PEMBIAYAAN MUDHARABAH BANK SYARIAH DALAM MEWUJUDKAN TUJUAN EKONOMI ISLAM

  • Agus Koni STEI Al-Amar, Subang
  • Irma Mandasari Hatta STEI Al-Amar, Subang
  • Juhadi . STEI Al-Amar, Subang
  • Wawan Kurniawan STEI Al-Amar, Subang
  • Ade Albayan STEI Al-Amar, Subang
Kata Kunci: Mudharabah, Bank Syariah, Ekonomi Islam

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis implementasi mudharabah pada produk pembiayaan bank syariah dalam rangka mencapai tujuan ekonomi islam. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif eksploratif. Penelitian merupakan kepustakaan yang pengkajiannya dilakukan secara eksploratif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tujuan bank Islam seharusnya menjadi institusi yang memperkenalkan tujuan ekonomi Islam. Institusi bank Islam harus menjunjung tinggi tujuan sosial dan mempromosikan nilai-nilai Islam terhadap para staf, pelanggan dan masyarakat umum, termasuk kontribusi terhadap kesejahteraan sosial masyarakat, mempromosikan pembangunan yang berkelanjutan dan mengurangi kemiskinan. Produk yang paling tepat dikembangkan pada bank syariah yang sesuai dengan tujuan ekonomi Islam adalah pembiayaan berbasis mudharabah. Walaupun ada tantangan tersendiri dalam implementasinya, dalam mudharabah ada dua perjanjian yang dapat dilakukan untuk mengatasinya yakni mudharib diminta untuk memberikan kontribusi modal dan mudharib diminta untuk berbagi dalam kerugian sampai batas tertentu.

Referensi

Arifudin, O. (2019). Pengaruh Kompensasi Terhadap Kinerja Karyawan Di PT. GLOBAL (PT.GM). Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi), 3(2), 184–190.
Arifudin, O. (2020). Analisis Budaya Organisasi Dan Komitmen Organisasi Karyawan Bank Swasta Nasional Di Kota Bandung. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, Dan Akuntansi), 4(2), 73–87.
Dusuki, A. W. (2008). Understanding the Objectives of Islamic Banking : A Survey of Stakeholders Perspective. International Journal of Islamic and Middle Eastern Finance and Management, 1(2).
Fasa, I. (2020). Eksistensi Bisnis Islami Di Era Revolusi Industri 4.0. Bandung : Widina Bhakti Persada.
Firdaus, M. (2005). Konsep & Implentasi Bank Syariah. Jakarta: Renaisan.
Koni, A. (2020). Perilaku Pedagang Padi Ditinjau Dari Sosiologi Ekonomi Islam Dan Etika Bisnis Islam. Value: Jurnal Manajemen Dan Akuntansi, 15(2), 215–223.
Mohammed, M. O. (2013). The Objective of Islamic Economic and Islamic Banking in Light of Maqasid Al-Shari’ah: A Critical Review. Middle-East Journal of Scientific Research 13 (Research in Contemporary Islamic Finance and Wealth Management), 75–84.
Rahayu, Y. N. (2020). Program Linier (Teori Dan Aplikasi). Bandung : Widina Bhakti Persada.
Shaikh, S. A. (2011). A Critical Analysis of Mudarabah & New Approach to Equity Financing in Islamic Finance. Journal of Islamic Banking and Finance, 28(3).
Sofyan, Y. (2020). Studi Kelayakan Bisnis Telur Asin H-Organik. Jurnal Ecodemica, 4(2).
Sudirman, A. (2020). Prilaku konsumen dan perkembangannya di era digital. Bandung: Widina Bhakti Persada.
Veithzal, R. (2008). Islamic Financial Management. Jakarta: RajaGrafindo Persada.
Zulkarnaen, W., Bagianto, A., Sabar, & Heriansyah, D. (2020). Management accounting as an instrument of financial fraud mitigation. International Journal of Psychosocial Rehabilitation, 24(3), 2471–2491. https://doi.org/10.37200/IJPR/V24I3/PR201894
Diterbitkan
2021-01-13