PENGARUH DISIPLIN KERJA, MOTIVASI DAN SUPERVISI KEPALA SEKOLAH TERHADAP KINERJA GURU SEKOLAH DASAR DI KECAMATAN BATURAJA TIMUR KABUPATEN OKU
Abstract
Peningkatan kualitas pendidikan bergantung pada beberapa faktor, salah satunya ialah kepala sekolah. Terdapat 32 sekolah dasar serta 563 guru di Kecamatan Baturaja Timur. Namun, tidak semua guru ini mempunyai keterampilan yang dibutuhkan untuk membuat rencana pembelajaran serta silabus yang menarik serta efektif. Hal ini menyebabkan kurangnya tujuan di dalam kelas dan membuat pembelajaran menjadi membosankan dan tidak menarik bagi para siswa. Sekolah-sekolah dasar di Kecamatan Baturaja Timur, Kabupaten OKU, menjadi lokasi penelitian ini. Studi ini menerapkan pendekatan deskriptif kuantitatif. Dari total 563 guru sekolah dasar di Kecamatan Baturaja Timur Kabupaten OKU, 56 orang akan dipilih untuk penelitian ini, yang mewakili 10% dari keseluruhan populasi. Regresi linier berganda diterapkan guna memproses data. Di Kecamatan Baturaja Timur, Kabupaten OKU, kinerja guru sekolah dasar dipengaruhi oleh faktor-faktor seperti disiplin kerja, supervisi kepala sekolah, serta motivasi.
References
Aprida, Y., Fitria, H., & Nurkhalis, N. (2020). Pengaruh supervisi kepala sekolah dan motivasi kerja guru terhadap kinerja guru. Journal of Education Research, 1(2), 160-164.
Divayana, D. G. H., A. Adiarta, dan I. B. G. S. Abadi. 2018. “Initial Draft Of CSEUCLA Evaluation Model Based on Weighted Product in Order to Optimize Digital Library Services in Computer College in Bali.” IOP Conference Series: Materials Science and Engineering 296(1):1–6.
Elazhari, E., Tampubolon, K., Barham, B., & Parinduri, R. Y. (2021). Pengaruh Motivasi dan Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru di SMP Negeri 2 Tanjung Balai. All Fields of Science Journal Liaison Academia and Sosiety, 1(1), 1-12.
Hardono, H., Haryono, H., & Yusuf, A. (2017). Kepemimpinan kepala sekolah, supervisi akademik, dan motivasi kerja dalam meningkatkan kinerja guru. Educational Management, 6(1), 26-33.
Iid Oktasila, Yunita Sari, Fifian Permata Sari, & Anis Feblin. (2024). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru Sma Negeri Di Kecamatan Baturaja Timur. Alignment: Journal of Administration and Educational Management, 7(2), 908-922.
Illanisa, N., Zulkarnaen, W., & Suwana, A. (2019). Pengaruh Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Sekolah Dasar Islam Binar Indonesia Bandung. Jurnal SEMAR: Sain Ekonomi Manajemen & Akuntansi Riviu, 1(3), 16-25.
Indah Pagiriani, Munajat, M., Yetty Oktarina, & Achmad Tarmizi. (2024). The Influence of Leadership Style and Supervision by School Principals on the Performance of Public High School Teachers in Baturaja Timur Sub-District, OKU District. Jurnal Ekonomi, 13(04), 389–400.
Kosim, M. (2017). Pengaruh kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru untuk mewujudkan mutu pembelajaran. Khazanah Akademia, 1(01), 30-38.
Lailatussaadah, L. (2015). Upaya peningkatan kinerja guru. Intelektualita, 3(1).
Notoatmodjo Soekidjo (2008). Kesehatan dan pembangunan sumber daya manusia. Jurnal Kesehatan Masyarakat Nasional No. 2(5).
Oktaviani, N. K. W., & Putra, M. (2021). Motivasi dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Guru di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran, 5(2), 294-302.
Prasetyo, E. T., & Marlina, P. (2019). Pengaruh disiplin kerja dan kepuasan kerja terhadap kinerja karyawan. Jurnal Inspirasi Bisnis Dan Manajemen, 3(1), 21-30.
Raberi, A., Fitria, H., & Fitriani, Y. (2020). Pengaruh supervisi kepala sekolah dan peran komite sekolah terhadap kinerja guru. Jurnal Al-Qiyam, 1(1), 11-20.
Suciningrum, F., Rhamanda, A. Z., & Handayani, M. (2021). Pengaruh motivasi kerja dan disiplin kerja terhadap kinerja guru. Available at SSRN 3864629.
Tanjung, R., Hanafiah, H., Arifudin, O., & Mulyadi, D. (2021). Kompetensi manajerial kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru sekolah dasar. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 4(4), 291-296.
Yasmin, N. R. (2018). Pengaruh Penerapan Supervisi Kepala Sekolah terhadap Kinerja Guru di SMPN 3 Barru. Diploma, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar.
Zubair, A., Sasongko, R. N., & Aliman, A. (2017). Manajemen peningkatan kinerja guru. Manajer Pendidikan: Jurnal Ilmiah Manajemen Pendidikan Program Pascasarjana, 11(4).
Copyright (c) 2025 Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.














