PENGARUH SIKAP DAN PENDIDIKAN KEUANGAN DI KELUARGA TERHADAP PERILAKU PENGELOLAAN DENGAN PENGETAHUAN KEUANGAN SEBAGAI MODERASI

  • Nisya Argita Tosugi Universitas Kristen Duta Wacana, Yogyakarta

Abstract

Pengelolaan keuangan yang baik merupakan salah satu keterampilan penting yang perlu dimiliki oleh mahasiswa, terutama dalam menghadapi berbagai kebutuhan akademik maupun non-akademik yang memerlukan pengeluaran finansial. Sayangnya, tidak semua mahasiswa memiliki kemampuan untuk mengatur keuangan secara bijak dan terencana. Kondisi ini mendorong perlunya pemahaman lebih dalam mengenai faktor-faktor yang memengaruhi perilaku pengelolaan keuangan mahasiswa. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh sikap keuangan dan pendidikan keuangan di keluarga terhadap perilaku pengelolaan keuangan mahasiswa, dengan mempertimbangkan pengetahuan keuangan sebagai variabel moderasi. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan teknik survei melalui penyebaran kuesioner kepada mahasiswa di wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara purposive sampling, dan diperoleh sebanyak 150 responden sebagai sampel penelitian. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan regresi linear berganda dengan bantuan software SPSS versi 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa baik secara parsial maupun simultan, sikap keuangan dan pendidikan keuangan di keluarga berpengaruh positif terhadap perilaku pengelolaan keuangan mahasiswa. Artinya, semakin baik sikap keuangan seseorang serta semakin tinggi pendidikan keuangan yang diterima dari keluarga, maka semakin baik pula perilaku pengelolaan keuangannya. Namun demikian, hasil juga menunjukkan bahwa pengetahuan keuangan tidak mampu memoderasi hubungan antara sikap keuangan dan perilaku pengelolaan keuangan. Kesimpulannya, meskipun sikap dan pendidikan keuangan mendukung pengelolaan keuangan, rendahnya pengetahuan keuangan dapat melemahkan pengaruh positif tersebut.

References

Amanah, H., Santoso, I., & Rahman, F. (2016). Positive financial attitudes reflecting individual control over financial decisions. Jurnal Keuangan dan Perilaku, 4(1), 1–14.
Anderson, A. B., Smith, C. D., & Johnson, E. F. (2023). Positive financial attitudes and rational decision-making. Journal of Financial Behavior and Attitude, 12(2), 45–60.
Azizah, N., & Prasetyo, M. (2022). When financial knowledge fails: the role of attitude and familial environment as moderators. Journal of Consumer Education, 14(3), 98–110.
Bottazzi, L., & Lusardi, A. (2021). Stereotypes in financial literacy: Evidence from PISA. Journal of Corporate Finance, 71, 1027.
Chen, W., & Zhao, X. (2023). Family financial education and its effects on student financial literacy and money management skills. International Journal of Consumer Studies, 47(1), 23–37.
Martinez, N., Lopez, R., & Patel, S. (2024). Financial knowledge as a moderator of attitude and education on financial behavior. Journal of Behavioral Finance, 15(1), 10–25.
Mindrila, D. (2024). Bayesian structural equation modeling: Goodness of fit and estimation precision across sample sizes. Preprints. https://doi.org/10.20944/preprints202405.0065.v
OECD. (2020). OECD/INFE International Survey of Adult Financial Literacy Competencies: Tool and Guidelines. OECD Publishing.
Prasetyo, A., & Wulandari, T. (2023). Selfcontrol dynamics among students: positive financial attitudes reducing consumptive behavior. Journal of Student Financial Behavior, 5(1), 30–42.
Rohma, S. (2023). Pengaruh sikap keuangan terhadap perilaku pengelolaan keuangan mahasiswa. Jurnal Ekonomi Pendidikan, 9(2), 112–128.
Selcuk, E. (2015). Parental financial socialization: direct and indirect impacts on adult child financial skills. Children and Youth Services Review, 58, 35–47.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suratno, D. (2021). Teladan dan pengarahan orang tua: pengaruhnya terhadap keterampilan pengelolaan keuangan anak dewasa. Jurnal Ilmu Pendidikan Finansial, 10(2), 50–68.
Sustiyo, J. (2020). Apakah literasi keuangan memengaruhi perilaku konsumsi generasi Z? Imanensi: Jurnal Ekonomi, Manajemen, dan Akuntansi Islam, 5(1), 25–34.
Syuliswati, A. (2020). Pendidikan pengelolaan keuangan keluarga, gaya hidup, pembelajaran serta pengaruhnya terhadap literasi keuangan. Akuntansi Bisnis dan Manajemen (ABM), 27(1), 53–64.
Walugembe, M. D., Osunsan, O. K., Kisuule, D., & Kiwabudde, N. (2025). AgeRelated Effects on Financial Literacy, Personal Financial Management, and Utilization of Financial Products Among YSave MultiPurpose Cooperative Members in Uganda. Journal of Financial Behavior, xx(xx), xx–xx.
Yunista, R., & Anam, K. (2021). Sikap keuangan dan perilaku pengelolaan keuangan mahasiswa: suatu pendekatan empiris. Jurnal Manajemen Keuangan, 8(3), 215–230.
Zulkarnaen, W., Fitriani, I., & Yuningsih, N. (2020). Pengembangan Supply Chain Management Dalam Pengelolaan Distribusi Logistik Pemilu Yang Lebih Tepat Jenis, Tepat Jumlah Dan Tepat Waktu Berbasis Human Resources Competency Development Di KPU Jawa Barat. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi), 4(2), 222-243. https://doi.org/10.31955/mea.vol4.iss2.pp222-243.
Published
2025-09-30
How to Cite
Tosugi, N. (2025). PENGARUH SIKAP DAN PENDIDIKAN KEUANGAN DI KELUARGA TERHADAP PERILAKU PENGELOLAAN DENGAN PENGETAHUAN KEUANGAN SEBAGAI MODERASI. Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA), 9(3), 894-906. https://doi.org/10.31955/mea.v9i3.6339
Section
Articles