EFEKTIVITAS CELEBRITY ENDORSEMENT & PERCEIVED QUALITY TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK SKINCARE THE ORIGINOTE PADA MARKETPLACE SHOPEE

STUDI PADA GEN Z DI KABUPATEN KARAWANG

  • Meiliana Halim Universitas Buana Perjuangan, Karawang
  • Citra Savitri Universitas Buana Perjuangan, Karawang
  • Syifa Pramudita Faddila Universitas Buana Perjuangan, Karawang

Abstract

Sejalan dengan tren belanja di marketplace online, bisnis kecantikan di Indonesia pun terus berkembang. Salah satu brand skincare lokal, The Originote, terus mengoptimalkan pendekatan pemasarannya melalui celebrity endorsement dan pengembangan perceived product quality. Dengan fokus pada konsumen Generasi Z di Karawang, penelitian ini berupaya untuk mengkaji pengaruh perceived quality dan celebrity endorsement terhadap keputusan pembelian produk skincare Originote di marketplace Shopee. Penelitian ini menggunakan purposive sampling yang dipadukan dengan pendekatan kuantitatif. Sampel penelitian sebanyak 170 responden. Untuk mengumpulkan data dipergunakan kuesioner, dan analisis dilaksanakan dengan SEM (Structural Equation Model) yang berbasis pada PLS (Partial Least Squares). Perolehan penelitian memperlihatkan bahwasanya dengan nilai koefisien sebesar 0,903, perceived quality juga berpengaruh positif dan signifikan pada keputusan pembelian, begitu pula celebrity endorsement. Keputusan pembelian dipengaruhi oleh variabel celebrity endorsement sebesar 17,3% dan variabel perceived quality sebesar 48,1%. Penelitian ini memiliki implikasi bagi perusahaan dalam strategi pemasaran produk perawatan kulit mereka, terutama dal

References

Aisyah Wulandari, A. Agus Priyono, E. S. (2023). Pengaruh Citra Merek, Persepsi Kualitas, Social Media Influencers Terhadap Minat Beli Produk Skincare MS Glow (Studi Kasus Wanita Malang). 12(02), 466–476.
Alam, W. Y., Salsabillah, N. A., & Fannisa Putri Agustin, A. I. R. D. (2024). Pengaruh Influencer Terhadap Tingkat Penjualan Produk Perawatan dan Kecantikan Pada Brand Scarlett dan Wardah. 769–781.
Aliryanti, W. B., & Roosdhani, M. R. (2024). Pengaruh Perceived Quality, Brand Image dan Brand Trust Terhadap Keputusan Pembelian Produk Skintific (Study Pada Konsumen Di Kabupaten Jepara) Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara. 13(1), 92–106.
Alma, B. (2016). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Alfabeta.
Andriyani, Y., & Zulkarnaen, W. (2017). Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Mobil Toyota Yaris Di Wijaya Toyota Dago Bandung. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi), 1(2), 80-103. https://doi.org/10.31955/mea.vol1.iss2.pp80-103.
Anugrah, R., Amaylia, P., Oktaviana, W. D., Annafi, I., & Fathoni, M. Y. (2024). Tren Konsumsi Skincare di Kalangan Mahasiswa Berdasarkan Penelusuran Merek Skincare Terpopuler di Kabupaten Banyumas.
Aprilia, R., Noor, L. S., & Ichwani, T. (2023). Pengaruh Kualitas Produk, Harga dan Celebrity Endorser Terhadap Keputusan Pembelian Produk Skincare Ms Glow di Kota Bekasi. 3(1), 42–57.
Apriyani, V., & Oktavia, Y. (2024). Pengaruh Brand Image, Perceived Quality dan Country Of Origin Terhadap Minat Beli Skincare Some By Mi. 7(1), 970–984.
Artha, Y., Surbakti, E. Y., Tambunan, S. R., Bisnis, M., Niaga, A., Medan, P. N., Bisnis, A., Niaga, A., & Medan, P. N. (2021). Pengaruh Celebrity Endorser Terhadap Keputusan. 2021, 657–664.
Books, D. (2021). Produk Skincare yang Paling Sering Dipakai Perempuan. https://databoks.katadata.co.id/-/statistik/f7b58bc4b9941a2/5-produk-skincare-favorit-perempuan-apa-saja#:~:text=Sabun cuci muka (face wash,hari oleh 50%25 responden perempuan.
Chandra, C. (2019). Pengaruh Brand Awareness, Brand Association, Perceived Quality, dan Brand Loyalty Terhadap Customer Purchase Decision. 3(1), 176–185.
Desi Anggraeni, Citra Savitri, S. P. F. (2024). Pengaruh Live Streaming Tiktok dan Online Cutomer Review Terhadap Minat Beli Produk Camille Beauty. 6, 1591–1607.
Diana, F. T. & A. (2016). Pemasaran, Esensi dan Aplikasi. Andi Offset.
Dzakirah, F. (2021). Pengaruh Brand Image dan Celebrity Endorser Terhadap Keputusan Pembelian Kosmetik Make. 13(1), 84–96.
Firli, O. M., Rizal, M., Arifianti, R., & Husna, A. (2021). Pengaruh Selebrity Endorsme, Brand Image, dan Testimoni Dalam Menigkatkan Minat Beli Produk (Studi Kasus : Instagram UKM Kylafood). 4(2), 104–110.
Hasibuan, M. S. P. (2017). Manajemen Sumber Daya Manusia. PT Bumi Aksara.
Indri Ferdiani Suarna, Nisfu Ubaidilla, A. G. (2024). Pemberdayaan Wanita Dalam Bisnis E-Commerce:Peran Wirausaha Wanita Dalam Industri Online Produk Skincare Adelia Beauty. 1192, 374–380.
Islamahadi, Z. (2024). Pengaruh Online Customer Review, Online Customer Rating dan Promosi Penjualan Terhadap Keputusan Pembelian pada The Originote Official Shop di Shopee (Studi Pada Konsumen The Originote di Kebumen). 1–18.
Katadata. (2024). Ini 10 Merek Pelembab Wajah Terlaris di E-Commerce pada Semester I 2024. https://www.google.com/imgres?imgurl=https://cdn1.katadata.co.id/media/chart_thumbnail/178604-ini-10-merek-pelembab-wajah-terlaris-di-e-commerce-pada-semester-i-2024.png?v%3D1722191134&tbnid=aWcCxuKC8fp52M&vet=1&imgrefurl=https://databoks.katadata.co.id/teknologi-telekomunikasi/statistik/66c592cb0e150/ini-10-merek-pelembab-wajah-terlaris-di-e-commerce-pada-semester-i-2024&docid=aD-aGB3gDOPiJM&w=620&h=348&hl=id-id&source=sh/x/im/m1/3&kgs=675f5b7fbc357669&shem=abme,trie
Kharisma, Citra Savitri, S. P. F. (2024). Pengaruh Celebrity Endorser dan Daya Tarik Iklan Terhadap Keputusan Pembelian di UMKM Rimaadeeva Hijab Karawang pada Media Sosial Instagram. 6, 5941–5955. https://doi.org/10.47467/alkharaj.v6i9.2537
Kotler, Philip & Amstrong, G. (2016). Principles of marketing (11 ed.). In New York: Pearson International.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Management. Pearson Prentice Hall.
Manalu, H., Ramly, F., Mubarak, I., Kusuma, P. P., Guampe, F. A., Triadinda, D., Sritutur, F. F., Epty, D., Sopingi, I., Santoso, A., Fatimah, A. N., Dani, R., Norman, E., Syahriani, E., Widayanti, R., Sofyana, N. N., Arina, F., & Sari, D. D. (2024). Metode Penelitian Ekonomi.
Manurung, E. D., & Sisilia, K. (2024). Endorsement Influencer, Online Customer Review, dan Perceived Quality Terhadap Keputusan Pembelian Produk Skincare Skintific. 10(2), 554–565.
Maudy, C. R., & Setyawati, C. Y. (2024). Pengaruh Celebrity Endorser, Electronic Word of Mouth, Content Marketing Tiktok Terhadap Keputusan Pembelian Produk Scarlett Whitening. 5(6).
Muhtarom, A., Syairozi, M. I., & Yonita, H. L. (2022). Analisis Persepsi Harga, Lokasi, Fasilitas, dan Kualitas Pelayanan terhadap Loyalitas Pelanggan Dimediasi Keputusan Pembelian (Studi Kasus pada Umkm Skck (Stasiun Kuliner Canditunggal Kalitengah) Metode Structural Equation Modelling (SEM) - Partial Least. 10, 391–402.
Pandiangan, K., & Atmogo, Y. D. (2021). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Brand Equity : Brand Trust, Brand Image, Perceived Quality, & Brand. 2(4), 471–484.
Philip Kotler, K. L. K. (2016). Manajemen Pemasaran Edisi 15. Erlangga.
Rahmi, S., Ilyas, G. B., Tamsah, H., & Munir, A. R. (2022). Perceived Risk and Its Role In The Influence of Brand Awareness on Purchase Intention : Study Of Shopee Users. 26(1), 97–109. https://doi.org/10.20885/jsb.vol26.iss1.art7
Sarinah, M. (2017). Pengantar Manajemen. CV Budi Utama.
Satrio, A., & Adiarsi, G. R. (2019). Pengaruh Motivasi dan Persepsi Kualitas Terhadap Minat Beli Laptop pada Mahasiswa Tangerang. April, 99–115.
Savitri, C., Hurriyati, R., Adi, L., & Hendrayati, H. (2022). The role of social media marketing and brand image on smartphone purchase intention. 6, 185–192. https://doi.org/10.5267/j.ijdns.2021.9.009
Savitri, C., & Maemunah, M. (2021). Brand Switching Model Against Consumer Dissatisfaction on the Shopee Marketplace to Other Marketplaces. 5(2), 171–180.
Setiawan, B., & Rabuani, C. C. (2019). Pengaruh Iklan dan Endorser terhadap Brand Awareness serta Dampaknya pada Keputusan Pembelian. 1(1), 1–15.
Setiawan, D., Eko, P., & Utomo, P. (2024). Analisis Sistem E-Dimas Universitas Jambi dengan Pendekatan HOT-FIT Model. 01. https://doi.org/10.21456/vol14iss1pp77-87
Shimp, T. A., & Andrews, J. C. (2015). Integrated Marketing Communications. 754.
Siburian, L. (2022). Originote. https://vt.tiktok.com/ZS23eMkt6/
Siswandi, R. A., & Djawoto. (2020). Pengaruh Celebrity Endorser, Korean Wave, Brand Image, Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian.
Sofjan Assauri. (2018). Manajemen Bisnis Pemasaran. Radja Grafindo.
Suryanto, D. (2022). INVEST : Jurnal Inovasi Bisnis dan Akuntansi Makmur Plantation Palm Factory Unit Incari Raya Group Pengaruh Kepemimpinan Dan Motivasi Terhadap Kinerja Karyawan Pada Pt . Selago Makmur Plantation Unit Pabrik Sawit Incari Raya Group. 3(1), 108–118.
Tjiptono, F. (2012). Pemasaran Jasa. Penerbit Andi.
Wulandari, I. (2023). Pengaruh Country Of Origin, Gaya Hidup dan Perceived. 6(2), 515–528.
Xin Jean Lim, Aifa Rozaini bt Mohd Radzol, Jun-Hwa Cheah (Jacky), M. W. W. (2020). The Impact of Social Media Influencers on Purchase Intention and the Mediation Effect of Customer Attitude.
Yu Qian Zhu, Dinna Amelina, D. Y. (2020). Celebrity Endorsement and Impulsive Buying Intentions in Social Commerce - The Case of Instagram in Indonesia: Celebrity Endorsement.
Yulia Putri, Ikhbal Akhmad, I. D. B. (2023). Pengaruh Brand Image, Celebrity Endorsement, dan Perceived Quality Terhadap Purchase Intention Produk. 3, 1097–1111.
Yusuf, A. (2021). The Influence of Product Innovation and Brand Image on Customer Purchase Decision on Oppo Smartphone Products in South Tangerang City. 472–481.
Published
2025-07-10
How to Cite
Halim, M., Savitri, C., & Faddila, S. (2025). EFEKTIVITAS CELEBRITY ENDORSEMENT & PERCEIVED QUALITY TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK SKINCARE THE ORIGINOTE PADA MARKETPLACE SHOPEE. Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA), 9(2), 1279-1294. https://doi.org/10.31955/mea.v9i2.5776
Section
Articles