PENGARUH STRATEGI PEMASARAN 3P (PRODUCT, PRICE AND PLACE) TERHADAP MINAT BELI ULANG PRODUK TREND FASHION (TAS) DAUN MENDONG SEBAGAI KERAJINAN TRADISIONAL
Abstract
Kabupaten Tasikmalaya, terutama Kecamatan Rajapolah, terkenal sebagai pusat kerajinan tradisional, salah satunya adalah tas yang terbuat dari daun mendong. Namun, dalam pemasarannya, produk ini masih mengalami berbagai kendala, seperti persaingan di pasar, harga yang tidak stabil, dan strategi pemasaran yang belum maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk meneliti pengaruh strategi pemasaran 3P (Produk, Harga, dan Tempat) terhadap minat konsumen untuk membeli kembali tas mendong. Metode yang digunakan adalah penelitian kuantitatif deskriptif, dengan data dikumpulkan melalui kuesioner yang diisi oleh 50 konsumen yang pernah membeli tas mendong di Herlina Craft, Kecamatan Rajapolah, Kabupaten Tasikmalaya. Analisis data dilakukan menggunakan software SPSS untuk melihat hubungan antara variabel bebas dan variabel terikat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas produk dan harga berpengaruh signifikan terhadap minat beli ulang, sedangkan lokasi pemasaran tidak memiliki pengaruh yang signifikan. Temuan ini menunjukkan bahwa konsumen lebih memperhatikan kualitas dan harga ketika memutuskan untuk membeli kembali. Oleh karena itu, disarankan agar pelaku usaha meningkatkan kualitas produk dan menetapkan harga yang kompetitif untuk memperkuat daya saing dan membangun loyalitas pelanggan terhadap tas mendong.
References
Dewi, Y., & Indra, I. (2024). Navigating consumer behaviour: Exploring the influence of fashion trends and social media on gen Z and millennial consumption in west java. Journal of Applied Management Research, 4(1), 1-9.
Gustionto, B., Putri, L. T., & Salis, M. (2022). Effect of trust, quality of service and product quality on consumer loyalty in CV. Naisha Madu Nusantara. Jurnal Riset Manajemen Indonesia, 4(1), 54-64.
Hasna, N. A., & Purnama, R. A. (2021). Pengaruh Biaya Produksi dan Biaya Kualitas Terhadap Harga Jual yang Terdapat di PT Akasha Wira International Tbk: Akuntansi Publik. Jurnal Mahasiswa Akuntansi, 2(1), 214-231.Thahira, A. (2023). Peningkatan Berkelanjutan: Pendekatan Analisis Tulang Ikan. ASSET: Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 6(1).
Indrajit, R. E. (2014). Manajemen organisasi dan tata kelola teknologi informasi. Yogyakarta: Graha Ilmu
Kotler, P., & Amstrong, G. (2018). Principles of Marketing. Edisi 15 Global Edition.Kotler dan Keller. 2015. Manajemen Pemasaran, Jilid 1, Edisi 13, Jakarta: Erlangga
Kusuma, ISH (2023). Pengaruh Ulasan Pelanggan Online terhadap Keputusan Pembelian di Marketplace Shopee pada Kalangan Mahasiswa di Kota Bandung. Jurnal Internasional Administrasi Bisnis dan Organisasi , 4 (2), 31-39. Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Bisnis: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, dan R&D. edisi ketiga. CV. Alfabeta: Bandung.
Maharani, I. A. D. P., Soraya, D., Putra, I. G. B. N. P., & Setiawan, P. A. (2021). Pengembangan Usaha pada Kelompok Pengrajin Ukiran Batok Kelapa di Desa Tampaksiring Kabupaten Gianyar. International Journal of Community Service Learning, 5(2), 113-120.
Rohaetin, S., Hariatama, F., Buji, G. E., Sundari, S., & Sinambela, M. (2025). PELATIHAN PEMBUATAN PRODUK KERAJINAN GETAH NYATU MENDUKUNG IKM BERKEARIFAN LOKAL DI PALANGKA RAYA. Jurnal Abdikarya: Jurnal Karya Pengabdian Dosen Dan Mahasiswa, 9-15
Thahira, A. (2023). Peningkatan Berkelanjutan: Pendekatan Analisis Tulang Ikan. ASSET: Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 6(1).
Thamrin, A., & Tantri, F. (2016). Manajemen Pemasaran, Depok: PT. Raja Grafindo Persada.
Zulkarnaen, W., Amin, N. N. (2018). Pengaruh Strategi Penetapan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi), 2(1), 106-128.
Copyright (c) 2025 Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.