ANALISIS PENGARUH KONTEN DIGITAL DAN INFLUENCER TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK UMKM DI KABUPATEN SOPPENG

  • Zh Nurul Kusumawardhani STMIK Amika Soppeng, Watansoppeng
  • Sri Wulandari STMIK Amika Soppeng, Watansoppeng
  • Kasmirandi Kasmirandi STMIK Amika Soppeng, Watansoppeng

Abstract

Transformasi digital mendorong pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) untuk mengadopsi strategi pemasaran berbasis media sosial guna meningkatkan daya saing, terutama di wilayah seperti Kabupaten Soppeng. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh konten digital dan influencer terhadap keputusan pembelian produk UMKM, dengan fokus pada jenis konten (informatif, emosional, persuasif) serta atribut influencer (keaslian, daya tarik, dan keahlian). Pendekatan yang digunakan adalah kuantitatif dengan desain explanatory Research, menggunakan kuesioner tertutup yang dibagikan kepada 100 responden yang merupakan konsumen aktif produk UMKM digital. Data dianalisis menggunakan regresi berganda linier untuk menguji hubungan antarvariabel secara simultan dan parsial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konten digital dan influencer berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian, dengan nilai koefisien determinasi sebesar 48,2%, menandakan adanya kontribusi signifikan dari kedua variabel tersebut terhadap perilaku konsumen. Secara parsial, konten digital memiliki pengaruh lebih besar dibandingkan influencer, namun keduanya saling melengkapi dalam membentuk persepsi dan niat membeli. Penelitian ini memberikan kontribusi interpretasi dalam penguatan model komunikasi pemasaran digital berbasis lokal serta kontribusi praktis dalam penyusunan strategi UMKM digital melalui pemanfaatan konten dan pemilihan influencer yang sesuai dengan karakteristik pasar lokal. Temuan ini relevan dengan kebijakan pengembangan dan praktik pemasaran digital yang lebih inklusif dan kontekstual dalam mendukung pemberdayaan UMKM di era ekonomi digital

References

Andriyani, Y., & Zulkarnaen, W. (2017). Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Mobil Toyota Yaris Di Wijaya Toyota Dago Bandung. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi), 1(2), 80-103. https://doi.org/10.31955/mea.vol1.iss2.pp80-103.
Ardani Wayan. (2022). Pengaruh Digital Marketing Terhadap Perilaku Konsumen. Jurnal Tadbir Peradaban, 2(1), 40–47.
Bui, T. T., Tran, Q. T., Alang, T., & Le, T. D. (2023). Examining the relationship between digital content marketing perceived value and brand loyalty: Insights from Vietnam. Cogent Social Sciences, 9(1), 1–15. https://doi.org/10.1080/23311886.2023.2225835
Febry Nawacatur Kurnia Sari, & Lilik Wahyudi. (2023). Pengaruh Iklan Yang Viral, Motivasi Dan Kebiasaan Di Media Sosial Terhadap Niat Beli Pelanggan. Seminar Nasional Pariwisata Dan Kewirausahaan (SNPK), 2, 419–432. https://doi.org/10.36441/snpk.vol2.2023.149
Khalidah, N. D., Asiyah, S., & Ridwan Basalamah, M. (2023). The Influence of Video Marketing, User Generated Content on Purchase Intention through Brand Awareness as Intervening Variables. Budapest International Research and Critics Institute Journal, 6(1), 561–572.
Nuseir, M. T., Aljumah, A. I., & El-Refae, G. A. (2022). Digital marketing and public relations: A way to promote public relations value. International Journal of Data and Network Science, 6(4), 1331–1340. https://doi.org/10.5267/j.ijdns.2022.6.002
Samara, A., Susanti, M. S., & Adhani, I. (2025). Peran Media Sosial dalam Meningkatkan Minat Beli Konsumen terhadap Produk Brand Lokal di Tangerang. 2(3).
Suhita, S. U., Rosyada, F. A., & Rifani, M. (2022). Pengaruh Media Sosial Dalam Strategi Pemasaran Produk Pada Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Sahmiyya, 1(2), 229–236. https://e-journal.uingusdur.ac.id/index.php/sahmiyya/article/view/5799
Wulandari, R., & Veri, J. (2025). SYSTEMATIC LITERATURE REVIEW : STRATEGI PENINGKATAN DAYA SAING UMKM MELALUI E-COMMERCE. 6(5), 8537–8547.
Published
2025-11-30
How to Cite
Kusumawardhani, Z., Wulandari, S., & Kasmirandi, K. (2025). ANALISIS PENGARUH KONTEN DIGITAL DAN INFLUENCER TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK UMKM DI KABUPATEN SOPPENG. Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA), 9(3), 2051-2058. https://doi.org/10.31955/mea.v9i3.6556
Section
Articles