PENGEMBANGAN PAKET WISATA BERBASIS PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DI SEKITAR LOKASI DESTINASI WISATA UNTUK PEMASARAN PARIWISATA BERKELANJUTAN

STUDI KASUS DI WISATA JOLOTUNDO GLAMPING DAN EDUPARK, DESA BAJULAN, LOCERET, KABUPATEN NGANJUK

  • Wahyudin Meidiyanto Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Mahardhika Surabaya, Kota Surabaya
  • Sundjoto Sundjoto Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Mahardhika Surabaya, Kota Surabaya
  • Sri Rahayu Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Mahardhika Surabaya, Kota Surabaya

Abstract

Paket Wisata berbasis masyarakat memiliki peran strategis dalam mendukung pembangunan pariwisata yang berkelanjutan. Mengembangkan Paket Wisata dengan melibatkan masyarakat disekitar lokasi Destinasi Wisata berarti mengoptimalkan partisipasi dan keterlibatan aktif masyarakat lokal disekitar Destinasi Wisata sebagai pelaku utama dalam perencanaan, pengelolaan, dan pelaksanaan kegiatan wisata. Melalui pendekatan ini, manfaat ekonomi dari sektor pariwisata dapat langsung dirasakan oleh masyarakat setempat. Selain manfaat ekonomi, konsep ini sekaligus mendorong pelestarian (konservasi) budaya dan lingkungan. Penelitian dilakukan dengan Studi kualitatif eksploratif dengan teknik observasi dan wawancara mendalam dengan pengelola Wisata Jolotundo dan tokoh masyarakat adat Desa Bajulan. Hasil penelitian diharapkan dapat memberdayakan masyarakat dan komunitas lokal di sekitar destinasi wisata Jolotundo Glamping dan Edupark, sehingga tidak hanya meningkatkan kesejahteraan sosial-ekonomi warga desa bajulan, tetapi juga memastikan bahwa pengembangan pariwisata dilakukan secara inklusif dan berkelanjutan, selaras dengan prinsip keberlanjutan lingkungan. Konsep ini juga dapat membantu inovasi dan pemasaran produk wisata dari Wisata wisata Jolotundo Glamping dan Edupark dalam era kompetisi industri Pariwisata secara global.

References

Goeldner, C. R., & Ritchie, J. R. B. 2012.​ Tourism: Principles, Practise, Philosophies (12th ed.). John Wiley & Sons.
Medlik, S., & Middleton, V. T. C. 1973. Product Formulation in Tourism. Tourism and Marketing, The Travel and Tourism Analyst.
Goodwin, H., & Santilli, R. 2009. Community-Based Tourism: A Success?
ICRT Occasional Paper 11.
Cooper, C., Fletcher, J., Fyall, A., Gilbert, D., & Wanhill, S. 2009. Tourism: Principles and Practice. Pearson Education.
Middleton, C., Fletcher, J., Fyall, A., Morgan, M., & Ranchhod, A. 2009. Marketing in Travel and Tourism (4th ed.). Butterworth-Heinemann
Kotler, P., Bowen, J. T., & Makens, J. C. (2017). Marketing for Hospitality and Tourism (7th ed.). Pearson Education.
UNWTO. 2005.​ Making Tourism More Sustainable: A Guide for Policy Makers. World Tourism Organization & United Nations Environment Programme.
Inskeep, E. 1991. Tourism Planning: An Integrated and Sustainable Development Approach. Van Nostrand Reinhold.
Scheyvens, R. 1999. Ecotourism and the empowerment of local communities. Tourism Management, 245–249. https://doi.org/10.1016/S0261-5177(98)00069-7
Sunaryo, B. 2013. Kebijakan Pembangunan Destinasi Pariwisata: Konsep dan Aplikasinya di Indonesia. Gava Media.
Andi Yuwono, S.Sos., M.Si, dkk. 2018. Desa Wisata Benteng NKRI, ASIDEWI (Asosiasi Desa Wisata Indonesia).
Jadesta, 2020. Jejaring Desa Wisata. https://jadesta.kemenparekraf.go.id
Fandeli, C., & Mukhlison, F. 2000. Pengembangan Ekowisata. Pusat Studi Pariwisata Universitas Gadjah Mada.
Yoeti, O. A. 1996. Pengantar Ilmu Pariwisata. Angkasa.
Nuryanti, W. 1993. Konsep Pariwisata Budaya. Gadjah Mada University Press.
Mus Purmadani. 2025. 322 ribu wisatawan mancanegara kunjungi jatim selama 2024. https://radarsurabaya.jawapos.com/ekonomi/775606004/322-ribu-wisatawan-mancanegara-kunjungi-jatim-selama-2024
Sinta, R. D. 2025. 322Tahun 2024, Angka Kunjungan Wisman ke Indonesia Tertinggi dalam 5 Tahun Terakhir. https://data.goodstats.id/statistic/tahun-2024-angka-kunjungan-wisman-ke-indonesia-tertinggi-dalam-5-tahun-terakhir-jloBN#:~:text=Data%20dari%20Badan%20Pusat%20Statistik,tahun%20terakhir%20sejak%20tahun%202020.
Badan Pusat Statistik. 2025. Statistik Kunjungan Wisatawan 2024, https://www.bps.go.id/id/publication/2025/03/20/a85d584df19ea65a5e2b3d0b/statistik-kunjungan-wisatawan-mancanegara-2024.html
Badan Pusat Statistik Jawa Timur. 2025. DesaStatistik Pariwisata Provinsi Jawa Timur 2024. https://jatim.bps.go.id/id/publication/2025/05/21/042e55f9c3425514856a90c8/statistik-pariwisata-provinsi-jawa-timur-2024.html
Zulkarnaen, W., Amin, N. N. (2018). Pengaruh Strategi Penetapan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi), 2(1), 106-128.
Published
2025-08-05
How to Cite
Meidiyanto, W., Sundjoto, S., & Rahayu, S. (2025). PENGEMBANGAN PAKET WISATA BERBASIS PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DI SEKITAR LOKASI DESTINASI WISATA UNTUK PEMASARAN PARIWISATA BERKELANJUTAN. Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA), 9(2), 2182-2197. https://doi.org/10.31955/mea.v9i2.5905