PENGARUH PENGETAHUAN MEREK HUJAU DAN SIKAP TERHADAP MEREK HIJAU TERHADAP NIAT PEMBELIAN HIJAU PADA PRODUK TROPICANA SLIM DI KOTA BANDUNG
Abstrak
Dalam beberapa tahun terakhir produk Tropicana Slim menjadi top brand untuk kategori pemanis pengganti gula. Disamping itu tejadi penurunan penjualan produk Tropicana Slim di Jawa Barat dari 2017 sampai 2019. Lokasi penelilitan ini berada dikota Bandung karena kota Bandung merupakan ibukota dari provinis Jawa Barat dan salah satu kota hijau yang berada di Indonesia. Penelitian bertujuan unutk mengetahu Pengetahuan merek hujau dan Sikap terhadap merek hijau terhadap Niat pembelian hijau pada Poruk Tropicana Slim dikota Bandung.Penelitian ini mengguanakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif kausalitas. Pengambilan sampel mengguanakn Nonprobality Sampling dengan jumlah responden 100 orang. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif, Analisis Regresi Linear Berganda, Method of Succsesive Interval (MSI) dan Uji Asumsi Klasik.
Berdasarkan hasli analisis deskriptif, variabel Pengetahuan merek hujau, Sikap terhadap merek hijau dan Niat pembelian hijau termasuk kedalam kategori baik. Berdasarkan hasil analisis kusalitas bahwa variabel Pengetahuan merek hujau dan Sikap terhadap merek hijau berpengaruh positif dan signifikan baik secara simultan maupun parsial terhadap Niat pembelian hijau. Berdasarkan koefesien determinasi bawha Pengetahuan merek hujau dan Sikap terhadap merek hijau dapat mempengaruhi Niat pembelian hijau sebesar 56,9% dan sisanya sebesar 43,1% dipengaruhi oleh factor-faktor yang tidak ditelti pada penelitian ini.
Kata Kunci : Pengetahuan merek hujau, Sikap terhadap merek hijau, Niat pembelian hijau
Referensi
Ardeno (2018). The Impact Of Green Brand Positioning, Attitude, And Green Knowledge Towatd Green Product Purchase Intention (A Survey on The User of Eco-Friendly Plastic Bags of Green Retail Stores in Bandar Lampung City)
Aulia & Yuliati (2017). The Effects of Green Brand Positioning, Pengetahuan merek hujau, and Attitude towards Green Brand on Green Products Purchase Intention. 36 548-557
Ganapathy, S.P., Natarajan, J., Gunasekaran, A. and Subramanian, N. (2014), “Influence of eco-innovation on Indian manufacturing sector sustainable performance”, International Journal of Sustainable Development and World Ecology, Vol. 21 No. 3,
Hanjani dan Widodo (2019). Minat Beli Konsumen : Dampak Green Brand dan Green Knowledge Pada Perusahaan Nestle Indonesia.
Huang et al (2014). Effects of green brand on niat pembelian hijau 32(5) (250-268)
Irmma & Budi (2015). Pengaruh Ekonomi Industri Makanan dan Minuman di Indonesia tahun 2009-2013, 23(1) 37-54.
Kashi (2019). A Conceptual Model OF Factor Influencing Green Purchase Of Iranian Consumers,
Kotler, P., & Armstrong, G. (2018). Principles of Marketing 17th Edition: Global Edition. England: Pearson Education Limited.
Laksita dan Widodo (2020). Pengaruh Coeporate Social Responsibilty Terhadap Minat Beli Konsumen Melalui Green Brand Sebagai Variabel Mediator Pada PT Nutrifood Indeonesia, Di ambil dari Open Liblary Telkom University
Lee, Yung-Hsin,. Chen, Shui-Lien. (2019). Effect Of Green Attributes Transparency On Wta For Green Cosmetics: Mediating Effects Of Csr And Green Brand Concepts. Sustainability 2019, 11, 5258; Doi:10.3390/Su11195258
Nasution (2017) Pengaruh Green Perceived Risk Terhadap Niat pembelian hijau Yamg Dimediasi Oleh Green Trust (Studi Pada Produk Lampu Philips LED di Kota Bandung)
Oktaviani & Yusiana (2019). Pengaruh Green Knowledge Dan Green Brand Positioning Terhadap Niat pembelian hijau Di Restoran Kehidupan Tidak Pernah Berkahir Kota Bandung 2019. 5(3) 1869-1875
Pramudita (2020). Efesiensi Saluran Distribusi Area Pemasaran Tropicana Slim Indonesia Di Pulau Jawa Menggunakan Data Envelopment Analysis 11(1) 1-6
Putri dan Indrawati (2018). Pengaruh Pengetahuan merek hujau dan Sikap terhadap merek hijau Terhadap Hubungan Green Brand Dengan Niat pembelian hijau Pada Studi Kasus Tupperware di Kota Bandung.
Rahmat et, al (2018). Hubungan Aktifitas Fisik Dengan Kejadian Obesitas Pada Wanita di Kota Malang, 7(2).
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&. Bandung: CV
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&. Bandung: CV
Sujarweni, W. V. (2015). Statistika untuk Bisnis dan Ekonomi. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.
Suki (2016) Green product purchase intention: impact of green brands, attitude, and knowledge In Malaysia,
Thøgersen, J., Dutra de Barcellos, M., Gattermann Perin, M. and Zhou, Y. (2015), “Consumer buying motives and attitudes towards organic food in two emerging markets”, International Marketing Review, Vol. 32 No. 3/4, pp. 389-413.
Tristiani et al (2019) Pengaruh Green Brand Positioning, Sikap terhadap merek hijau Dan Pengetahuan merek hujau Terhadap Niat pembelian hijau Pada Motor GESITS DI Kota Jakarta
Zulkarnaen, W., et al., (2018). The Influence of Work Motivation to Work Achievement of Employees in PT. Alva Karya Perkasa Bandung. Jurnal Manajemen, Ekonomi dan Akuntansi, 1(1), 42-62.
##submission.copyrightStatement##
##submission.license.cc.by-nc4.footer##