PENGARUH GREENWASHING PERCEPTION DAN ENVIRONMENTAL AWARENESS TERHADAP REPURCHASING INTENTION PRODUK COCA-COLA KEMASAN BOTOL DALAM PERSPEKTIF ETIKA BISNIS ISLAM

STUDI PADA MASYARAKAT BANDAR LAMPUNG

  • Ratu Tria Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung, Lampung
  • Fatih Fuadi Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung, Lampung
  • Mia Selvina Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung, Lampung

Abstract

Kepedulian konsumen terhadap produk ramah lingkungan semakin meningkat, dengan banyak yang bersedia membayar lebih untuk mendukung keberlanjutan. Hal ini mendorong perusahaan untuk meluncurkan kampanye produk yang berfokus pada lingkungan, didukung oleh komunitas seperti Trash Hero dan Zero Waste Indonesia yang aktif dalam edukasi dan aksi nyata. Namun, isu polusi plastik, di mana Indonesia merupakan salah satu penghasil terbesar, menuntut perhatian lebih. Meskipun banyak perusahaan, termasuk Coca-Cola, mengklaim produk mereka ramah lingkungan, praktik greenwashing sering kali merusak kepercayaan konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi pengaruh greenwashing perception dan environmental awareness terhadap repurchasing intention produk Coca-Cola kemasan botol dalam perspektif etika bisnis Islam. Metode yang digunakan adalah kuantitatif dengan alat analisis SmartPLS 4. Pengambilan sampel dilakukan dengan metode Non Probability Sampling jenis purposive sampling terhadap 100 responden di Kota Bandar Lampung. Data dikumpulkan melalui kuesioner Secara Online dan dianalisis dengan uji validitas, reliabilitas, uji hipotesis, uji t, dan analisis koefisien determinasi. Hasil menunjukkan bahwa greenwashing perception berpengaruh negatif dan signifikan terhadap repurchasing intention, sementara environmental awareness berpengaruh positif dan signifikan terhadap repurchasing intention. Penelitian ini menyarankan agar perusahaan lebih transparan dalam inisiatif keberlanjutan dan konsumen lebih kritis dalam mengevaluasi klaim ramah lingkungan, terutama dalam konteks nilai-nilai Islam yang menekankan tanggung jawab sosial dan lingkungan.

References

Abu Bakar, R. (2021) Pengantar Metodologi Penelitian. SUKA-Press UIN Sunan Kalijaga.
Anugrahi Putri Ziyadatin Ilmi et al. (2025) ‘Perilaku Konsumtif Menurut Etika Bisnis Islam’, Jurnal Ekonomi, Akuntansi, dan Perpajakan, 2(1), pp. 136–149. Available at: https://doi.org/10.61132/jeap.v2i1.811.
Ariescy, R.R., Amriel, E.E.Y. and Anindita, R. (2019) ‘Pengaruh Iklan Hijau Dan Kesadaran Lingkungan Terhadap Minat Beli Dan Keputusan Pembelian Air Mineral Merek Ades Di Kabupaten Jember’, Jurnal MEBIS (Manajemen dan Bisnis), 4(2), pp. 142–149. Available at: https://doi.org/10.33005/mebis.v4i2.64.
Chaerul, M. et al. (2021) Pengantar Teknik Lingkungan, Yayasan Kita Menulis.
chandra eric, D. and Novita, N. (2024) ‘Negative Marketing in The SoftdrinkIndustry: The Effect of Greenwashing Perceptions on Purchase Intention Through Brand Image on Sprite’, Dinasti International Journal of Digital Business And Management, 5(4), pp. 814–822. Available at: https://doi.org/: https://doi.org/10.31933/dijdbm.v5i4.
Fahmi, M. (2024) ‘Pengaruh Environmental Knowledge Dan Environmental Awareness Terhadap Green Purchase Intention Pada Konsumen Galon Le Mineral sekali pakai’, Neraca Manajemen, Ekonomi, 4(1).
Fuadi, F., Fachri, A. and Amelia, F. (2024) ‘Pengaruh Direct Marketing terhadap Keputusan Pembelian pada Live Streaming Tiktok dengan Kepercayaan sebagai Variabel Moderasi dalam Perspektif Bisnis Islam’, Journal of Islamic Economics and Finance, 2(2), pp. 171–197. Available at: https://doi.org/10.59841/jureksi.v2i2.1137.
Hadani, A.L. (2020) ‘Analisis Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Minat Beli Ulang’, Jurnal sains pemasaran indonesia, 8(3), pp. 270–282.
Hamidah, W. (2022) Aperan Dinas Lingkungan Hidup Kota Bandar Lampung Dalam Penanganan Sampah Di Tepi Jalan Perspektif Fiqh Siyasah (Studi di Dinas Lingkungan Hidup Kota Bandar Lampung), skripsi. universitas islam negeri raden intan lampung.
Hendarto, S.P. (2024) Pengaruh Greenwashing Perception Terhadap Green Purchase Intention Produk Kemasan Ramah Lingkungan Pada Konsumen Muslim Indonesia Yang Dimediasi Oleh Green Concern Dan Dimoderasi Oleh Religiosity, Tesis Magister. universitas telkom.
Kristando, L.M. and Indarwati, T.A. (2021) ‘Pengaruh Kesadaran Lingkungan Dan Shared Value Corporate Social Responsibility Terhadap Niat Beli Ulang Kfc Indonesia’, Jurnal Muara Ilmu Ekonomi dan Bisnis, 5(1), p. 134. Available at: https://doi.org/10.24912/jmieb.v5i1.9340.
Kristiana, R. and Aqmala, D. (2023) ‘Pengaruh Kesadaran Lingkungan, Kepedulian Lingkungan,Pengetahuan Produk dan Kesediaan Membayar Terhadap MinatPembelian Produk Ramah Lingkungan Pada “The Body Shop” Di KotaSemarang’, Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Bisnis, 16(2), pp. 422–436.
Kusuma, O.A. (2024) ‘Telaah Fenomena Greenwashing oleh Perusahaan dari Perspektif Teori Etis Telaah Fenomena Greenwashing oleh Perusahaan dari Perspektif Teori Etis Immanuel Kant’, (Agustus), pp. 1–16.
Lam, A.Y.C., Lau, M.M. and Cheung, R. (2016) ‘Modelling the Relationship among Green Perceived Value, Green Trust, Satisfaction, and Repurchase Intention of Green Products’, Contemporary Management Research, 12(1), pp. 47–60. Available at: https://doi.org/10.7903/cmr.13842.
Leggett, Theo., & Edser, N. (2023) Coca-Cola and Nestle accused of misleading eco claims. BBC News., 7 november. Available at: https://feeds.bbci.co.uk/news/business-67343893.
Lin, Z. (2022) ‘Reasons and analysis of Coca-Cola’s greenwashing’, BCP Business & Management, 33. Available at: https://doi.org/10.54691/bcpbm.v33i.2714.
News, A. (2023) Federasi Eropa: Klaim ramah lingkungan pada botol minuman menyesatkan, Antara. Available at: https://www.antaranews.com/berita/3812196/federasi-eropa-klaim-ramah-lingkungan-pada-botol-minuman-menyesatkan (Accessed: 7 November 2025).
Nyilasy, G., Gangadharbatla, H. and Paladino, A. (2014) ‘Perceived Greenwashing: The Interactive Effects of Green Advertising and Corporate Environmental Performance on Consumer Reactions’, Journal of Business Ethics, 125(4), pp. 693–707. Available at: https://doi.org/10.1007/s10551-013-1944-3.
Paino, C. (2024) Mongabay situs berita lingkungan. Available at: https://www.mongabay.co.id/2024/09/26/penelitian-indonesia-urutan-ketiga-di-dunia-penghasil-polusi-plastik/.
Rahmawati, A. (2021) ‘perilaku konsumen dalam perspektif islam’, in Idea Press Yogyakarta, p. 27.
Salsabila, D.A. (2024) Dampak Greenwashing Perception Terhadap Consumer’s Green Repurchasing Intention Pada Konsumen Spbu Shell (Model Mediasi Perceived Betrayal Dan Moderasi Environmental Responsibility) Skripsi.
Sanaky, M.M. (2021) ‘Analisis Faktor-Faktor Keterlambatan Pada Proyek Pembangunan Gedung Asrama Man 1 Tulehu Maluku Tengah’, Jurnal Simetrik, 11(1), pp. 432–439. Available at: https://doi.org/10.31959/js.v11i1.615.
Sánchez, M.J. and Lafuente, R. (2010) ‘Defining and measuring environmental consciousness’, Revista Internacional de Sociologia, 68(3), pp. 731–755. Available at: https://doi.org/10.3989/ris.2008.11.03.
Septiana, A. (2015) ‘Analisis Perilaku Konsumsi Dalam Islam’, Dinar, 2(Januari), p. 18.
Setiawan, B. and Yosephani, A. (2022) ‘The linkage of greenwashing perception and consumers ’ green purchase intention ( A case study of single-use water bottled )’, Business and Entrepreneurial Review, 22(April), pp. 85–96. Available at: https://www.trijurnal.lemlit.trisakti.ac.id/index.php/ber/article/view/13796.
Sihombing, P.R. et al. (2024) Aplikasi Smartpls 4.0 Untuk Statistisi Pemula.
Suryana, P. and Dasuki, E.S. (2013) ‘Analisis Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian dan Implikasinya pada Minat Beli Ulang’, Trikonomika, 12(2), p. 190. Available at: https://doi.org/10.23969/trikonomika.v12i2.479.
Taufiq, H. (2024) ‘Nilai-Nilai Ekonomi Dan Etika Bisnis Dalam Perspektif Islam’, EL-IQTISHOD Jurnal Kajian Ekonomi Syariah, 1(1), pp. 24–37. Available at: http://www.fao.org/3/I8739EN/i8739en.pdf%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.adolescence.2017.01.003%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.childyouth.2011.10.007%0Ahttps://www.tandfonline.com/doi/full/10.1080/23288604.2016.1224023%0Ahttp://pjx.sagepub.com/lookup/doi/10.
Wardhana, A. (2024) Manajemen Pemasaran, Berbasis Pelanggan. Available at: http://widhadyah.lecture.ub.ac.id/files/2012/03/PE3_Teori-Perilaku-Konsumen.Pdf.
Wilyana, M. et al. (2023) ‘Pengaruh Green Product, Green Promotion Terhadap Environmental Awareness dan Keputusan Pembelian Air Mineral AQUA’, Jurnal Bisnis Terapan ISSN: 2828-7975, 3(1), pp. 45–54.at: https://ejournal.pelitaindonesia.ac.id/ojs32/index.php/lucrum/article/view/3361/1213.
Yazdanifard, R. and Mercy, I.E. (2011) ‘The impact of Green Marketing on Customer satisfaction and Envi- ronmental safety’, International Conference on Computer Communication and Management, 5(January 2011), pp. 637–641.
Zhang, L. et al. (2018) ‘The influence of greenwashing perception on green purchasing intentions: The mediating role of green word-of-mouth and moderating role of green concern’, Journal of Cleaner Production, 187, pp. 740–750. Available at: https://doi.org/10.1016/j.jclepro.2018.03.201.
Published
2025-10-15
How to Cite
Tria, R., Fuadi, F., & Selvina, M. (2025). PENGARUH GREENWASHING PERCEPTION DAN ENVIRONMENTAL AWARENESS TERHADAP REPURCHASING INTENTION PRODUK COCA-COLA KEMASAN BOTOL DALAM PERSPEKTIF ETIKA BISNIS ISLAM. Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA), 9(3), 1173-1197. https://doi.org/10.31955/mea.v9i3.6383
Section
Articles