ANALISIS PENERAPAN PELAYANAN PARKIR TERHADAP MINAT BELANJA KONSUMEN DI PASAR PELANGI MARINA MENURUT EKONOMI SYARIAH
Abstract
Pasar Pelangi Marina Wakatobi adalah destinasi wisata dan petualangan dengan kuliner, area bersantai, berjalan kaki, dan fasilitas parkir nyaman. Kenyamanan pengunjung ditunjang pelayanan parkir prima. Tujuan dari penelitian ini adalah Mengetahui penerapan pelayanan parkir di Pasar Pelangi Marina Kabupaten Wakatobi, Mengetahui minat berbelanja konsumen di pasar tersebut, dan Menganalisis hubungan pelayanan parkir terhadap minat belanja konsumen menurut perspektif Ekonomi Syariah. Dalam penelitian ini menggunakan metodologi penelitian lapangan dengan pendekatan deskriptif kualitatif, yang dilaksanakan di Pasar Pelangi Marina, Kelurahan Wanci, Kecamatan Wangi-Wangi, Kabupaten Wakatobi. Data yang digunakan terdiri dari data primer dan sekunder, yang dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil Penelitian ini menunjukkan, Pelayanan parkir yang diterapkan oleh Dinas Perhubungan Wakatobi telah sesuai dengan harapan konsumen dan mempengaruhi minat belanja mereka secara positif, Minat belanja konsumen tinggi, terlihat dari antusiasme pengunjung dan volume penjualan harian yang signifikan, dan Pelayanan parkir telah mencerminkan prinsip-prinsip Ekonomi Syariah seperti keadilan, keseimbangan, kemaslahatan, dan amanah. Hal ini selaras dengan QS. Al-Mutaffifin/83:1-3, yang menekankan pentingnya kejujuran dalam pelayanan. Pelayanan parkir yang jujur dan adil menjaga keberkahan pasar serta meningkatkan kepercayaan dan minat konsumen.
References
Agustina Serigar, L. (2023). Penerapan tarif parkir di Pasar Raya Sangkumpal Boning Kota Padangsidimpuan ditinjau dari prinsip-prinsip hukum ekonomi syariah (Skripsi, Universitas Islam Negeri Padangsidimpuan).
Iqbal Sabana, M. (2015). Penerapan pengaturan tarif retribusi parkir berdasarkan Perda Nomor 2 Tahun 2012 Kota Parepare tentang retribusi jasa umum (Perspektif Siyasah Dusturiyah) (Skripsi, IAIN Parepare).
Imron Mustafa, Analisis Etika Bisnis Islam terhadap Penarikan Tarif Parkir di Kawasan Parkir Gratis di Alfamidi, Bluru Kidul, (Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, UIN Sunan Ampel Surabaya, Vol. 5 No. 2, 2023), hal. 185.
Ismail Suardi Wekke dkk, 2019 “Metode Penelitian Sosial”, (CV Adi Karya Mandiri).
Kementrian Agama Ri 2018 “Al-Qur’an Cordoba”, (Bandung ; PT Cordoba Internasional Indonesia).
Kholid, M. (2018). Prinsip-prinsip hukum ekonomi syariah dalam Undang-Undang tentang Perbankan Syariah. Asy-Syari‘Ah, 20(2).
Meliana Simangunsong, 2022 “Perngaruh Kualitas Pelayanan Dan Persepsi Harga Terhadap Kepuasan Jasa Parkir Pada Pt. Centre Park Di Suzuya Plaza Tanjung Morawa”, Jurnal Global Manajemen, Universitas Darma Agung, Medan Vol, 11. No, 1.
Mursal, 2015 “Implementasi Prinsip-Prinsip Ekonomi Syariah: Alternatif Mewujudkan Kesejahteraan Berkeadilan”, Jurnal Perspektif Ekonomi Darussalam, Dosen Tetap Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat Vol 1, Nomor 1.
Mardalis, 2002 “Metode Penelitian, Suatu Pendekatan Proposal”, ( Jakarta : Bumi Aksara).
Mukhamad Saekan, 2010 “Metodologi Penelitian Kualitatif, Nora Media Enterprise” (Kudus).
R Bogdan dan S.K Biklen, 2017 "Qualitative Research For Education (New York : Syracuse University)”, Edisi ke-6.
S. Nasution, Metode Research, (Jakarta: Bumi Aksara, 2012), hal. 143.
Wayan Diasa. (2019). Evaluasi kinerja ruang parkir RSUP Sanglah Denpasar (Studi kasus: Parkir RSUP Sanglah Denpasar). Jurnal Fakultas Teknik Universitas Ngurah Rai, 11(2).
Zulkarnaen, W., Amin, N. N. (2018). Pengaruh Strategi Penetapan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi), 2(1), 106-128.
Copyright (c) 2025 Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.