DAMPAK PERSEPSI KUALITAS DAN CITRA BRAND TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN DAN LOYALITAS PELANGGAN PRODUK SKINCARE GLAD2GLOW
Abstract
Riset ini mengukur tentang apakah persepsi kualitas produk dan citra brand berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan serta dampknya pada loyalitas pelanggan pengguna produk skincare Glad2Glow. Dalam riset ini terdapat 108 responden yang di peroleh melalui kuesioneryang tersebar diberbagai kota di Indonesia melalui media sosial. Hubungan antara variabel ini di analisis menggunakan SmartPLS 4 dengan teknik Path Analysis. Hasil riset ini, menunjukkan kualitas dan citra merek yang dirasakan mempunyai pengaruh besar terhadap kepuasan pelanggan, sementara kepusan pelangan berdampak besar juga terhadap loyalitas pelanggan. Hasil rist mengindikasikan bahwa saat pelanggan merasa produk memiliki kualitas yang memenuhi ekspektasi dan mereknya memiliki citra yang baik, tingkat kepuasan mereka akan meningkat. Kepuasan ini membuat pelanggan lebih setia dan loyal pada produk.
References
Abdillah, W., dan J. (2015). Partial Least Square (PLS): Alternatif Structural Equation Modeling (SEM) dalam Penelitian Bisnis. Yogyakarta: Penerbit Andi.
Akdon. (2013). Cara Menggunakan dan Memaknai Path Analysis. Cetakan kelima. Bandung: CV. Alfabeta.
Aquinia, A., Soliha, E., Liana, L., & Wahyudi, D. (2021). The Role of Perceived Quality and Brand Loyalty Influencing Repurchase Intention. Proceedings of the 3rd International Conference on Banking, Accounting, Management and Economics (ICOBAME 2020), 169(Icobame 2020), 381–384. https://doi.org/10.2991/aebmr.k.210311.076
F.X. Sulistiyanto W.S, & Soliha, E. (2015). Pengaruh Persepsi Harga, Citra Perusahaan Dan Citra Merek Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Pelanggan Pada Apotek “DELA” Di Semarang. Seminar Nasional Dan Call For Papers, 1, 1–16.
Fayumi, A., & Tjahjaningsih, E. (2019). PENGARUH CITRA PERUSAHAAN DAN KEPUASAN DAN DAMPAKNYA PADA LOYALITAS ( Studi Pada Klien Asuransi Prudential Pru Vision Kabupaten Pati ). Jurnal Manajemen Pemasaran, 1–7.
Ghozali, I. (2011). Structural Equation Modeling: Metode Alternatif dengan Partial Least Square. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Indriyani, Y., & Megawati. (2024). Pengaruh Kepuasan Pelanggan, Kepercayaan Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada Pempek Flamboyant. MDP Student Conference 2024, 504–508.
Kotler, P., & Amstrong, G. (2012). Principles of Marketing (14th ed.). Pearson Education Limited.
Kotler, P., Keller, K. L., Brady, M., Goodman, M., & Hanser, T. (2016). Marketing management. Edisi 15, Harlow: Pearson Education.
M. Naitefa, A. R. (2022). Pengaruh Brand Ambassador, Brand Image, Dan Sales Promotion Dari Boyband K-Pop Bts Terhadap Minat Beli Konsumen Pada E-Commerce Tokopedia. Jurnal Ilmiah Indonesia, 7(15018), 1–23. https://doi.org/10.36418/syntax-literate.v7i10.13125
oliver, R. L. (1993). Cognitivie, affective, and attribute bases of the satisfaction response. Journal of consumer reasech, 20(3), 418-430.
Prastiwi, E. S., & Rivai, A. R. (2022). Pengaruh Kualitas Produk, Citra Merek, dan Persepsi Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan Serta Dampaknya Terhadap Loyalitas Pelanggan. SEIKO : Journal of Management & Business, 5(1), 244–256. https://doi.org/10.37531/sejaman.v5i1.1556
Safira. (2023). ATTEMPTING OF BOOSTING THE SALES THROUGH THE ADOPTION ATTEMPTING OF BOOSTING THE SALES THROUGH THE.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: CV. Alfabeta.
Wahyuningtyas, G. I., & Aquina, A. (2023). Pengaruh Brand Ambassador, Brand Image, Brand Awareness terhadap Purchase Intention Produk Kecantikan Somethinc. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, Mei, 9(9), 510–518. https://doi.org/10.5281/zenodo.796915
Widyasari, S., Soliha, E., Wuryan, S., & Damayanti, L. D. (2017). Pengaruh Kualitas Produk, Persepsi Harga dan Citra Merk Terhadap Kepuasan Serta Dampaknya Pada Loyalitas Pelanggan (Studi Empiris Pada Koran Harian Suara Merdeka di Kota Semarang). Jurnal Manajemen Dan Bisnis Indonesia, 5(1), 117–132. https://doi.org/10.31843/jmbi.v5i1.144
Zeithaml. (1988). Consumer perceptions of price, quality, and value: a means-end model and synthesis of evidence. journal of marketing, 52(3), 2-22.
Fayumi, A., & Tjahjaningsih, E. (2019). PENGARUH CITRA PERUSAHAAN DAN KEPUASAN DAN DAMPAKNYA PADA LOYALITAS ( Studi Pada Klien Asuransi Prudential Pru Vision Kabupaten Pati ). Jurnal Manajemen Pemasaran, 1–7.
Febriani, E., Rahmizal, M., & Aswan, K. (2022). Pengaruh Brand Image dan Brand Trust terhadap Loyalitas Pelanggan dengan Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Mediasi. Ranah Research : Journal of Multidisciplinary Research and Development, 4(4), 333–343. https://doi.org/10.38035/rrj.v4i4.557
Ghozali, I. (2011). Structural Equation Modeling: Metode Alternatif dengan Partial Least Square. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Hair, J. F., Black, W. C., Babin, B. J., & Anderson, R. E. (2010). Multivariate Data Analysis (7th ed.). Pearson Education.
Hidayati, A. P., Destina Paningrum, & Annisa Indah Mutiasari. (2024). Pengaruh Kualitas Produk, Harga dan Brand Image terhadap Kepuasan Konsumen Batik Iskandartex Surakarta. JEMSI (Jurnal Ekonomi, Manajemen, Dan Akuntansi), 10(2), 808–813. https://doi.org/10.35870/jemsi.v10i2.2124
Indraswari, N. R., & Susanti, Ety Dwi. (2022). Pengaruh Citra Merek dan Persepsi Kualitas terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepuasa Pelanggan pada Burger King Selama Pandemi Covid-19: Studi Pada Burger King di Sidoarjo. Reslaj : Religion Education Social Laa Roiba Journal, 5(3), 650–666. https://doi.org/10.47467/reslaj.v5i3.1728
Indriyani, Y., & Megawati. (2024). Pengaruh Kepuasan Pelanggan, Kepercayaan Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada Pempek Flamboyant. MDP Student Conference 2024, 504–508.
Zulkarnaen, W., Amin, N. N. (2018). Pengaruh Strategi Penetapan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi), 2(1), 106-128.
Copyright (c) 2025 Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.