PENGARUH INFLUENCER MARKETING DAN AKTIVITAS WISATA PETUALANGAN TERHADAP MINAT GENERASI-Z DI TAMAN WISATA ALAM GUNUNG PAPANDAYAN GARUT

  • Silmi Rahayu Universitas Garut
  • Dani Adiatma Universitas Garut
  • Ghaida Farisya Universitas Garut

Abstract

Perkembangan teknologi digital mendorong perubahan strategi promosi pariwisata, salah satunya melalui influencer marketing yang efektif menjangkau Generasi Z. Di sisi lain, wisata petualangan menjadi daya tarik yang sesuai dengan karakter aktif generasi ini. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh influencer marketing dan aktivitas wisata petualangan terhadap minat berkunjung Generasi Z ke Taman Wisata Alam Gunung Papandayan, Garut. Penelitian menggunakan metode kuantitatif dengan teknik survei terhadap 146 responden Generasi Z yang pernah berkunjung, dan dianalisis menggunakan regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa influencer marketing berpengaruh positif dan signifikan dalam membentuk persepsi destinasi. Aktivitas wisata petualangan memberikan pengaruh yang lebih dominan dalam meningkatkan minat berkunjung karena sesuai dengan kebutuhan Generasi Z akan pengalaman menantang dan autentik. Secara simultan, kedua variabel berpengaruh signifikan dengan koefisien determinasi sebesar 50,4%, menunjukkan bahwa kombinasi strategi promosi digital dan pengembangan wisata berbasis petualangan dapat meningkatkan minat berkunjung Generasi Z. Temuan ini menegaskan pentingnya kolaborasi antara promosi digital dan penguatan atraksi wisata alam untuk menjaga daya saing destinasi.

References

Anita, S. Y., Meutia, K. I., Yuntina, L., & Fachrial, P. (2024). Analisis Perilaku dan Kompetensi Generasi Z di Sebuah Perusahaan Dalam Mendukung Keberlangsungan Organisasi. 5(6), 384–396.
Apriyanto, Wahyuni, E. D. (2018). Pengaruh Perceived Quality Website Terhadap Minat Berkunjung Ke Taman Wisata Matahari. Jurnal Industri Pariwisata, 1(2), 148–169. http://www.tamanwisatamatahari.co.id.
Fitriani, R. W., Sri, R., & Karini, R. A. (2022). Kemenarikan Dan Konsep Pengembangan Indiana Camp Sebagai Wisata Adventure Di Kabupaten Bandung Barat (Interesting and Concept Development Indiana Camp As Adventure Tour At West Bandung Regency). Manajemen Dan Pariwisata, 1(2), 173–187.
Haratikka, H., & Silitonga, H. (2023). Minat Perjalanan Wisata Pada Generasi Z di Tebing Tinggi. Altasia Jurnal Pariwisata Indonesia, 5(2), 101–111. https://doi.org/10.37253/altasia.v5i2.7631
Hidayat, A. (2023). Tingkatan tipe kategori influencer berdasarkan jumlah Followers. https://accesstrade.co.id/blogs/insights/tingkatan-tipe-kategori-influencer-berdasarkan-jumlah-followers.
Indrayanti, Sri. Wardhani, Hilda Sari. Purnomo, G. H. (2024). Bulletin of Community Engagement. Analisis Minat Dan Perilaku Perjalanan Wisata Pada Generasi Z Ke Obyek Wisata Berastagi Sri, 4(2).
José M. Álvarez-Monzoncillo. (2023). The Dynamics of Influencer marketing.
Junaedi, R. A., Rahmatullah, M. A., Anggoro, A. D., & Safira, J. Z. (2025). Peran Media Sosial dalam Membentuk Citra Destinasi Pariwisata Kabupaten Bondowoso. 06.
Ka’ban, A. (2025). Garut: Gunung Papandayan Jadi Magnet Wisatawan, Begini Kata Manager Operasional. Ruang Rakyat Garut. https://ruangrakyatgarut.com/garut-gunung-papandayan-jadi-magnet-wisatawan-begini-kata-manager-operasional.
Komsiatun, A. (2023). Influencer marketing sebagai Alat Strategis dalam Membangun Citra Influencer marketing sebagai Alat Strategis dalam Membangun Citra Perusahaan : Tren dan Tantangan dalam Praktik Public Relations. June.
Kotler, Philip, John T. Bowen, and J. C., & Makens. (2006). Marketing for Hospitality and Tourism.
Nainggolan, H. C. (2022). Wisata Adventure Sebagai Alternatif Pengembangan Pariwisata di Kecamatan Bakti Raja Kabupaten Humbang Hasundutan. Jurnal Akademi Pariwisata Medan, 10(1), 65–75. https://doi.org/10.36983/japm.v10i1.291
Nurrani, I., Adiatma, D., & Rukma, D. F. S. (2021). Pengaruh Instagramable Dan Media Sosial Pada Keputusan Berkunjung Wisatawan Ke Objek Wisata Kebun Mawar Situhapa. Sumber, 1, 530.
Panguriseng, A. A., & Nur, I. (2022). Analisis Strategi Promosi dan Pengaruh Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen. Jurnal Ilmiah Multidisiplin Amsir, 1(1), 55–66.
Primasiwi, C., Irawan, M. I., & Ambarwati, R. (2021). Key Performance Indicators for Influencer marketing on Instagram. Proceedings of the 2nd International Conference on Business and Management of Technology (ICONBMT 2020), 175, 154–163. https://doi.org/10.2991/aebmr.k.210510.027
Putri, P. P., & Edison, E. (2024). Pengaruh Travel Motivation dan Perceived Value Terhadap Minat Berkunjung Kembali di Desa Wisata Lebakmuncang Ciwidey. Manajemen Dan Pariwisata, 3(1), 107–128. https://doi.org/10.32659/jmp.v3i1.345
Rosceo, J. T. (1975). Fundamental Research Statistics for the Behavioral Sciences.
Seruni, N. N. A., Suryaniadi, S. M., & Dewi, N. I. K. (2024). Pengaruh Inluencer Marketing Terhadap Minat Pembelian Produk Kecantikan Brand Azarine Pada Generasi Z : Studi Kasus Kabupaten Badung JIMEA | Jurnal Ilmiah MEA ( Manajemen , Ekonomi , dan Akuntansi ). 8(3), 885–900.
Stylos, N., Rahimi, R., Okumus, B., & Williams, S. (2021). Generation Z Marketing and Management in Tourism and Hospitality The Future of the Industry. In Generation Z Marketing and Management in Tourism and Hospitality: The Future of the Industry. https://doi.org/10.1007/978-3-030-70695-1_9
Sudha, M., & Sheena, K. (2017). Impact of Influencers in Consumer Decision Process: Impact of Influencers in the Fashion Industry. SCMS Journal of Indian Management, 93(3),14–29. http://ovidsp.ovid.com/ovidweb.cgi?T=JS&PAGE=reference&D=emed5&NEWS=N&AN=12656442
Swarbrooke, J., Beard, C., Leckie, S., & Pomfret, G. (2003). Adventure Tourism.
Published
2025-08-31
How to Cite
Rahayu, S., Adiatma, D., & Farisya, G. (2025). PENGARUH INFLUENCER MARKETING DAN AKTIVITAS WISATA PETUALANGAN TERHADAP MINAT GENERASI-Z DI TAMAN WISATA ALAM GUNUNG PAPANDAYAN GARUT. Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA), 9(2), 3401-3417. https://doi.org/10.31955/mea.v9i2.6116