ANALISA MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING SEBAGAI SOLUSI PROGRAM PENGEMBANGAN KEWIRAUSAHAAN DAN INKUBATOR BISNIS TEKNOLOGI PADA MASA PANDEMI COVID-19

  • Dede Sujana Politeknik Manufaktur Bandung
  • Supriyadi Sadikin Politeknik Manufaktur Bandung
  • Emma Dwi Ariyani Politeknik Manufaktur Bandung
Kata Kunci: Model Pembelajaraan; Project Based Learning, Kewirausahaan; Inkubator Bisnis; Pandemi Covid-19

Abstrak

Kondisi pandemi covid-19 telah banyak mempengaruhi dunia kesehatan, pendidikan dan ekonomi sehingga berpotensi meningkatkan jumlah pengangguran bagi lulusan perguruanĀ  tinggi khususnya lulusan politeknik. Penelitian ini menyajikan data analisa model pembelajaran Project Based Learning sebagai alternatif solusi penyiapan lapangan kerja dengan berprofesi sebagai wirausahawan baru. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa model pembelajaran Project Based Learning kepada beberapa kelompok mahasiswa Politeknik Manufaktur Bandung yang sedang menjalankan projek kewirausahaan program dari pihak ketiga. Metode penelitian yang dipilih adalah deskriptif analisis yaitu suatu metode yang berfungsi untuk mendeskripsikan atau memberi gambaran terhadap objek yang diteliti melalui data atau sampel yang telah terkumpul sebagaimana adanya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran berbasis proyek (Project based learning) dapat diterapkan dengan baik sebagai solusi program pengembangan kewirausahaan dan inkubator bisnis teknologi (PEKIT) di masa pandemi covid-19.

Kata Kunci: Model Pembelajaraan, Project Based Learning, Kewirausahaan, Inkubator Bisnis, Pandemi Covid-19

Kondisi pandemi covid-19 telah banyak mempengaruhi dunia kesehatan, pendidikan dan ekonomi sehingga berpotensi meningkatkan jumlah pengangguran bagi lulusan perguruanĀ  tinggi khususnya lulusan politeknik. Penelitian ini menyajikan data analisa model pembelajaran Project Based Learning sebagai alternatif solusi penyiapan lapangan kerja dengan berprofesi sebagai wirausahawan baru. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa model pembelajaran Project Based Learning kepada beberapa kelompok mahasiswa Politeknik Manufaktur Bandung yang sedang menjalankan projek kewirausahaan program dari pihak ketiga. Metode penelitian yang dipilih adalah deskriptif analisis yaitu suatu metode yang berfungsi untuk mendeskripsikan atau memberi gambaran terhadap objek yang diteliti melalui data atau sampel yang telah terkumpul sebagaimana adanya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran berbasis proyek (Project based learning) dapat diterapkan dengan baik sebagai solusi program pengembangan kewirausahaan dan inkubator bisnis teknologi (PEKIT) di masa pandemi covid-19.

Kata Kunci: Model Pembelajaraan, Project Based Learning, Kewirausahaan, Inkubator Bisnis, Pandemi Covid-19

Referensi

Arizona, K., Zainal Abidin, Rumansyah. 2020. Pembelajaran Online Berbasis Proyek Salah Satu Solusi Kegiatan Belajar Mengajar Di Tengah Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan.Volume 5 Edisi 1. ISSN (Online): 2620-8326 http://jipp.unram.ac.id/index.php/jipp/article/view/111/99
Chandra, A dan Chao, C. 2011. Growth and evolution of high-technology business incubation in China. Human Systems Management. 30(12): 55-59.
Dianasari, 2020. Model Pembelajaran Berbasis Proyek Dengan Media Video Untuk Pembelajaran Fisika Di SMA
http://lpmplampung.kemdikbud.go.id/po-content/uploads/MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK DENGAN MEDIA VIDEO UNTUK PEMBELAJARAN FISIKA_DI_SMA_2.pdf
Gunadi, Trida. 2012. Model Inkubator Bisnis Dalam Pendidikan Luar Sekolah Perintisan Pengembangan Desa Agroekowisata Berbasis Pemberdayaan Masyarakat. Jurnal Pendidikan Luar Sekolah. Vol.8 No.1.
IBT-Polman Bandung. 2019. Business Plan.Politeknik Manufaktur Bandung.
Idris, Indra. 2012. Panduan Model Pengembangan Inkubator Bisnis. Jakarta: Kementrian Koperasi dan Tenant.
Lestari, D.J., Alis T.P, dan Fuja S.F. 2017. Penerapan Model Project Based Learning untuk meingkatkan kreativitas mahasiswa dalam mata kuliah komposisi tari. JPKS vol.2 no.2, 126-137.
Mahani, Septiana Ayu Estri. 2015. Tinjauan Model Inkubator Bisnis Rintisan (Bisnis Start-Up) di Indonesia. Jurnal Manajemen dan Bisnis (Performa). Vol. XII No.1.
Susilawati, Aay 2016. Penerapan model pembelajaran berbasis proyek berbantuan mind map untuk meningkatkan penguasaan konsep dan sikap peduli siswa terhadap lingkungan pada tema sampah dan penanggulangannya. S2 thesis, Universitas Pendidikan Indonesia. http://repository.upi.edu/25596/.
Sagala syaiful, M.Pd. 2003. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.
https://www.dosenpendidikan.co.id/pembelajaran-berbasis-proyek/
Project Based Learning, Model Pembelajaran Bermakna Di Masa Pandemi Covid 19, http://lpmplampung.kemdikbud.go.id/po-content/uploads/PjBL-edit_cecil_052020.pdf
Thomas, J.W. dkk. 1999. Project Base Learning: A Handbook of Middle and High School Teacher. Novato CA : The Buck Institute for Education.
Wena, M. 2010. Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer (Suatu Tinjauan Konseptual Operasional). Jakarta: Bumi Aksara
Wena, Made. 2011. Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer. Jakarta: Bumi Aksara.
Zulkarnaen, W., et al. (2020). Comparative Study of Tax Policy Related to COVID-19 in ASEAN Countries. International Journal of TEST Engineering & Management. 83(2),6519-6528. https://testmagzine.biz/index.php/testmagzine/article/view/8548
Diterbitkan
2021-04-01