ANALISIS TINGKAT KEPUASAN PELANGGAN TERHADAP KUALITAS PELAYANAN DI SAWAH LEGA HEGAR RESORT GARUT
Abstract
Penelitian ini mengambil objek di Sawah Lega Hegar Resort Garut, kawasan wisata alam yang sedang berkembang di Kabupaten Garut, dengan tujuan untuk mengkaji keterkaitan antara kepuasan pelanggan dan kualitas pelayanan. Pentingnya menjaga kepuasan pelanggan sebagai tolak ukur keberhasilan di sektor pariwisata dan masih banyaknya keluhan konsumen terhadap layanan yang diberikan menjadi pendorong utama penelitian ini. Seratus responden dipilih dengan menggunakan metodologi purposive sample sebagai bagian dari pendekatan penelitian kuantitatif. Dengan bantuan perangkat lunak IBM SPSS Statistics 26, data dikumpulkan melalui survei, wawancara, dan tinjauan pustaka. Regresi linier sederhana kemudian digunakan untuk analisis. Hasil analisis menunjukkan hubungan positif yang signifikan antara kepuasan pelanggan dan kualitas pelayanan, dimana koefisien regresi tercatat sebesar 1,313 dan nilai signifikansi 0,000, yang lebih kecil dari 0,05. Kedua variabel tersebut memiliki keterkaitan yang sangat kuat, sebagaimana ditunjukkan oleh nilai koefisien korelasi sebesar 0,926. Peningkatan kepuasan pelanggan merupakan langkah strategis dalam meningkatkan dan menjaga mutu pelayanan Sawah Lega Hegar Resort.
References
Bhattacherjee, A. (2001). ECM IS Model. MIS Quarterly, 25(3), 351–370.
Dimyati, E., Nanda, A., & Pratiwi, Y. (2015). Garut Swiss Van Java. Jakarta : Penerbit Buku Kompas , 2015.
Fahimah, M., Qomariyah, S. N., & Dewantara, R. M. S. (2023). Strategi Meningkatkan Minat Wisatawan Untuk Berkunjung Ulang ke Destinasi Desa Wisata Melalui Peningkatan Daya Tarik. Margin Eco, 7(2), 89–100. https://doi.org/10.32764/margin.v7i2.4130
Firdaus, R., Wahyuni, A., & Tistogondo, J. (2021). Analisis Tingkat Kepuasan Konsumen Terhadap Kualitas Layanan Bus Rapid Transit, Surabaya. Jurnal Media Informasi Teknik Sipil UNIJA, 9(1), 47–56.
Kim, H., Park, C., & Wang, M. (2018). Paired t₋test based on robustified statistics. 2018 Korean Society of Industrial Engineers Fall Conference and Regular General Meeting, Seoul, Korea, November, 2347–2353. https://www.researchgate.net/publication/329024164_Paired_t-test_based_on_robustified_statistics?enrichId=rgreq-3c6c7fbb9536a1e79f42290bc4b4a071-XXX&enrichSource=Y292ZXJQYWdlOzMyOTAyNDE2NDtBUzo2OTQyMzY2MzA0OTExMzZAMTU0MjUzMDMxOTQ2Mg%3D%3D&el=1_x_2&_esc=pu
Koncul, N. (2012). Wellness: A new mode of tourism. Ekonomska Istrazivanja, 25(2), 525–534. https://doi.org/10.1080/1331677X.2012.11517521
Marlina, L., & Hidayati, N. (2023). Peran Pariwisata Berbasis Industri dalam Pengembangan Bisnis di Indonesia. Jurnal Riset Multidisiplin Dan Inovasi Teknologi, 1(01), 31–40. https://doi.org/10.59653/jimat.v1i01.163
Noria, D. K., & Aulawi, H. (2022). Strategi Mempertahankan Bisnis Wisata Sawah Lega Hegar Resort Garut dengan Metode Competitive Positioning Analysis. Jurnal Kalibrasi, 20(2), 125–136. https://doi.org/10.33364/kalibrasi/v.20-2.1156
Nursifa, D., Nurhasan, R., & Adiatma, D. (2024). Pengaruh Amenitas dan Daya Tarik Wisata JIMEA | Jurnal Ilmiah MEA ( Manajemen , Ekonomi , dan Akuntansi ). 8(3), 1412–1427.
Oliver, R. L. (1980). A Cognitive Model of the Antecedents and Consequences of Satisfaction Decisions. Journal of Marketing Research, 17(4), 460. https://doi.org/10.2307/3150499
Parasuraman, A., Zaithaml, V. A., & L., A. B. L. (1988). SERVQUAL : A Multiple-Item Scale for Measuring Consumer Perceptions of Service Quality. Jurnal Of Retailing, 64(January), 12–35.
Pasciana, R., Shiddiq Fauzan, H., & Adji Sutandi, J. (2022). Efektivitas Pengembangan Obyek Wisata Alam Di Dinas Pariwisata Dan Kebudayaaan Kabupaten Garut. Jurnal Pembangunan Dan Kebijakan Publik, 13(1), 1–19. https://doi.org/10.36624/jpkp.v13i1.107
Philip Kotler Kevin Lane Keller. (2012). Manajemen Pemasaran (M. M. P. Bob Sabran (ed.); Ketiga Bel). Erlangga.
Riadi, D., Permadi, L. A., & Retnowati, W. (2023). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Berkunjung Kembali Ke Desa Wisata Hijau Bilebante Yang Dimediasi Oleh Kepuasan Wisatawan. Jurnal Riset Pemasaran, 2(2), 38–49. https://doi.org/10.29303/jrp.v2i2.2678
Riduan, Sunarto, & Alma, B. (2014). PENGANTAR STATISTIKA untuk penelitian: Pendidikan, Sosial, Komunikasi, Ekonomi, dan Bisnis. ALFABETA.
Suhartapa, S., & Sulistyo, A. (2021). Pengaruh Persepsi dan Motivasi Wisatawan Terhadap Minat Kunjung Ulang di Pantai Baru Yogyakarta. Khasanah Ilmu - Jurnal Pariwisata Dan Budaya, 12(2), 115–122. https://doi.org/10.31294/khi.v12i2.10579
Susilawati, W., Hanifah, H. S., & Meilindani, S. N. (2022). Tourism Facilities dan Tourist Satisfaction pada Objek Wisata Situ Bagendit II Kabupaten Garut. Jurnal Wacana Ekonomi, 21(2), 072. https://doi.org/10.52434/jwe.v21i2.1821
Tetep, T., Suherman, A., Mulyana, E., Widyanti, T., Pebriani, W., Susanti, Y., & Ilah, I. (2021). Potensi Pariwisata Garut Dalam Mewujudkan Ekonomi Kreatif. Business Innovation and Entrepreneurship Journal, 3(02), 141–146. https://doi.org/10.35899/biej.v3i02.219
Tjiptono, F. (2011). Service Management: Mewujudkan Layanan Prima (Edisi 2). Andi Yogyakarta.
Tjiptono, F., & Gregorius, C. (2006). Service Quality and Satisfaction. In Journal of Sharia Economics (Issue 2). Penerbit Andi, Yogyakarta.
Utama, G. B. R., & Mahadewi, N. M. E. (2012). METODOLOGI PENELITIAN PARIWISATA DAN PERHOTELAN. Penerbit Andi, Yogyakarta.
Utami, A. T., Wufron, W., Wahid, A. A., & Rahayu, D. A. (2022). Minat Berkunjung Wisatawan Melalui Citra Destinasi dan Daya Tarik Wisata Kuliner Warung Terapung Alia. Jurnal Wacana Ekonomi, 22 (1). https://journal.uniga.ac.id/index.php/JA/article/view/2468
Zeithaml, Parasuraman, Berry, L, L., & A, V. (1988). SERVQUAL: A multiple-item scale for measuring consumer perceptions of service quality. Journal of Retailing, 64(1), 12–40.
Copyright (c) 2025 Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.