ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN PEMBELIAN TERHADAP PADA MARKETPLACE TOKOPEDIA DI KOTA MEDAN
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh kualitas produk, brand image, promosi, dan ulasan terhadap keputusan pembelian konsumen pada platform Tokopedia di Kota Medan. Fenomena yang melatarbelakangi penelitian ini adalah posisi Tokopedia yang berada pada urutan kedua dalam jumlah kunjungan, di bawah Shopee sebagai pesaing utama, meskipun Tokopedia masih lebih unggul dibandingkan dengan marketplace lainnya. Persaingan tersebut menunjukkan adanya dinamika dalam perilaku konsumen yang dipengaruhi oleh berbagai faktor, khususnya kualitas produk, citra merek, promosi, serta ulasan dari pengguna lain. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan sampel sebanyak 100 responden yang berdomisili di Kecamatan Medan Marelan, dipilih melalui teknik accidental sampling. Analisis data dilakukan dengan metode regresi linier berganda untuk mengetahui pengaruh parsial maupun simultan dari variabel independen terhadap keputusan pembelian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial kualitas produk, brand image, promosi, dan ulasan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen. Sementara itu, secara simultan keempat variabel tersebut secara bersama-sama juga terbukti memberikan pengaruh terhadap keputusan pembelian. Dengan demikian, penelitian ini menegaskan bahwa keberhasilan Tokopedia dalam meningkatkan keputusan pembelian konsumen tidak hanya ditentukan oleh kualitas produk yang ditawarkan, tetapi juga oleh kemampuan membangun citra merek yang kuat, melakukan strategi promosi yang efektif, serta memfasilitasi ulasan positif dari konsumen sebagai bentuk kepercayaan dan pertimbangan dalam keputusan membeli.
References
Astuti, W. S., Reny, A., Tandiono, D., & Calvin, C. (2023). Harga, Promosi, Ulasan dan Foto Produk terhadap Keputusan Pembelian E-Commerce. Journal of Management and Bussines (JOMB), 5(1), 159–176. https://doi.org/10.31539/jomb.v5i1.5246
Choirunisa, E., & Hanif, R. (2023). Pengaruh Promosi Dan Brand Ambassador Terhadap Keputusan Pembelian Di Tokopedia. Value : Jurnal Manajemen Dan Akuntansi, 18(2), 591–605. https://doi.org/10.32534/jv.v18i2.4276
Faradita, P. A., Widjajanti, K., Manajemen, J., Ekonomi, F., & Semarang, U. (2023). PENGARUH ONLINE CUSTOMER REVIEW , HARGA DAN KUALITAS Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh online customer review , harga , kualitas produk terhadap keputusan pembelian melalui marketplace Tokopedia pada pengguna Tokopedia diko. SOLUSI : Jurnal Ilmiah Bidang Ilmu Ekonomi, 21(2), 543–554.
Fuadli, D. K., & Padmantyo, S. (2024). JIMEA | Jurnal Ilmiah MEA ( Manajemen , Ekonomi , dan Akuntansi ). Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, Dan Akuntansi), 8(2), 38–51. https://journal.stiemb.ac.id/index.php/mea/article/view/4102
Heriyanto, Rachma, N., & Asiyah, S. (2020). Pengaruh Kualitas Produk, Harga dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Online Shop Bukalapak (Studi Kasus Mahasiswa Feb Angkatan 2016 Universitas Islam Malang). E – Jurnal Riset Manajemen Prodi Manajemen, 9, 56–72. http://riset.unisma.ac.id/index.php/jrm/article/view/9161
Mulyana. (2021). Pengaruh Harga dan Ulasan Produk Terhadap Keputusan PembelianProduk Fashion Secara Online Pada Shopee di Pekanbaru. Jurnal Daya Saing, 7(2).
Namiroh, H. A., & Ahmadi, M. A. (2024). Pengaruh Citra Merek dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian MS Glow di Solo. Lokawati : Jurnal Penelitian Manajemen Dan Inovasi Riset, 3(1), 217–224. https://doi.org/10.61132/lokawati.v3i1.1487
Purnama, L. W., & Novitasari, D. (2022). Brand Image Pemediasi Pengaruh Advertising Dan Brand Ambassador Idol K-Pop Pada Keputusan Pembelian Di Tokopedia. Jurnal Riset Akuntansi Dan Bisnis Indonesia, 2(2), 418–435. https://doi.org/10.32477/jrabi.v2i2.476
Putri, R. A., & Edastama, P. (2023). Pengaruh Kualitas Layanan, Kualitas Produk dan Harga Melalui Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian di Outlet Coffee Shop Pada Generasi Z. Jurnal Riset Dan Inovasi Manajemen, 1(4), 165–177. https://doi.org/10.59581/jrim-widyakarya.v1i4.1457
Restuti, N., & Kurnia, M. (2022). Pengaruh Harga, Ulasan Produk, Kemudahan Transaksi, Kualitas Informasi dan Kepercayaan Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kecantikan Secara Online Pada Marketplace Shopee. Borobudur Management Review, 2(1), 24–40. https://doi.org/10.31603/bmar.v2i2.6817
Rukmayanti, R., & Fitriana, F. (2022). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Fokus Manajemen Bisnis, 12(2), 206–217. https://doi.org/10.12928/fokus.v12i2.6671
Salsabila, F., Hidayat, W., & Nugraha, H. S. (2022). Pengaruh E-Service Quality dan Brand Image terhadap Keputusan Pembelian pada E-Commerce Tokopedia (Studi pada Mahasiswa Universitas Diponegoro). Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 11(2), 265–271. https://doi.org/10.14710/jiab.2022.34567
Shihab, M. R., & Siregar, S. (2023). Pengaruh Brand Image dan Flash Sale ( Penjualan Kilat) Terhadap Keputusan Pembeli Pada Aplikasi Tokopedia (Survey Pada Followers Tiktok Tokopedia 2022). Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 9(8), 745–754. https://media.neliti.com/media/publications/395717-pengaruh-flash-sale-promotion-dan-discou-73ccc060.pdf
Sugiharto, N. A., Nurhayati, N., & Madani, F. (2021). Pengaruh Reputasi dan Ulasan Pelanggan Online terhadap Proses Keputusan Pembelian Konsumen: Survei Pengunjung Tokopedia. Jurnal Bisnis Dan Pemasaran, 11(2), 1–13. https://ejurnal.ulbi.ac.id/index.php/promark/article/view/1709
Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. In Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D.Bandung:Alfabeta. Bandung:Alfabeta. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004
Sunahwati, E., Maarif, M. S., & Sukmawati, A. (2019). Human Resources Development Policy as a Strategy for Improving Public Organizational Performance. JKAP (Jurnal Kebijakan Dan Administrasi Publik), 23(1), 50. https://doi.org/10.22146/jkap.37957
Veronika, V., & Nainggolan, N. P. (2022). Pengaruh Promosi, Atribut Produk, Dan Loyalitas Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Di Tokopedia. Eqien - Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 11(04). https://doi.org/10.34308/eqien.v11i04.1272
Wang, L., Yan, Q., & Chen, W. (2019). Drivers of purchase behavior and post-purchase evaluation in the Singles’ Day promotion. Journal of Consumer Marketing, 36(6), 835–845. https://doi.org/10.1108/JCM-08-2017-2335
Yusda, D. D., Sari, P. N., & Ekatama, M. R. (2020). Pengaruh Harga, Promosi Dan Kepercayaan Terhadap Keputusan Pembelian Produk Y.O.U. Enterpreneuer Dan Bisnis (JEBI), 1(2), 122–129.
Copyright (c) 2025 Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.














