PENGARUH KURS DOLAR, HARGA TEH INTERNASIONAL, HARGA KOPI INTERNASIONAL, PRODUKSI THE INDONESIA DAN GDP JAPAN TERHADAP NILAI EKSPOR TEH INDONESIA KE JAPAN (2001-2018)
Abstract
This study analyzes the Effect of Dollar Exchange Rates, Prices International Tea, International Coffee Prices, Indonesian Tea Production and Japan's Gross Domestic Product (GDP) Against The Export Value Of Indonesian Tea To Japan 2001-2018. The analysis used is multiple linear regression analysis (PLS) using AMOS. The results showed that the dollar exchange rate had a negative and significant effect on the export value of Indonesian tea to Japan, nternational tea prices have a positive and significant effect on the export value of Indonesian tea to Japan, International coffee prices have a negative and insignificant effect on the export value of Indonesian tea to Japan, Indonesian tea production has a positive and significant effect on the value of Indonesian tea exports to Japan and Japan's GDP has a positive and insignificant effect on the value of Indonesian tea exports to Japan.
References
Gugus; dkk, Pengaruh Produksi Nilai Tukar terhadap Volume Expor Jahe Indonesia ke Japan ( 199 4 – 2013 ) J A B; Vol. 25 No.1; 2015.
Ridho, dkk. 201 7. Analisis Expor Kakao Indonesia diPasar Dunia. Jurnal Ilmu Ekonomi Vol.1/Jilid4 / 2017.
Andini & Darwin, M. (2018). Heywood Case Data Statistics : Using The Model Respesification Technique. 74–84.
Ankouw & Junedy. 2013. Pengaruhnya PerubahanhNilaihTukarhRupiahhterhadap Expor Minyk KelapahKasarhdi Sulawesi Utara.
Apridar. EkonomihInternasional: Konsephdan PermasalahanhdalamhAplikasinya. Yogyakarta: Graha Ilmu, 2009.
Assauri&Sofjan. 2013. hManajemen Pemasaran. Jakarta: Rajawali Pers.
Badan Pusat Statistik, 2019. Jakarta.
Choliq, Abdul, 2011, Pengantar Manajemen, Semarang: Rafi Sarana Perkasa.
Daryanto. 2011. Manajemen Pemasaran: Sari Kuliah. Bandung: Satu Nusa.
Deliarnov, 1995, Perkembangan Pemikiran Ekonomi, Jakarta.
Dionita dkk.2015. Pengaruh Produ ksi, Luas perkebunan, Dollar AS, dan Iclim terhadap Expor KacanghMetehIndonesiahBesertahDayaSaingnya. Jurna l E P.
Dominic, Salvator, 1997, Ekonomi Internasional, alih bahasa oleh Haris, Munandar, edisi 5 cetak 1, Erlangga, Jakarta.
Dumairy. 1996. Perekonomian Indonesia. Jakarta: 1996.
Ginting, Ari Mulianta.hPengaruh NilaihTukar TerhadaphEkspor Indonesia. hBuletin IlmiahhLitbang PerdaganganhPusat Pengkajian, hPengolahanhData dan Informasih (P3DI), Bidang Ekonomi dan Kebijakan Publik DPR RI. 2013.
Hani Handoko, 1999, Manajemen, BPFE Yogyakarta, Yogyakarta.
Hasibuan dan Malayu, Manajemen SDM. Jakarta: Gunug Agung PT, 2001
Imam Adlin 2008. Faktor Yang Mempengaruhi Impor Barang Konsumsi Indonesia. Jurnal Ekonomi Pembangunan. Vol.1 No.2: 1-12. Padang: Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Padang.
Iriana, C.R 2004. Strategi Pengembangan Bisnis (Studi Kasus di Perkebunan Gedeh PTPN VIII, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat. Skripsi. Departemen Ilmu-Ilmu Sosial Ekonomi Pertanian. Fakultas Pertanian. Institut Pertanian Bogor.
International Tea Committee. 2003. Annual Bulletin. Inttea Comm.co.uk/ tatsframe.asp. United Kingdom.
Irawati. 1996. Faktor - faktor yang mempengaruhi ekspor teh hitam ndonesia. Skripsi. Departemen Ilmu - Ilmu Sosial Ekonomi Pertanian. Fakultas Pertanian.
Junaedy&Angkouw. 2013. PerubahanhNilaihTukarhRupiahhPengaruhnyahTerhadap EksporhMinyakhKelapa Kasar Di Sulawesi Utara. Jurnal E M B A, 1 ( 3 ), pp: 981-990.
Krugman dkk, Internasional Ekonomi Teori Dan Kebijakan, Jakarta, PT. Indeks kelompok Gramedia. 2005.
Kunawangsih dkk. 2006. AspekhDasarhEkonomihMikro. Jakarta: PT Grasindo.
Lipsey, RG, Steiner, P.O dan Purvis, D, D. 1995. Pengantar Mikro Ekonomi. Jakarta: Erlangga.
Mejaya dkk, 2016. “Pengaruh Produksi, Harga Teh Internasional dan Nilai Tukar Terhadap Volume Ekspor, Study Pada Ekspor Global Teh IndonesiaPeriode Tahun 2010 –2013” Jurnal Administrasi Bisnis, Volume 35, No. 2, 20-29.
Manullang. 1982. Perilaku Organisasi: Konsep Dasar dan Aplikasinya. Cetakan ke 6. Jakarta: PT. Rajawali Press.
Masoumeh dkk, 2012. StudyhonhthehImpacthof ExporthandhImport on Economic GrowthhinhIran. JournalhofhBasichandhAppliedhScientifichResearch.
Pusat Data dan Informasi Kementerian Pertanian. 2019. Buku Outlook Komoditas Perkebunan Teh 2019, Jakarta.
Pusat Data dan Informasi Kementerian Pertanian. 2019. Buku Outlook Komoditas Perkebunan Teh 2018, Jakarta.
R. Terry, George (2006). Prinsip- Prinsip Manajemen. Jakarta: Bumi Aksara.
Samsudin, sadili. (2006), Manajemen Sumber Daya Manusia, cetakan ke -1 Bandung: Pustaka Setia.
Salvatore, Dominick, 2014, Ekonomi international, Salemba Empat, Jakarta. Institut Pertanian Bogor.
Suprihatini (2005). Daya Saing Ekspor Teh Indonesia. Jurnal Agro Ekonomi.
Simajuntak, hPengaruhhProduksi, hHargahInternasionalhdanhNilai Tukar Rupiah Terhadap Volume Ekspor Rumput Laut Indonesia (2009-2014). J A B | Vol. 50 No. 3 September 2017.
Silvant a, Ktu t. Teori Perdagangan Internasional Baru dan Urbanisasi. Jurnal Ekonomi Septenber 2009 Vol. X I X No. 2. 2009
Soekartawi. (2005). Agroindustri Dalam Perspekstif Sosial Ekonomi. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Stanton, William J. 2012. Prinsip pemasaran, alih bahasa: Yohanes Lamarto Penerbit Erlangga, Jakarta.
Wardani, N. W. G., dan Sudirman, W. (2014), “Pengaruh Harga, Produksi, Luas Lahan, dan Kurs Dollar AMerika Serikat Terhadap Volume Ekspor Teh Indonesia Serta Daya Saingnya Periode 2000-2012” E-Jurnal Ekonomi Pembangunan, Vol. 4, No. 1, 1-11.
Zulkarnaen, W., Amin, N. N. (2018). Pengaruh Strategi Penetapan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi), 2(1), 106-128.
Copyright (c) 2021 Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.