. M. Hendra Teguh S.E., Ronny A. Rusli, S.E. (ed.)). PT. Indeks Kelompok Gramedia.
Razak, J., & Novianti, E. (2022). Konsep Branding Wisata Berbasis Pemasaran Digital Di Desa Sirnajaya, Kabupaten Bogor. Jurnal Pariwisata, 9(1), 1–13. https://doi.org/10.31294/par.v9i1.11803
Sudirjo, F. (2023). The Effects of R&D Intensity and Product Orientation On Innovativeness and Competitive Advantage of The Woodcraft Industry. Jurnal Manajemen Dan Agribisnis, 20(2), 202–213. https://doi.org/10.17358/jma.20.2.202
Wahyudi, E., Wicaksono, G., Dimyati, M., & Riawati, N. (2019). Model Pemasaran dan Potensi Inovasi Usaha Kecil Produk Bioteknologi di Provinsi Jawa Timur. Forum Ekonomi, 21(1), 23–35. http://journal.feb.unmul.ac.id/index.php/FORUMEKONOMI
Zulaeha, & Priyono, A. (2017). Pengaruh Integrasi Internal, Integrasi Eksternal, dan Efek Komplementer Integrasi dalam Rantai Pasokan terhadap Inovasi Produk. Jurnal Ilmiah Manajemen, VII(2), 233–251.
Published
2025-07-01
How to Cite
Arliantoro, A. F. F., SN, A. I., Sumartono, F., A, M. A. A. S., & Sriyono, S. (2025). STRATEGI PEMASARAN INTERNASIONAL DAN R&D : MELIHAT BISNIS DARI PERSPEKTIF PELANGGAN. Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA), 9(2), 1023-1031. https://doi.org/10.31955/mea.v9i2.5753
Section
Articles